Perkuliahan Sesi 11 (OnLine)
Harap MODUL sesi 11 ini dibaca, sebelum mengisi FORUM, menjawab QUIZ maupun mengerjakan TUGAS. Selamat membaca!
FORUM diskusi perkuliahan ini dijadwalkan pada hari Jumat tanggal 31 Mei 2019 pukul 20.00 - 22.00.
Wow! Transaksi e-Commerce RI 2018 Capai Rp 77 T, Lompat 151%
FINTECH - Wahyu Daniel, CNBC Indonesia 11 March 2019 10:29
Jakarta, CNBC Indonesia - Data Bank Indonesia (BI) menyebutkan, transaksi toko online (e-commerce) di Indonesia sepanjang 2018 lalu mencapai Rp 77,766 triliun. Angka ini meroket 151% dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 30,942 triliun.
"Angka transaksi ini dikumpulkan dari sekitar delapan pemain utama e-commerce di Indonesia," ujar Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara, kepada sejumlah wartawan saat berkunjung ke Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur akhir pekan lalu.
Data tersebut merinci transaksi berdasarkan produk yang dibeli dari toko online sebagai berikut:
1) Gadget & accessories nilainya Rp 16,823 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 8,018 triliun
2) Fashion nilainya Rp 12,125 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 3,357 triliun
3) Computer & accessories nilainya Rp 7,814 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 3,672 triliun
4) Personal care & cosmetic, nilainya Rp 7,443 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 2,695 triliun
5) Electronic nilainya Rp 5,255 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 2,313 triliun
6) HH & Office Supplies nilainya Rp 4,909 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 1,899 triliun
7) Automotive & Accessories nilainya Rp 3,739 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 1,581 triliun
8) Food and beverages nilainya Rp 2,289 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 630,6 miliar
9) Photography nilainya Rp 2,49 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 1,409 triliun
10) Sport Apparel nilainya Rp 2,49 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 1,409 triliun
11) Book & Stationary nilainya Rp 689,39 miliar, dari tahun sebelumnya Rp 227,4 miliar
12) Music and film nilainya Rp 453,32 miliar, dari tahun sebelumnya Rp 207,2 miliar
13) Lainnya nilainya Rp 11,377 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 3,846 triliun
Sementara untuk Januari 2019 saja, BI mencatat nilai transaksi di toko online angkanya mencapai Rp 8,204 triliun. Ini meningkat tinggi, yaitu 135,8% dibandingkan Januari 2018 lalu
FORUM diskusi Sesi 11:
Berdasarkan infografis dan keseluruhan informasi di atas, kemudian kembali melihat MODUL sesi 11, terutama pada bagian “In-App Experiences and In-App Ads”, bagaimana kriteria pemilihan 5 aplikasi m-Commerce di atas, jika ingin melakukan kampanye/beriklan pada aplikasi tersebut di atas! (tips: baca dulu apa yang dijelaskan pada MODUL sesi 11 pada bagian “In-app dstnya”, kemudian pahami isinya, kemudian baca infografis tersebut, nah dari konsep yang ada di MODUL dan informasi yang ada di infografis, maka Anda bisa menetapkan kriteria pemilihannya, sekaligus memilih 5 aplikasi m-Commerce tersebut)