PENGANTAR PERKULIAHAN
Assalamu’alaikum warakhmatullaahi wabarakaatuh,
Saya mengucapkan “Selamat datang” kepada para mahasiswa, selamat datang dan selamat belajar dalam pembelajaran OnLine Universitas Esa Unggul.
IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah
: Pendidikan Lingkungan Hidup
Kode Mata Kuliah
: PSD217
Deskripsi mata kuliah
: Mata kuliah ini membahas tentang perkembangan dan konsep dasar PLH, Manusia, Energi dan SDA, Manusia dan air, Manusia dan Lahan, Manusia dan udara, Penduduk, SDA dan kerusakan lingkungan, Etika Lingkungan, Eko Efisiensi serta Permasalahan lingkungan global
TUJUAN PERKULIAHAN
Setelah selesai pembelajaran diharapkan mahasiswa mampu :
- Menjelaskan pengertian PLH dan gambaran umum materi PLH.
- Menguraikan pengertian Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat dan hubungannya.
- Mendeskripsikan hubungan antara manusia, lingkungan alam serta lingkungan sosial.
- Mendeskripsikan masalah – masalah lingkungan dan penyebabnya, dan mampu menjelaskan cara-cara menanggulangi masalah lingkungan.
- Mendeskripsikan masalah-masalah kependudukan dan penyebabnya, mampu menjelaskan penanggulangan masalah -masalah kependudukan.
- Menjelaskan pengertian SDA, mengelompokkan SDA, berdasarkan jenis, fungsi, nilai, lokasi, dan kegunaannya, serta kebijakan pemerintah dalam pengendalian penggunaanya.
- Membedakan ekologi dan ekosistem, mengidentifikasi peranan ekologi sebagai landasan pendidikan lingkungan, menunjukkan hubungan ekosistem dengan kehidupan manusia ekosistem dengan kehidupan manusia, mengidentifikasi peranan manusia dalam ekologi,, merancang upaya pemecahan masalah sederhana dalam konteks ekologi
- Menjelaskan pengertian etika lingkungan, kearifan terhadap lingkungan, menjelaskan tentang Teknologi Ramah Lingkungan, Kearifan Lingkungan dan Produk Lingkungan,& Menjelaskan Program Pemerintah Dalam Pengelolaan Lingkungan.
- Menjelaskan dampak prilaku negatif terhadap lingkungan, pemulihan kerusakan lingkungan akibat Globalisasi.
- Menjelaskan jenis-jenis air, siklus hidrologi, dan pencemaran air, cara melakukan penjernihan air dan mencegah terjadinya pencemaran air, menjelaskan tentang hutan dan fungsinya, serta pemanasan Global dan akibatnya.
- Menjelaskan pengertian Amdal, tujuan dan fungsi serta manfaat Amdal, menjelaskan Jenis-jenis Amdal, UKL_UPL & SPPL dalam kebijakan dalam pencegahan kerusakan lingkungan.
- Menjelaskan pengertian ekoefisinsi dan prinsipnya dalam berbagai aspek, Menjelaskan tentang Pembangunan Berkelanjutan, landasan hukum dan prinsip-prinsipnya.
- Menjelaskan pengertian pengelolaan sampah, jenis, dan metode pengelolaan TPA, Membedakan sampah dengan Limbah dan penanggulangannya
- Menjelaskan pengertian Daur Ulang, menjelaskan bahan-bahan yang dapat di daur ulang, serta mendeskripsikan barang-barang yang dibuat dari bahan daur ulang.
METODE PERKULIAHAN
Proses pembelajaran mata kuliah menggunakan tipe pembelajaran full online, yaitu pembelajaran yang diselenggarakan dalam jaringan (daring) sebanyak 14 sesi. Semua kegiatan tercatat di website Elearning Universitas Esa Unggul
( https://elearning.esaunggul.ac.id ) berupa kegiatan yang berurutan sebagai berikut :
1. Mempelajari materi : Mahasiswa menyimak VIDEO pembelajaran, mempelajari MODUL pembelajaran dan membaca MATERI PENGAYAAN yang tersedia. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari ke 1 atau 2.
2. Melakukan diskusi : Mahasiswa berdiskusi secara langsung atau sinkron (synchronous) dengan dosen dalam bentuk CHATTING dan/atau secara tidak langsung atau asinkron (un-synchronous) dalam FORUM. Kegiatan ini dilakukan pada hari ke 2 atau 3. Perhatikan Jadwal chatting atau forum pada tiap-tiap sesi.
3. Mengikuti evaluasi : Mahasiswa menjawab KUIS dan TUGAS ONLINE yang diberikan pada hari ke 3 atau 4. Lihat tenggat waktu atau due-date masing-masing kuis dan tugas online pada tiap-tiap sesi.
