Section
Open allClose all
Instructions: Clicking on the section name will show / hide the section.
- 1
4 March - 10 March
Perkuliahan Sesi 1 (Tatap Muka)
- 2
11 March - 17 March
Perkuliahan Sesi 2 (OnLine)
MODUL Sesi 2 ini harap dibaca agar bisa mengisi FORUM, menjawab QUIZ maupun mengerjakan TUGAS.
link di bawah ini adalah PPT dari materi pertemuan ini
https://drive.google.com/file/d/1kXOxGwCSNSq5odjc1EVxKgvl31twrz-m/view?usp=sharing
Perhatikan kedua video ini
Video 1: Pengakuan: Awalnya Coba-coba, Jadi Untung Terus
Video 2: Shopee - Jual Beli Gak Mikirin Ongkir!
Menurut Anda, termasuk type eCommerce mana kedua video di atas? Jelaskan alasan Saudara, berdasarkan landasan teori yang ada di Modul, Video maupun eBook yang ada pada pertemuan 2 ini
- 3
18 March - 24 March
Perkuliahan Sesi 3 (OnLine)
Harap MODUL Perkuliahan sesi 3 ini dibaca, sebelum mengisi Diskusi (FORUM), menjawab QUIZ maupun mengerjakan TUGAS. Selamat membaca!
Social e-Commerce (baca kembali MODUL tentang Social e-Commerce)
Perhatikan video berikut ini:
#InstagramEcommerceMarketing #InstagramMarketing #AfterEffectsTemplate
Instagram eCommerce Marketing - After Effects Template
Setelah Saudara melihat video di atas, untuk bisa mengisi DISKUSI/FORUM, mohon bisa melihat video di bawah ini terlebih dahulu:
Instagram for Ecommerce Marketing
DISKUSI/FORUM sebagai berikut:
Seberapa penting menyajikan creative short video dalam Social e-Commerce (menggunakan INSTAGRAM) dalam FORUM ini!
- 4
25 March - 31 March
Perkuliahan Sesi 4 (OnLine)
Harap dibaca MODUL 4 ini terlebih dahulu, sebelum mengisi DISKUSI/FORUM, menjawab QUIZ maupun mengerjakan TUGAS. Selamat membaca!
Untuk jadwal diskusi FORUM, diadakan Kamis tgl 28 Maret 2019 pukul 20.00 - 22.00.
Digital Marketing Roadmap, merupakan bagian dari periklanan dalam eCommerce.
#maicih #keripikpedas #legendaris
FROM BANDUNG TO THE WORLD | MAICIH INDONESIA
FROM BANDUNG TO THE WORLD
Dari Bumi Maicih di Jl Primaraga no. 6 Cingised, keripik pedas Maicih terus menyebar berkat incu-incu emak yang terus mengapresiasi karya emak, terimaicih 9 tahun support yang luar biasa !
MALAYSIA, SINGAPORE, BRUNEI, JAPAN, UNI EMIRATES ARAB, SOUTH KOREA, AUSTRALIA. NETHERLAND, BELGIUM
Segera menyusul di negara-negara lainnya, doakan ya cu !
DISKUSI/FORUM: Maicih adalah contoh sukses dimana strategi pemasaran digital berhasil dilakukan. Berdasarkan MODUL 4 pada bagian “Strategic Issues and Questions” disebutkan tentang Roadmap Pemasaran Digital. Kesuksesan Maicih termasuk dalam Roadmap Pemasaran Digital yang mana? Dan bagaiman Saudara bisa menerangkan kembali berdasarkan uraian di Modul 4 tersebut dalam konteks kesuksesan Maicih?
- 5
1 April - 7 April
Perkuliahan Sesi 5 (OnLine)
Harap dibaca MODUL Sesi 5 ini, sebelum mengisi DISKUSI/FORUM, menjawab QUIZ maupun mengerjakan TUGAS. Selamat membaca!
Untuk FORUM kali ini, akan dibuka pada hari Kamis, tgl 5 April 2019 pukul 20.00 - 22.00. Selamat mengisi FORUM!
Sistem Pembayaran eCommerce
1. BUKALAPAK
#BukaBantuan - Metode Pembayaran Bukalapak - BukaBantuan
Bukalapak - Published on Dec 3, 2016
Beragam metode pembayaran di Bukalapak untuk kenyamanan dan kemudahan berbelanja. Apa aja sih? Lihat video ini!
