Section
Open allClose all
Instructions: Clicking on the section name will show / hide the section.
- 1
4 March - 10 March
Perkuliahan Sesi 1 (Tatap Muka)
- 2
11 March - 17 March
Perkuliahan Sesi 2 (OnLine)
Modul Perkuliahan Sesi 2 ini berisi tentang hal-hal pokok yang wajib dipahami mahasiswa, terutama untuk memahami penulisan Headline dalam penulisan advertorial. Happy reading!
Jadwal diskusi FORUM ini pada hari Rabu, tanggal 13 Maret 2019 pukul 20.00 - 22.00 WIB.
Sebelum mengikuti FORUM, harap mahasiswa telah membaca MODUL pertemuan 2, menonton VIDEO sesi 2 dan telah memahami ebook pada bab Penulisan Headline.
Bahasan FORUM adalah sebagai berikut:
Perhatikan kedua video ini
Video 1: Nutrisari seri Mimin butuh vitaminVideo 2: Nutrisari seri Jung Min butuh vitamin
Mana yang lebih menarik menurut Anda untuk dijadikan Headline dalam penulisan Advertorial? Jelaskan alasan Saudara, berdasarkan landasan teori yang ada di Modul, Video maupun eBook yang ada pada pertemuan 2 ini.
- 3
18 March - 24 March
Perkuliahan Sesi 3 (OnLine)
MODUL Perkulihan sesi 3 ini harap dibaca sebelum mengisi Diskusi (FORUM), menjawab QUIZ maupun mengerjakan TUGAS. Happy reading!
STUDI KASUS PRODUK MINUMAN DALAM KEMASAN
1. Advertorial #BijakBerplastik AQUA
https://bijakberplastik.aqua.co.id/id/home
Danone - AQUA Peluncuran Gerakan #BijakBerplastik
Diambil dari akun YouTube: AQUALestari - Published on Jun 7, 2018
Halo Sahabat, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup di Indonesia, Danone-AQUA telah meluncurkan kegiatan dan gerakan #BijakBerplastik
Nadine Chandrawinata sebagai aktivis lingkungan hidup ikut semangat mendukung kegiatan #BijakBerplastik Di kegiatan ini, Danone-AQUA juga menyediakan booth edukasi mengenai tahapan pengolahan sampah plastik, dan juga instalasi photobooth papan selancar dengan menggunakan sampah plastik.
Ayo, kunjungi instalasi kampanye #BijakBerplastik ini di Ground Floor Atrium Lotte Shopping Avenue, Jakarta mulai tanggal 5-10 Juni 2018 ini, yaa. Salam Lestari.2. Advertorial Water Run Le Minerale 2018
https://www.leminerale.com/archive/event/detail/Le-Minerale-Water-Run-Jakarta-2018-3Teaser Water Run 2018 IG 1
Diambil dari akun YouTube LeMinerale - Published on Sep 17, 2018
Ini dia liputan keseruan Le Minerale Water Run di Sarinah - Thamrin, Jakarta pada tanggal 22 Juli 2018 kemarin. Seru banget leminz! See you di Le Minerale Water Run selanjutnya ya!
- 4
25 March - 31 March
Perkuliahan Sesi 4 (OnLine)
Silakan dibaca MODUL Perkuliahan Sesi 4 ini, untuk membantu Anda bisa mengisi diskusi/FORUM, menjawab QUIZ maupun mengerjakan TUGAS. Happy reading!
untuk jadwal diskusi/FORUM ini, akan diadakan Kamis tgl 28 Maret 2019, pukul 20.00 - 22.00.
STUDI KASUS PRODUK MAKANAN DALAM KEMASAN
1. Pop Mie : Gagal Menang
2. POP MIE: GA JADI JADIAN
FORUM: Dalam konteks penulisan advertorial, menurut pendapat Anda, kata kunci apa yang bisa menjadi persamaan dan perbedaan jika KEDUA VIDEO di atas, dituliskan dalam materi Advertorial? Berikan penjelasan Anda atas pemilihan kata kunci tersebut.
(tambahan petunjuk: silakan kunjungi link YouTube resmi dari kedua seri iklan di atas, untuk bisa memberikan insprirasi untuk Anda dalam diskusi/FORUM yang lebih baik).
