- Konsep Dasar Manajemen dan Marketing Modern
Bidang Kesehatan dan Rumah Sakit
Selamat bergabung di kelas ARS 103 Manajemen Pemasaran RS bagi Mahasiswa PASKAMARS Angkatan 6 yang terhormat, materi online kita kali ini berkaitan dengan konsep dasar manajemen dan konsep dasar manajemen pemasaran modern. Ada perbedaan mendasar pada manajemen pemasaran sebelumnya dengan manajemen pemasaran saat ini yaitu: pada konsep dasar pemasaran sebelum lebih fokus kepada sisi produsen atau penyedia barang/jasa dan lebih fokus kepada produk sehingga para penyedia barang dan jasa lebih mengutamakan kualitas produk daripada konsumen Sedangkan manajemen modern lebih berorientasi kepada menjaga hubungan baik dengan konsumen, untuk menciptakan tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen. Manajemen pemasaran modern tidak berfokus kepada menjual produk tapi menawarkan value kepada konsumen.
Materi yang akan disampaikan pada kelas pertemuan Online Semester ini meliputi:
1. Hakikat Manajemen dan Pemasaran (Understanding Marketing Management)
2. Pengertian Manajemen dan konsep Pemasaran modern (Defining Marketing Modern)
3. Klassifikasi Produk –dan menentukan posisi jasa kesehatan (Product classification)
4. Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
5. Dasar-dasar Pemasaran di Rumah Sakit dan Provider Kesehatan
Diharapkan setelah membaca materi di Semester ini, Mahasiswa mampu:
1. Memahami hakikat manajemen pemasaran modern
2. Memahami apa yang dimaksud dengan bauran pemasaran
3. Memahami apa yang dimaksud dengan produk
4. Mampu membedakan produk bersifat tangible (Barang) dan produk bersifat intangible (Jasa)
5. Mampu mengidentifikasi karakteristik produk tangible dan karakteristik Produk dan Jasa Kesehatan
6. Mampu menentukan posisi jasa kesehatan dan menentukan manajemen yang akan diterapkan
References :
1. Marketing Management : Philip Kotler and Kevin Keller (2009)
2. Service Management : Operations strategy and Information technology: Fitzimmons and Fitzimmons (2008)
3. Manajemen Pemasaran untuk Rumah Sakit : Dr. Bambang Hartono, SKM, MSc, MM (2010)
5. Healthcare Stategic Marketing : Philip Kotler
4. Buku-buku literature yabf telah disarankan Dosen saat tatap muka diawal perkuliahan
5. Jurnal terkait
Bacalah isi bacaan modul berikut ini, mengenai TEORI AIDA :