Section
Open allClose all
Instructions: Clicking on the section name will show / hide the section.
- 1
4 March - 10 March
Perkuliahan Sesi 1 (Tatap Muka)
- 2
11 March - 17 March
Perkuliahan Sesi 2 (OnLine)
Modul ini berisi tentang pemahaman tugas-tugas media relations sebagai babian dari public relations.
Media Relations begitu penting sebagai bagian dari tugas-tugas public relations, khususnya dalam menjalin hubungan dengan media. KEMUKAKAN PENDAPAT ANDA?
- 3
18 March - 24 March
Perkuliahan Sesi 3 (OnLine)
Media relations dalam menjalankan tugasnya tentu juga memiliki target. Indikator target tercapai adalah seberapa banyak media massa memuat atau mempublikasikan pesan/informasi atau aktivitas organisasi tempat Anda bekerja. Jika Anda dalam posisi sebagai petugas media relations, apa yang harus Anda lakukan dan apa yang tidak boleh anda lakukan meski Anda diminta untuk memenuhi target tersebut?
Note: Ketua kelas tolong didiskusikan kepada teman2 untuk menentukan jadwal diskusi di forum ini (tanggal dan waktu). Tolong dikabaci saya, terimakasih.
- 4
25 March - 31 March
Perkuliahan Sesi 4 (OnLine)
Modul ini berisi tentang tujuan Media Relations. Tujuannya tidak hanya sekadar menjalin hubungan baik dengan media. Lebih dari itu, media relations ada untuk menaikkan reputasi suatu perusahaan serta produknya, dan untuk mempengaruhi serta memberitahukan kepada khalayak sasarannya.
Tujuan media relations tak hanya soal membina hubungan baik dengan pers (media). Lebih dari itu, keberadaannya untuk menaikkan reputasi suatu perusahaan serta produknya. Pertanyaannya, untuk menaikkan reputasi itu mengapa harus melalui media?
- 5
1 April - 7 April
Perkuliahan Sesi 5 (OnLine)
- Melalui modul ini kita membahas bentuk-bentuk kegiatan media relations. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, tapi kita bahas kegiatan yang umum dilakukan, yakni: 1. Konfererensi Pers (Press Confrence) (2. Menjadi Narasumber, 3. FAQ (Frequently Asked Questions), 4. Menyusun Siaran Pers (Press Release), 5. Media Gathering, 6. Media Tour (Press Tour), 7. Kunjungan Redaksi (Media Visit), 8. Seminar dan Program Latihan, 9. Penulisan Advertorial, 10. Pelatihan-pelatihan, dan 11. Surat Pembaca.
Karena banyaknya materi kegiatan media relations ini, pembahasannya kita bagi dalam dua kali pertemuan (modul dan video serta perangkatnya), namun dalam modul ini hanya dibahas tentang: 1. Konfererensi Pers (Press Confrence), 2. Menjadi Narasumber , dan 3. FAQ (Frequently Asked Questions). Sebagai media relations, Anda bertanggung jawab menggelar konferensi pers (press conference) untuk tanggal dan waktu yang telah ditetapkan. Konferensi pers atau keterangan pers itu dimaksudkan untuk menjelaskan situasi yang dihadapi perusahaan tempat Anda bekerja. Sebagai media relations apa langkah yang harus Anda lakukan untuk memastikan semua tugas dan tunggung jawab Anda bisa berjalan dengan baik?
Diskusi dilaksanakan Rabu, 3 April 2019 pukul 21:00 WIB.
- 6
8 April - 14 April
Perkuliahan Sesi 6 (OnLine)
Modul pertemuan sebelumnya sudah dibahas bentuk-bentuk kegiatan media relations namun terbatas pada tiga kegiatan saja, yakni tentang Konfererensi Pers (Press Confrence), Menjadi Narasumber dan FAQ (Frequently Asked Questions). Sedangkan delapan kegiatan lainnya, yakni Media Gathering, Media Tour (Press Tour), Kunjungan Redaksi (Media Visit), Seminar dan Program Latihan, Penulisan Advertorial, Pelatihan-pelatihan, serta Surat Pembaca, dibahas dalam modul ini.
Terimakasih.
Dalam penulisan artikel, khususnya siaran pers yang ditujukan untuk media massa, biasaya menganut atau berpatokan pada unsur 5W+1H (what, who, where, when, why, dan how). Cara terbaik menyusun siaran pers itu adalah dengan bentuk piramida terbalik. Mengapa? Jelaskan!
- 7
15 April - 21 April
Perkuliahan Sesi 7 (Tatap Muka)
- 8
22 April - 28 April
- 9
29 April - 5 May
Ujian Tengah Semester /UTS - 10
6 May - 12 May
Perkuliahan Sesi 8 (OnLine)
Kebijakan redaksi merupakan dasar atau semacam pegangan dalam menentukan sikap terhadap suatu peristiwa. Sikap media biasanya tercermin dari isi tajuk rencana atau editorial media. Kebijakan redaksi tidak sama antara satu media dengan media lain. Namun, secara umum media massa menganut atau memiliki nilai-nilai yang sama, yakni sama-sama mencari, mengumpulkan, mengolah dan menyajikan informasi yang memiliki nilai berita tinggi (news value) bagi audiensnya.