- 5
1 April - 7 April
Perkuliahan Sesi 5 (OnLine)
Harap dibaca terlebih dahulu MODUL Perkuliahan Sesi 5 ini, sebelum mengisi DISKUSI/FORUM, menjawab QUIZ maupun mengerjakan TUGAS. Happy reading!
FORUM sesi 5 ini dibuka diskusinya pada hari Kamis, tgl 4 April 2019 pukul 20.00 - 22.00, tetapi tentu saja Anda tetap diizinkan mengisi FORUM di luar jam tersebut, asalkan tidak melewati batas waktu yang telah ditetapkan.
STUDI KASUS PRODUK OTOMOTIF
Be Safety Leaders : Amazing Road [FITUR KEAMANAN dan KESELAMATAN MOBIL TOYOTA]
ToyotaIndonesia - Published on Mar 14, 2018 - 12,511,994 views
It's time for you to be a safety leader, Friends! Untuk menjadi safety leader juga perlu kendaraan yang safety. Agar bisa menjadi contoh bagi pengendara lain yang sukanya berkendara suka-suka dan melupakan yang safety-safety.
FORUM/DISKUSI: Dalam konteks penulisan advertorial, menurut pendapat Anda, apa yang ingin disajikan oleh TOYOTA? Deskripsikan (Uraikan) dengan jelas, apa saja yang ingin disampaikan oleh TOYOTA (baik yang terlihat maupun yang tersembunyi dan perhatikan banyaknya viewer, di atas 12 juta yang menonton Advertorial ini).
(tambahan petunjuk: silakan cari sumber bereputasi, misalnya pemberitaan media, atau informasi dari website Toyota Indonesia yang bisa memperkuat deskripsi/uraian Anda).
- 6
8 April - 14 April
Perkuliahan Sesi 6 (OnLine)
Silakan dibaca MODUL Sesi 6 ini agar bisa mengisi DISKUSI/FORUM, menjawab QUIZ maupun mengerjakan TUGAS. Happy Reading!
Karena satu dan lain hal, maka DISKUSI/FORUM akan diadakan hari Jumat tanggal 12 April 2019 pukul 20.00 - 22.00.
STUDI KASUS PRODUK PROPERTI
PROGRES MEIKARTA 8 APRIL 2019
Meikarta Property - Published on Apr 11, 2019
Hi Meikartans! Berikut ini adalah video progress pembangunan Meikarta, 8 April 2019. Progres pembangunan di District 1 Meikarta terus dikebut pembangunannya untuk jadwal serah terima-serah terima berikutnya kepada seluruh pembeli Meikarta. Fyi, Meikarta telah melakukan serah terima sejak 28 Februari 2019.
Saat ini update pembangunan Meikarta, rata-rata telah mencapai lantai ke 21. Selain itu pembanguan di District University juga telah dikerjakan sejak awal Maret 2019, dan akan terus dikebut pembangunannya untuk jadwal serah terima tepat waktu kedepannya. Silahkan datang langsung dan lihat sendiri progress pembangunan Meikarta.
Pada bulan ini, Meikarta kembali membuka kembali varian Tower U yang merupakan Spesial Unit dari Meikarta. Tak hanya itu, Meikarta juga memberikan penawaran special untuk Anda, yaitu untuk 50 unit pertama dari Tower U, akan mendapatkan iPhone XR*, bebas biaya akad dan DP 0%. WOW! Pastinya jangan sampai terlewatkan. Karena akan ada Kejutan Misterius untuk Anda yang memilih unit di Tower U. WAAW! Nantikan info kelanjutannya disini ya. Dan pastinya inilah saatnya, “It’s Time to Buy”.
So, untuk Anda yang ingin berinvestasi di Meikarta dan dapat hadiah2 nya, langsung aja booking dan pilih unit Anda di Meikarta sekarang juga, dan dapatkan banyak keuntungannya! Hubungi Sales Meikarta terdekat kepercayaan Anda. Info Pemesanan hubungi Stella 0812-9317-0819.
Selalu sebarkan semangat positif, cinta damai dan anti hoax. Anda harus buktikan sendiri, datang langsung ke Meikarta. Because Seeing is Believing.