Akses BukaBantuan untuk masalahmu di sini: https://www.bukalapak.com/bantuan
2. TOKOPEDIA
Begini Cara Cicilan Kartu Kredit Saat Belanja Online di Tokopedia
Tokopedia - Published on Sep 22, 2017
Takut tagihan kartu kredit bengkak karena belanja online melulu? Tidak perlu panik, karena kamu bisa berbelanja dengan cicilan 0% di Tokopedia.
Mau tahu lebih lanjut? Cek video di atas untuk informasi selengkapnya.
3. SHOPEE
#ShopeeID - Shopee Pasti COD! (30 sec.)
SHOPEE Indonesia - Published on Feb 11, 2019
Hai, Sobat Shopee! Belanja di Shopee sekarang bisa Bayar langsung di Tempat dengan Shopee COD! Yuk cek Shopee Pasti COD di sini https://shopee.co.id/men-sale-cod #ShopeeID
FORUM: Sistem Pembayaran eCommerce, dari perspektif Marcomm/Periklanan, salah satunya berkaitan dengan bagaimana mengkomunikasikan cara pembayaran kepada khalayak dan seperti apa konten komunikasi yang kreatif yang dieksekusi, serta media pemasaran apa yang digunakan. Setelah melihat ketiga video di atas dan memperhatikan MODUL Sesi 5, yang berisi tentang konsep sistem pembayaran online/sistem pembayaran eCommerce, maka deskripsikan setiap video tersebut dengan konsep yang ada di MODUL Sesi 5 tersebut (PETUNJUK/TIPS: Lihat videonya, kemudian baca Modul Sesi 5, pada penjelasan manakah di Modul tersebut yang sesuai dengan iklan yang dibuat … nah kemudian tulis kembali/deskripsikan sistem pembayaran yang digunakan)
- 6
8 April - 14 April
Perkuliahan Sesi 6 (OnLine)
Silakan dibaca MODUL Sesi 6 ini agar bisa mengisi DISKUSI/FORUM, menjawab QUIZ maupun mengerjakan TUGAS. Happy reading.
DISKUSI/FORUM bisa ikuti hari Jumat tgl 12 April ini, pukul 20.00-22.00
Infrastruktur eCommerce
#untukIndonesia - Telkom Digitize Your Life (TVC)
Telkom Indonesia Official - Published on Dec 2, 2015
Selamat datang hari baru, tanpa terasa kita telah tumbuh bersama membuka dunia tanpa batas. Kini, pilihan untuk sebuah ekspresi menjadi begitu mudah. Hingga kita selalu bisa dekat dengan yang tercinta. Dan bersama membuka lembaran demi lembaran yang penuh inspirasi.
Kini, jalan terbuka bagi para pionir digital untuk melangkah maju. Dan untuk pendatang baru, selamat bergabung. Dunia, kini dalam genggamanmu.
Kamipun merasa perlu untuk perduli dengan membuka jaringan hingga pelosok negeri. Kini, terbuka peluang untuk kesempatan kedua ataupun untuk sebuah awal yang baru. Kini, kami telah tumbuh menjadi nadi bagi bangsa ini. Dimana semua orang bisa merasakan kehadiran kami, bersama sama merayakan sebuah nilai dengan akses digital.
Demi mendukung digitalisasi bangsa, Telkom menghadirkan produk dan layanan berkualitas meliputi sambungan telepon kabel, komunikasi seluler, layanan jaringan dan interkoneksi serta layanan internet dan komunikasi data. Telkom juga menyediakan berbagai layanan di bidang informasi, media dan edutainment, termasuk cloud-based and server-based managed services, layanan e-Payment, IT enabler, e-Commerce dan layanan portal lainnya. Inilah bakti kami untuk negeri, Telkom Indonesia. #untukIndonesia
DISKUSI/FORUM sesi 6:
Deskripsikan/uraikan/jelaskan, apa yang telah dilakukan TELKOM Indonesia berkaitan dengan iklan pengembangan infrastruktur IT secara umum maupun berkaitan dengan eCommerce di atas. Dari deskripsi iklan tersebut, apakah ada yang sesuai dengan teori yang termuat dalam MODUL Sesi 6 dan Video Sesi 6? Jika ada, apa kesesuaiannya dan jelaskan!
