Matematika itu indah….
Matematika itu selalu menjadi bagian kehidupan yang menyenangkan.. tanpa sebahagian kita menyadari, matematika itu selalu aplikatif dalam berbagai kegiatan yang kita lalu sehari-hari… Seorang nenek tua pedagang pisang tersenyum sumringah ketika dia menghitung keuntungan penjualan yang diraih saat hari pasar... Alhamdullilah cukup untuk hidup satu pekan ke depan...
Pemahaman terhadap filsafat ilmu matematika akan membuat hidup menjadi lebih berarti..
Matematika mengajari tentang ketelitian dan kejujuran, Melalui matematika kita dapat melihat sifat kesimetrian berbagai bentuk/pola kehidupan yang mengajari tentang keteraturan. Melalui matematika kita dapat menyatakan kebenaran yang mengajari tentang berpikir logis dan sistematis.Matematika itu menyenangkan dan mengasyikan, karena: bekerja dan bermain dengan matematika dapat membuat kita senang dalam pemecahan masalah dan terkadang dapat melewatkan waktu...
Matematika itu suatu kebersamaan, karena: bahasa matematika dapat diterima dan dipakai oleh setiap orang.
Bagaimana dengan anda? coba catat dalam fikiran anda semua yang menyenangkan tentang angka.. deretkanlah angka-angka menyenangkan itu....
Salam Matematika
Untuk matematika yang indah tersebut kita akan bertemu dalam Semester Ganjil 2018/2019, dengan identitas sebagai berikut :Mata kuliah
Kode mata kuliah
Seksi
Kode dosen
Nama dosen
Nomor HP
Email DosenMATEMATIKA
ESA 143
KH101
7228
IR. NIXON ERZED MT
08161496461
nixon@esaunggul.ac.idDengan kontrak Pembelajaran sebagai berikut
Topik 01 TM
- Penjelasan Silabus, sistem perkuliahan
- Sistem BilanganTopik 02 OL
Topik 03 OL
Topik 04 OL
Topik 05 OL
- Bentuk bentuk aljabar, persamaan dan pertidak samaan
Topik 06 OL
Topik 07 TM
- Review Materi UTS
Topik 08 UTS
Ujian Tengan Semester (UTS)
Topik 09 OL
Topik 10 OL
- Turunan Lanjut dan Penerapan Turunan
Topik 11 OL
- Matriks dasar dan operasi dasar
Topik 12 OL
- Determinan, Transpose dan Invers
Topik 13 OL
Topik 14 OL
- Integral
Topik 15 TM
- Review Materi untuk UAS
Topik 16 UAS
Ujian Akhir Semester (UAS)
Sumber belajar
1.
2.
3.Kalkulus 1, Edwin J. Purcell, Interaksara - Jakarta
Matematika, Muljono, Penerbit Andi-Yogyakarta
Aljabar Linear, Danang Mursita, Rekayasa SainsPenilaian
- Kehadiran = 0%
- Tugas dan Kuis = 35%
- UTS =
30%
- UAS = 35%
- Kehadiran = 0%
Pola, barisan, dan deret bilangan, sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya pada suatu perjamuan ketika belum ada tamu yang datang maka tuan rumah tidak berjabat tangan. Jika satu tamu datang, maka terjadi 1 kali jabat tangan, jika kemudian ada 1 tamu lagi yang datang maka terjadi 3 kali jabat tangan. Atau dalam bidang ekonomi, misalnya: Tuan B mendepositokan uangnya pada tahun 1990 sebesar M0 dengan suku bunga r% per tahun. Jika bunganya tidak diambil untuk jangka waktu 10 tahun kemudian, maka berapa jumlah uang Tuan B tersebut pada akhir tahun ke-10.
Pemahaman tentang barisan dan deret diperlukan untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Pola/barisan/deret bilangan yang terbentuk dari suatu kumpulan bilangan dapat didefinsikan dalam sebuah rumus atau sebuah pola rumus matematika. Rumus yang dihasilkan dapat digunakan untuk membuat peramalan.
Lingkup Materi :
1. Pola Bilangan
2. Barisan Bilangan
- Barisan Aritmatika
- Barisan Geometri
- Barisan tak hingga
- Konvergensi Barisan
3. Deret BIlangan
- Deret Aritmatika
- Deret Geometri
- Deret Tak Hingga
- Konvergensi DeretForum untuk mendiskusikan barisan dan deret