Salam Hangat,
Meikarta.
DISKUSI/FORUM Sesi 6: Dalam konteks penulisan advertorial, menurut pendapat Anda, apa yang ingin disajikan oleh MEIKARTA? Baik yang tertulis di atas maupun yang berbentuk video di atas.
(tambahan petunjuk: silakan cari sumber bereputasi, misalnya pemberitaan media, atau informasi dari website Meikarta yang bisa memperkuat deskripsi/uraian Anda).
- 7
15 April - 21 April
Perkuliahan Sesi 7 (Tatap Muka)
- 8
22 April - 28 April
- 9
29 April - 5 May
Ujian Tengah Semester /UTS - 10
6 May - 12 May
Perkuliahan Sesi 8 (OnLine)
Silakan dibaca MODUL Sesi 8 ini sebagai dasar pembahasan FORUM/Diskusi, menjawab QUIZ maupun mengerjakan TUGAS. Selamat membaca!
Forum diskusi ini akan dilakukan hari Kamis ini, tgl 9 Mei 2019 pukul 20.00 - 22.00. Silakan isi terlebih dahulu apa yang menjadi pertanyaan dalam FORUM ini. Selamat mengisi FORUM.
Setelah membaca MODUL 8, berikan contoh DIRECT MAIL yang ada (baik via Direct Mail yang dikirim via EMAIL maupun hardcopy yang dikirimkan ke suatu alamat). Produk apakah yang ditawarkan? Apakah Direct Mail yang Saudara sampaikan ada di salah satu dari 8 WAYS TO START YOUR SALES LETTER?
- 11
13 May - 19 May
Perkuliahan Sesi 9 (OnLine)
Mohon dibaca terlebih dahulu MODUL Sesi 9 ini sebelum mengisi FORUM/Diskusi, VIDEO sesi 9 dan Materi Pengaya. Happy Reading.
FORUM Diskusi Sesi 9 ini dapat diikuti Jumat ini pk 20.00-22.00.
Untuk FORUM pertemuan ini, cari e-brochure dari perusahaan otomotif (terserah mobil merk dan tipe apa, yang penting eBrochure, harap eBrochurenya di UPLOAD pada isian FORUM Diskusi anda), dan berdasarkan teori yang ada di MODUL sesi 9 dan VIDEO sesi 9, apakah telah memenuhi unsur-unsur yang dituliskan pada MODUL Sesi 9 dan Video sesi 9tersebut?
- 12
20 May - 26 May
Perkuliahan Sesi 10 (OnLine)
MODUL sesi 10 ini harap dibaca, sebelum mengisi FORUM, menjawab QUIZ maupun mengerjakan TUGAS.
FORUM Diskusi sesi 10, silakan bisa mengikuti FORUM pada hari Kamis tanggal 23 Mei 2019 pukul 20.00 - 22.00 WIB.
1. YouTube dari akun Solusi BCA
#DibikinSimple
Jangan bingung! Buka tabungan bisa di BCA mobile!
Solusi BCA - Published on Apr 12, 2019
Pernahkah kau rasakan? Susahnya mau buka tabungan. Buat apa susah? Bikin jadi mudah! Buka tabungan di BCA mobile. Semua jadi mudah. Buat apa susah? Buka tabungan di BCA mobile!
#DibikinSimple buka tabungan via BCA mobile
2. Link/tauran siaran pers/press release dari BCA
Studi Kasus Penulisan Advertorial – Produk Layanan Keuangan atau Perbankan:
Makin Simpel Buka Rekening, BCA Resmi Luncurkan Fitur Buka Rekening via BCA mobileHarap dibaca press release yang dibuat oleh tim BCA di atas, kemudian berdasarkan MODUL sesi 10 dan eBook Copywriting yang membahas tentang press release, berikan ulasan berdasarkan konsep teori yang ada dengan isi dari press release di atas. Ulasan yang dibuat dengan menuliskan apa isi press release, kemudian diuraikan kesesuaian dengan teori/konsepnya.