(Lihat videonya, baik Video Sesi 6 maupun video Iklan Telkom, kemudian baca Modul Sesi 6, pada penjelasan manakah di modul dan video tersebut yang sesuai dengan iklan yang dibuat … nah kemudian tulis kembali/deskripsikan infrastruktur eCommerce yang dibangun oleh Telkom Indonesia)
- 7
15 April - 21 April
Perkuliahan Sesi 7 (Tatap Muka)
- 8
22 April - 28 April
- 9
29 April - 5 May
Ujian Tengah Semester /UTS - 10
6 May - 12 May
Perkuliahan Sesi 8 (OnLine)
Harap dibaca MODUL sesi 8 ini sebelum mengisi FORUM, menjawab QUIZ maupun mengerjakan TUGAS. Happy reading!
Forum diskusi perkuliahan online ini diadakan hari Kamis, tgl 9 Mei 2019 pukul 20.00 - 22.00
Perhatikan video supply chain iPhone berikut ini:
Story of an iPhone: Analytics in Supply Chain Decisions
DISKUSI/FORUM sesi 8:
Setelah melihat video tentang supply chain di atas, bisakah Anda ceritakan ulang, apa yang dilakukan oleh iPhone dalam konteks value chain, seperti yang dijelaskan dalam MODUL sesi 8 dan PPT sesi 8. Jadi, tulis kembali/deskripsi apa isi video tersebut menurut pemahaman Anda, kemudian dari deskripsi tersebut, bagaimana menghubungkan dalam konteks teori eCommerce dan Value Chain/Supply Chain yang dibahas pada pertemuan ini.
- 11
13 May - 19 May
Perkuliahan Sesi 9 (OnLine)
Harap dibaca MODUL sesi 9 ini sebelum mengisi FORUM/DISKUSI, menjawab QUIZ dan mengerjakan TUGAS. Selamat membaca!
Silakan mengisi FORUM sesi 9 ini, untuk jadwalnya hari Kamis 16 Mei 2019 pk 20.00 - 22.00.
Forum kali ini ingin menyoroti apa saja CRM yang telah dilakukan oleh eCommerce di Indonesia.
Salah satunya adalah COBA DULU BARU BAYAR YANG KAMU SUKA dari SaleStock. Dimana layanan ini merupakan hasil dari CRM SaleStock, yang mempertimbangkan banyaknya konsumennya yang menginginkan layanan tersebut.
Coba sebutkan contoh lain penerapan CRM yang dilakukan oleh eCommerce di Indonesia. Sebutkan apa nama eCommercenya, kejadiannya yang sesuai konsep CRM, serta beri penjelasan, seperti apa penerapan CRMnya.
- 12
20 May - 26 May
Perkuliahan Sesi 10 (OnLine)
Harap dibaca MODUL Sesi 10 ini, sebelum mengisi FORUM/Diskusi, menjawab QUIZ maupun mengerjakan TUGAS.
Diskusi/FORUM sesi 10 ini akan dilakukan pada hari Kamis tanggal 23 Mei 2019 pukul 20.00 - 22.00 WIB.
Digital Supply Chains
Diunggah oleh akun Strategy& - Published on Aug 7, 2018
Deskripsi video:
More demanding customer requirements and new technologies in the area of digitization drive the need for an evolution of traditional supply chains towards connected, smart, and highly efficient supply chain ecosystems that proactively manage and efficiently fulfill customer needs across multiple channels.
FORUM/Diskusi sesi 10: Sebagai calon sarjana Ilmu Komunikasi yang memiliki minat bidang Marketing Communication dan sedang mengambil mata kuliah eCommerce, menjadi penting bagi Anda untuk memahami apa itu Supply Chain, dalam konteks kekinian adalah Digital Supply Chain seperti yang disajikan pada YouTube di atas. Teori/konsep Digital Supply Chain menjadi sangat penting untuk dipahami mahasiswa Marcomm, mengingat Anda-lah nantinya yang akan membuat konten kreatif untuk mempublikasikan/mempromosikan bagaimana suatu sistem dalam supply chain adalah hal yang sangat penting bagi keberlangsungan bisnis.
Berangkat dari pemahaman di atas, dalam FORUM ini, coba jelaskan kembali isi dari YouTube di atas sesuai dengan pemahaman/intepretasi Anda.
- 13
27 May - 2 June
Perkuliahan Sesi 11 (OnLine)
Harap MODUL sesi 11 ini dibaca, sebelum mengisi FORUM, menjawab QUIZ maupun mengerjakan TUGAS. Selamat membaca!
