Modul Online Sesi 4

MATERI: KALIMAT EFEKTIF

Materi Pembelajaran

Hakikat Kalimat Efektif

Ciri-ciri Kalimat Efektif

 

Kompetensi Dasar

 

Mahasiswa mampu memahami hakikat kalimat efektif

Mahasiswa mampu memahami ciri-ciri kalimat efektif


Bahasa merupakan perantara atau media penyampai gagasan dari penulis kepada pembaca. Sebagai contoh, sebuah makalah, baik makalah ilmiah maupun populer harus ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembacanya. Hal ini bertujuan agar informasi yang ada dalam tulisan tersebut tersampaikan dengan baik. Jika karya tulis yang disusun penulis tidak jelas, tidak akan ada pesan yang dapat dipahami pembaca. Oleh karena itu, penulis perlu memiliki kemampuan dan keterampilan untuk merangkai kalimat yang efektif.

Setiap gagasan atau konsep yang dimiliki seseorang pada praktiknya harus dituangkan ke dalam bentuk kalimat. Kalimat yang baik adalah kalimat yang memenuhi kaidah-kaidah kebahasaan. Adapun kaidah-kaidah kebahasaan tersebut meliputi 1) unsur-unsur penting yang harus dimiliki setiap kalimat, 2) ejaan bahasa Indonesia, 3) pilihan kata (diksi). 

Salah satu penguasaan kalimat yang perlu dikuasai oleh seorang penulis adalah kalimat efektif. Sebuah kalimat dikatakan baik apabila sekurang-kurangnya memiliki subjek (S) dan predikat (P) begitupun dalam kalimat efektif. Kelengkapan unsur sebuah kalimat sangat menentukan kejelasan pesan yang disampaikan. Karena kalimat merupakan unsur pentingdalam sebuah wacana, pemahaman terhadap konsep-konsep kalimat efektif perlu diterapkan. Dengan demikian, jika penggunaan kalimat sudah benar dan jelas, hal itu akan memudahkan orang lain untuk memahami informasi yang disampaikan. Selain itu, jika kalimat-kalimat tersebuttersusun rapi dan rasional,isi dari wacana tersebut akan lebih mudah pahami. 



Click 4_7572_esa113_092018_doc.docx link to view the file.