- 13
27 May - 2 June
Perkuliahan Sesi 11 (OnLine)
Harap dibaca MODUL sesi 11 ini, sebelum mengisi FORUM diskusi, menjawab QUIZ maupun mengerjakan TUGAS.
FORUM akan dibuka pada hari Jumat tanggal 31 Mei 2019 pukul 20.00 - 22.00 WIB. Sebelum mengisi FORUM diskusi harap membaca terlebih dahulu MODUL sesi 11 maupun materi pendukung lainnya.
Studi Kasus Layanan Pendidikan
1. Universitas Esa Unggul
2. Universitas Mercu Buana
3. Universitas Bina Nusantara
FORUM diskusi sesi 11:Dari ketiga video di atas, dalam konteks Writing Commercial (pada VIDEO sesi 11, materi The 12 Types of Commercials), termasuk tipe manakah masing-masing video di atas. Cara memberikan uraian di FORUM diskusi ini adalah dengan mendeskripsikan terlebih dahulu isi dari masing-masing video, kemudian dari deskripsi tersebut, dicocokkan dengan salah satu atau lebih dari tipe-tipe penulisan (iklan) komersial pada VIDEO sesi 11 (materi PPT dari VIDEO sesi 11, bisa diunduh dari External URL/Link Pengaya pada sesi 11 ini).
- 14
3 June - 9 June
LIBUR Hari Raya Idul Fitri 1440 H - 15
10 June - 16 June
LIBUR Hari Raya Idul Fitri 1440 H - 16
17 June - 23 June
Perkuliahan Sesi 12 (OnLine)
Harap dibaca MODUL Perkuliahan Sesi 12 ini, sebelum mengisi FORUS/DISKUSI, menjawab QUIZ maupun mengerjakan TUGAS.
FORUM Diskusi Perkuliahan Sesi 12 ini dapat diikuti pada hari Jumat tanggal 21 Juni 2019 pukul 20.00 -22.00.
FORUM Sesi 12
Studi Kasus Layanan Destinasi Wisata
1. Borobudur Temple
#WonderfulIndonesia
Borobudur Temple - Where History Lives Forever | Wonderful Indonesia
2. Lombok
#WonderfulIndonesia
Lombok - The Realm of Serenity | Wonderful Indonesia
3. North Sumatera
#WonderfulIndonesia
North Sumatra - The Feast of Culture | Wonderful Indonesia
FORUM Diskusi Perkuliahan Sesi 12: Dari ketiga video di atas, dalam konteks Penulisan Advertorial pada Web/Online, manakah yang menurut Anda, mana yang paling menarik untuk dijadikan materi penulisan advertorial untuk layanan destinasi wisata? Mengapa Anda memilih video tersebut? Jelaskan alasan Saudara! (catatan: dalam penyampaian alasan pemilihannya, harap memperhatikan apa yang ditulis pada MODUL 12, terutama yang berkaitan dengan contoh-contoh kasus Web yang dianggap menarik perhatian dan informatif, yang bisa memenuhi ekspektasi netizen).
- 17
24 June - 30 June
Perkuliahan Sesi 13 (OnLine)
Silakan dibaca MODUL Perkuliahan Sesi 13 ini, sebelum mengisi FORUM Diskusi, menjawab QUIZ maupun mengerjakan TUGAS.
FORUM Diskusi Perkuliah Sesi 13 ini cukup terlambat dari yang biasa dijadwalkan, dan akan dijadwalkan untuk Hari Minggu tanggal 30 Juni 2019 pukul 20.00 -22.00 WIB.
Siloam Hospitals - Sehat Itu Berkah
Dipublikasikan oleh Siloam Hospitals - Published on Jun 13, 2018
Mitra Keluarga Kemayoran - Pelayanan Unggulan
Dipublikasikan oleh Mitra Keluarga Kemayoran - Published on Jul 26, 2018
#RSPIMobile #RSPondokIndah
RSPI Mobile, Get Healthy Easy!
Dipublikasikan oleh RS Pondok Indah - Published on Feb 28, 2018
- 18
1 July - 7 July
Perkuliahan Sesi 14 (Tatap Muka)
- 19
8 July - 14 July
Ujian Akhir Semester /UAS - 20
15 July - 21 July
Ujian Akhir Semester /UAS