FORUM diskusi perkuliahan ini dijadwalkan pada hari Jumat tanggal 31 Mei 2019 pukul 20.00 - 22.00.
Wow! Transaksi e-Commerce RI 2018 Capai Rp 77 T, Lompat 151%
FINTECH - Wahyu Daniel, CNBC Indonesia 11 March 2019 10:29
Jakarta, CNBC Indonesia - Data Bank Indonesia (BI) menyebutkan, transaksi toko online (e-commerce) di Indonesia sepanjang 2018 lalu mencapai Rp 77,766 triliun. Angka ini meroket 151% dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 30,942 triliun.
"Angka transaksi ini dikumpulkan dari sekitar delapan pemain utama e-commerce di Indonesia," ujar Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara, kepada sejumlah wartawan saat berkunjung ke Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur akhir pekan lalu.
Data tersebut merinci transaksi berdasarkan produk yang dibeli dari toko online sebagai berikut:
1) Gadget & accessories nilainya Rp 16,823 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 8,018 triliun
2) Fashion nilainya Rp 12,125 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 3,357 triliun
3) Computer & accessories nilainya Rp 7,814 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 3,672 triliun
4) Personal care & cosmetic, nilainya Rp 7,443 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 2,695 triliun
5) Electronic nilainya Rp 5,255 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 2,313 triliun
6) HH & Office Supplies nilainya Rp 4,909 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 1,899 triliun
7) Automotive & Accessories nilainya Rp 3,739 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 1,581 triliun
8) Food and beverages nilainya Rp 2,289 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 630,6 miliar
9) Photography nilainya Rp 2,49 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 1,409 triliun
10) Sport Apparel nilainya Rp 2,49 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 1,409 triliun
11) Book & Stationary nilainya Rp 689,39 miliar, dari tahun sebelumnya Rp 227,4 miliar
12) Music and film nilainya Rp 453,32 miliar, dari tahun sebelumnya Rp 207,2 miliar
13) Lainnya nilainya Rp 11,377 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 3,846 triliun
Sementara untuk Januari 2019 saja, BI mencatat nilai transaksi di toko online angkanya mencapai Rp 8,204 triliun. Ini meningkat tinggi, yaitu 135,8% dibandingkan Januari 2018 lalu
FORUM diskusi Sesi 11:
Berdasarkan infografis dan keseluruhan informasi di atas, kemudian kembali melihat MODUL sesi 11, terutama pada bagian “In-App Experiences and In-App Ads”, bagaimana kriteria pemilihan 5 aplikasi m-Commerce di atas, jika ingin melakukan kampanye/beriklan pada aplikasi tersebut di atas! (tips: baca dulu apa yang dijelaskan pada MODUL sesi 11 pada bagian “In-app dstnya”, kemudian pahami isinya, kemudian baca infografis tersebut, nah dari konsep yang ada di MODUL dan informasi yang ada di infografis, maka Anda bisa menetapkan kriteria pemilihannya, sekaligus memilih 5 aplikasi m-Commerce tersebut)
- 14
3 June - 9 June
LIBUR Hari Raya Idul Fitri 1440 H - 15
10 June - 16 June
LIBUR Hari Raya Idul Fitri 1440 H - 16
17 June - 23 June
Perkuliahan Sesi 12 (OnLine)
Harap dibaca MODUL Perkuliahan Sesi 12 ini, sebelum mengisi FORUM/DISKUSI, menjawab QUIZ maupun mengerjakan TUGAS.
FORUM DIskusi Perkuliahan Sesi 12 ini akan dilakukan pada Sabtu tanggal 22 Juni 2019 pukul 20.00 - 22.00.
FORUM Pertemuan 12
(video ini ilustrasi saja, sebagai pengantar terhadap materi untuk FORUM Diskusi)
#GetReadyForReno - OPPO Reno TVC - Further Your Vision
Dipublikasikan oleh OPPO - Published on Apr 19, 2019
The technology behind Reno elevates photography and mobile entertainment to all-new heights. Let Reno further your vision. #GetReadyForReno
Selanjutnya, poin-poin di bawah ini, menjadi bagian materi FORUM Diskusi Perkuliahan 12
1. Akun OPPO Indonesia di YouTube
https://www.youtube.com/user/OPPOIndonesia
2. Akun OPPO Indonesia di Instagram
https://www.instagram.com/oppoindonesia/
3. Akun OPPO Indonesia di Twitter
https://twitter.com/OPPOIndonesia
4. Akun OPPO Indonesia di Facebook
https://web.facebook.com/indonesiaoppo/
5. Website resmi OPPO Indonesia
https://www.oppo.com/id/6. OPPO Official Store di Tokopedia
https://www.tokopedia.com/oppo
FORUM diskusi Sesi 12:
Dalam konteks aplikasi eCommerce, khususnya retail market, sebagai orang marcomm, berikan ulasan yang berkaitan dengan konten/promosi/iklan yang disajikan pada akun media sosial, website resmi OPPO Indonesia maupun eCommerce (OPPO Official Store di Tokopedia). Ulasan meliputi konten periklanan/promosi pada media sosial (YouTube, Instagram, Twitter, Facebook), website resmi OPPO Indonesia dan eCommerce OPPO Official Store di Tokopedia.