Kebijakan redaksi merupakan dasar atau kompas waak media dalam menentukan sikap terhadap suatu peristiwa. Sikap media biasanya tercermin dari isi tajuk rencana atau editorial media. Itulah sebabnya, kebijakan redaksi tidak sama antara satu media dengan media lain.
Menurut Anda, jika kebijakan satu media dengan lainnya tidak sama, lantas apa yang menjadi acuan mereka dalam menentukan atau bersikap terhadap suatu peristiwa?
- 11
13 May - 19 May
Perkuliahan Sesi 9 (OnLine)
Media massa menurut para ahli dapat disimpulkan sebagai saluran komunikasi yang melibatkan transmisi informasi yang ditujukan kepada sejumlah besar orang. Media massa selalu merujuk kepada media mainstream, seperti surat kabar, radio, televisi. Disebut media massa manakala menggunakan teknologi dan dapat menjangkau khalayak secara luas.
Terrdapat 3 (tiga) dimensi kunci yang membuat media menjadi media massa, yaitu tujuan, ketersediaan, dan akses. Media massa tidak hanya ditujukan kepada khalayak massa namun mengirimkan pesan kepada semua khalayak. Untuk memahamai media komunikasi massa lebih baik, kita harus menganalisis dua komponen dasar, yakni massa dan media komunikasi, serra karakteristiknya seperti diungkapkan McQuail yang tertuang dalam modul berikat.
Media massa (Liliweri, 2011)menerpa audiens sekaligus membuat masyarakat membentuk masyarakat massa (mass society) dengan karakteristik budaya tertentu yakni budaya massa (mass culture, populer culture). Apa yang dimaksud membentuk masyarakat massa dan budaya massa?
- 12
20 May - 26 May
Perkuliahan Sesi 10 (OnLine)
- Hubungan humas dengan media massa dilatarbelakangi kepentingan. Humas ingin mendapat publisitas yang positif, sedangkan media massa membutuhkan hérita atau informasi akurat dan seimbang. Akibat kepentingan itu, hubungan humas dengan media massa berpotensi memunculkan masalah yang bila tidak dikelola dengan baik, bisa berakibat buruk untuk lembaga tempat humas tersebut bekerja.
Liputan yang dilakukan media massa itu bukan sekadar untuk memenuhi kuota mengisi konten media massa. Tetapi juga media membutuhkan berita-berita atau informasi yang diinginkan atau dibutuhkan khyalayak media. Mengapa harus memenuhi keinginan khalayak?
- 13
27 May - 2 June
Perkuliahan Sesi 11 (OnLine)
Humas dan pers (media) merupakan mitra saling menguntungkan. Humas membutuhkan publisitas, media membutuhkan berita. Jadi, keduanya saling membutuhkan. Namun dalam perjalanan, baik humas maupun media, tentulah timbul hal-hal yang mungkin merugikan, tetapi hal itu wajar karena nobody perfect. Untuk lebih dalam tentang bahasan ini, modul berikut kiranya dapat membantu. Terimakasih.
- Keterbukaan dan Kejujuran merupakan asas utama dalam membina hubungan dengan media. Jelaskan padapat Anda?
- 14
3 June - 9 June
LIBUR Hari Raya Idul Fitri 1440 H - 15
10 June - 16 June
LIBUR Hari Raya Idul Fitri 1440 H - 16
17 June - 23 June
Perkuliahan Sesi 12 (OnLine)
Perencanaan media relations merupakan hal yang penting dimiliki seorang PR dalam menjalankan kegiatannya. Banyak PRO ingin sukses seperti para pendahulunya, tetapi hanya bermodalkan ide kreatif. Ternyata, ide kreatif saja tidak cukup. Ide harus dituangkan dengan baik dalam satu perencanaan yang terukur atau bisa dikerjakan.
Mc. Luhan menyebutkan bahwa fungsi media massa sebagai perpanjangan alat indera kita (sense extention theory; teori perpanjangan alat indera). Jelaskan maksudnya?
- 17
24 June - 30 June
Perkuliahan Sesi 13 (OnLine)
- Guna memahami prinsip dan etika jurnalistik, sebaiknya baca modul kuliah berikut ini yang menjelaskan tentang prinsip atau elemen dasar jurnalisme, serta etika jurnalistik.
- Bill Kovach dan Tom Rosenstiel menambahkan elemen ke-10 dalam prinsip jurnalisme yakni; Warga punya hak dan tanggung jawab ketika menyangkut berita. Menurut kalian, apa makan elemen terakhir ini?
- 18
1 July - 7 July
Perkuliahan Sesi 14 (Tatap Muka)
- 19
8 July - 14 July
Ujian Akhir Semester /UAS - 20
15 July - 21 July
Ujian Akhir Semester /UAS