MODUL Perkuliahan Sesi 9

Perkembangan  pelayanan  kesehatan  masyarakat  di  indonesia  telah  berhasil meningkatkan pelayanan kesehatan secara lebih merata. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengakibatkan golongan masyarakat yang berpendidikan dan menguasai informasi semakin bertambah sehingga mereka   dapat   memilih   dan   menuntut   untuk   memperoleh   pelayanan   kesehatan yang berkualitas (Sabarguna, 2004).

Tujuan kesehatan kerja adalah:

  1. Meningkatkan & memelihara derajat kesehatan fisik, mental &sosial sehingga bekerja lebih efisien dan produktivitas yang tinggi dapat dicapai.
  2. Mencegah terjadinya gangguan kesehatan tenaga kerja disebabkan oleh kondisi kerja
  3. Melindungi tenaga kerja dari faktor yang membahayakan
  4. Menempatkan tenaga kerja dalam lingkungan kerja yang sehat.
  5. Mencegah sejauh mungkin terjadinya kecelakaan kerja

Setiap yang terlibat dalam pelayanan klien menerima penilaian kepuasan sebagai umpan balik mengenai keberhasilan mereka dalam memenuhi harapan klien. Staff keperawatan bertanggungjawab untuk mengenali masalah khas yang mengaruhi kepuasan klien di unitnya, idenifikai harapan sangat penting sebagai perawat, dengan mempepelajari harapan klien tentang informasi kenyamanan, serta keberadaan keluarga dan teman perawat akan mampu merencankan pelayanan klien yang lebih baik. Para perawat secara rutin menayakan harapan klien saat ia memasuli lingkungan pelayanan kesehatan, saat perawatan berjalan, dan saat klien dipulangkan, harapan klien merupakan pengukuran yang penting dalam evaluasi pelayan keperawatan (Potter and Perry, 2009). Keberadaan dan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan ditentukan oleh nilai dan harapan dari penerima jasa pelayanan tersebut

. Disamping itu, penekanan pelayanan pada kualitas yang tinggi tersebut harus dapat dicapai dengan biaya yang dapat dipertanggungjawabkan. Dengan demikian, semua pemberi pelayanan ditekan untuk menurunkan biaya pelayanan namun kualitas pelayanan dan kepuasan klien sekarang konsumen masih tetap menjadi tolok ukur (Benchmark) utama keberhasilan pelayanan kesehatan yang diberikan (Nurachmah, 2001).

77KB Word document

Click 9_7869_KMK472_14052019_DOC.doc link to view the file.