Selamat mengisi FORUM ya.
- 17
24 June - 30 June
Perkuliahan Sesi 13 (OnLine)
MODUL Perkuliahan Sesi 13 ini harap dibaca, sebelum mengisi FORUM Diskusi, menjawab QUIZ maupun mengerjakan TUGAS.
FORUM Diskusi Perkuliahan Sesi 13 ini akan dilakukan pada hari Sabtu tanggal 29 Juni 2019 pukul 20.00 - 22.00
Otak Pembobol Situs Tiket.com Ditangkap
Marselinus Gual, CNN Indonesia | Rabu, 05/04/2017 13:49 WIB
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktorat Tindak Pidana Siber Badan Reserse Kriminal Polri membekuk Sultan Haikal alias Haikal (19), otak pembobol situs komersial (e-commerce/e-dagang).
Haikal ditangkap setelah berhasil membobol situs Tiket.com bersama tiga rekan yang sudah ditangkap sebelumnya yakni MKU, AI, dan MTN di wilayah Kalimantan Timur.
Kepala Biro Penerangan dan Informatika Mabes Polri Brigadir Jendral Rikwanto mengatakan, Haikal ditangkap di perumahan Pesona Gintung Residen, Tangerang Selatan, Banten, Kamis lalu (30/3).
“Kami sudah menangkap Haikal. Dia mentornya. Tiga orang sebelumnya sudah ditangkap," kata Rikwanto di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (5/4).
Menurut Rikwanto, Haikal dan anak buahnya membobol situs untuk mencari keuntungan dan ajang unjuk kehebatan di antara mereka. Haikal sudah membobol 4.600 situs sebelum mengajak MKU, AI, dan MTN.
"Haikal yang membuka pintu ke berbagai macam situs, baik untuk pengetahuan maupun kegiatan mengambil keuntungan," ucapnya.
Rikwanto menuturkan, Hikal merekrut anak buahnya dari perkenalan di Facebook. Awalnya mereka bertukar informasi game online lalu kemudian diajak untuk meneruskan pembobolan situs yang telah dibuka Haikal sebelumnya.
"Dia berhasil buka itu, dia tunjukkan ke junior-juniornya untuk kebanggaan diri," kata Rikwanto.
Terungkapnya kasus ini bermula dari laporan situs Tiket.com yang mengaku akunnya diretas. Menurut Rikwanto, total kerugian yang dialami sebesar Rp1,9 miliar.
Selain membobol situs tiket.com, Haikal dan anak buahnya pernah meretas sekitar 400 situs komersial lainnya, seperti ojek daring (online). Bahkan, pelaku juga pernah membobol situs milik pemerintah daerah, kementerian, dan Polri.
“Kami sedang periksa lagi situs-situs mana yang digunakan mencari keuntungan," katanya.
Keempat pelaku dijerat Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan UU Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).
FORUM diskusi Sesi 13:
Dalam konteks keamanan eCommerce, pembobolan situs Tiket.com ini bisa “mengganggu” dan membuat khawatir konsumen. Sebagai mahasiswa Marcomm, bagaimana sebaiknya komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Tiket.com menindaklanjuti kejadian ini. Sebelum menjawab hal ini, ada baiknya membaca terlebih dahulu apa yang dituliskan di MODUL 13, ebook eCommerce, maupun dari link external URL, serta membaca berita/informasi tentang kegiatan yang dilakukan Tiket.com, setelah terkuak pembobolan ini.
- 18
1 July - 7 July
Perkuliahan Sesi 14 (Tatap Muka)
- 19
8 July - 14 July
Ujian Akhir Semester /UAS - 20
15 July - 21 July
Ujian Akhir Semester /UAS