Modul Online Sesi 5

MATERI: PARAGRAF

Materi Pembelajaran

  1. Hakikat Paragraf
  2. Syarat-Syarat Paragraf yang Baik
  3. Struktur Paragraf
  4. Jenis-Jenis Paragraf
  5. Pola Pengembangan Paragraf 

Kompetensi Dasar

  1. Mahasiswa mampu memahami hakikat paragraf
  2. Mahasiswa mampu memahami syarat-syarat paragraf yang baik
  3. Mahasiswa mampu memahami struktur paragraf
  4. Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis paragraf
  5. Mahasiswa mampu memahami pola pengembangan paragraf

 PENDAHULUAN 

Bahasa memiliki empat keterampilan yang terdiri atas keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Menyimak dan membaca merupakan keterampilan yang bersifat reseptif, sedangkan berbicara dan menulis merupakan keterampilan yang bersifat produktif. Keterampilan berbicara berkaitan dengan bahasa lisan, sedangkan menulis berkaitan dengan ragam tulis. Seseorang yang menguasai bahasa lisan secara aktif belum tentu menguasai bahasa tulis secara aktif pula. Banyak orang pandai berbicara di depan umum, tetapi tidak mudah menuangkan idenya dalam bentuk tulisan. Begitu pun sebaliknya. 

Bahasa lisan dan bahasa tulis merupakan dua ragam bahasa yang berbeda. Bahasa lisan dihasilkan oleh alat ucap dan unsur nonbahasa lainnya. Sementara itu, bahasa tulis dihasilkan dengan penggunaan lambang bahasa berupa tulisan. Bahasa lisan pertama kali dikenal anak ketika ia mendengar orang-orang di sekitarnya berbicara, sedangkan bahasa tulis dikenal anak pertama kali ketika ia mengenal huruf. Bahkan, bahasa tulis baru dikenal ketika suatu bangsa mengenal peradaban. 

Ketika berbicara, seseorang tidak memerlukan huruf, tanda baca, paragraf, dan sebagainya seperti yang digunakan pada saat orang tersebut menulis. Demikian pula ketika menulis, seseorang tidak memerlukan unsur-unsur nonbahasa seperti mimik, situasi, intonasi, atau artikulasi yang jelas untuk mengungkapkan pikiran-pikirannya. 

Dalam penguasaam bahasa tulis, salah satu hal yang perlu diingat adalah penguasaan dalam menyusun paragraf yang baik. Seorang penulis dituntut untuk menuangkan ide dan pikirannya secara teratur dan terorganisasi ke dalam jenjang-jenjang tulisan, seperti kata/ diksi, kalimat, paragraf, subbab, bab/ wacana, dan buku. Tentu saja, seseorang tidak akan mampu membuat sebuah paragraf yang baik jika tidak menguasai sistem ejaan, penggunaan kata, dan kalimat dengan baik. Oleh karena itu, pembahasan materi kali ini berkaitan dengan salah satu penguasaan dalam bahasa tulis, yakni paragraf. 


Click 5_7572_esa113_102018_doc.docx link to view the file.