TOPIK PERKULIAHAN
Topik perkuliahan terdiri dari 14 topik dan semuanya menggunakan metode perkuliahan OnLine. Adapun topik-topik perkuliahan terdiri dari :
1. Pengantar : Gambaran umum PLH
2. Sains, Lingkungan, Teknologi& Masyarakat (Salingtemas)
3. Manusia & Lingkungan
4. Masalah Lingkungan dan Pemecahannya
5. Masalah Kependudukan dan Pemecahannya
6. Sumber Daya Alam
7. Ekologi dan Lingkungan & review
8. Etika & Kearifan Lingkungan
9. Dampak Prilaku Masyarakat Terhadap Alam & Globalisasi
10. Daur Air, Hutan & Pemanasan Global
11. Amdal & Istrumen Pengendalian Dampak Lingkungan
12. Ekoefisiensi & Pembangunan Berkelanjutan
13. Pengelolaan Sampah & Limbah
14. Daur Ulang & Karya Daur Ulang & review
BUKU REFERENSI
1. Daryanto,dkk. Pengantar Lingkungan Hidup, Gava Media, Jakarta . 2013
2. Wiyono, Phd., Pengantar Ilmu Lingkungan, Yayasan Obor Indonesia, 2014
3. Manik, K.E.S, Pengelolaan Lingkungan Hidup. Prenadamedia Group. Jakarta. 2016
4. Muh Aris Marfai, Pengantar Etika Lingkungan, UGM, 2015
5. Rumanta, M. dkk. Pendidikan Lingkungan Hidup. 2016. Universitas Terbuka.
6. Zulkifli. A, Dasar-dasar Ilmu Lingkungan. Salemba Teknika. Jakarta. 2014
7. Buku Pelajaran Sekolah SD – SMA yang relevan
PENILAIAN
Penilaian kuis dilakukan oleh learning management system (komputer) secara otomatis. Penilaian dan umpan balik tugas online dilakukan oleh dosen sesuai due-date atau paling lambat pada hari ke-7 untuk setiap sesi.
Rata-rata nilai kuis akan menjadi 1 (satu) nilai quizonline, sedangkan rata-rata nilai tugas online akan menjadi 1 (satu) nilai tugasonline.
Nilai akhir dan komponen nilai yg digunakan serta bobotnya ditentukan oleh dosen pengampu, yakni;
1. UTS : 30%
2. UAS : 35%
3. quizonline : 15%
4. tugasonline : 20%
Jakarta, 11 Februari 2020
Dosen Pengampu,
Nama Dosen
Kode Dosen
Nomor HP
Alamat Email
: Dr. Harlinda Syofyan, S.Si., M.Pd
: 7159
: 081286496591
: soflyndaharlinda@gmail.com
Silahkan perhatikan Jadwal Perkuliahan Online PSD217 berikut!
JADWAL PERKULIAHAN ON-LINE
SEMESTER GENAP 2019/2020
Bulan
Tanggal
Minggu
Sesi
Aktivitas
Topik
Maret
02 - 08
1
1
OL(1)
Pengantar : Gambaran umum PLH
09 - 15
2
2
OL(2)
Sains, Lingkungan, Teknologi& Masyarakat (Salingtemas)
16 - 22
3
3
OL(3)
Manusia & Lingkungan
23 - 29
4
4
OL(4)
Masalah Lingkungan dan Pemecahannya
30 – 05
5
5
OL(5)
Masalah Kependudukan dan Pemecahannya
April
06 – 12
6
6
OL(6)
Sumber Daya Alam
13 – 19
7
7
OL(7)
Ekologi dan Lingkungan & review
20 – 26
8
-
U T S
27 - 03
9
-
U T S
M e i
04 - 10
10
8
OL(8)
Etika & Kearifan Lingkungan
11 - 17
11
9
OL(9)
Dampak Prilaku Masyarakat Terhadap Alam & Globalisasi
18 - 24
12
-
-
LIBUR IDUL FITRI
25 - 31
13
-
-
LIBUR IDUL FITRI
J u n i
01 – 07
14
10
OL(10)
Daur Air, Hutan & Pemanasan Global
08 – 14
15
11
OL(11)
Amdal & Istrumen Pengendalian Dampak Lingkungan
15 - 21
16
12
OL(12)
Ekoefisiensi & Pembangunan Berkelanjutan
22 – 28
17
13
OL(13)
Pengelolaan Sampah & Limbah
29 - 05
18
14
OL(14)
Daur Ulang & Karya Daur Ulang & review
J u l i
06 – 12
19
-
U A S
13 - 19
20
-
U A S
- Selamat mengikuti perkuliahan ini, anda diharapkan mengikuti dan membaca semua bahan yang tersedia di perkuliahan ini, kehadiran anda dihitung pada "forum diskusi, kuis online dan tugas online".
- Deadline setiap item sudah ditentukan, namun semua item saya buka mulai dari senin - jumat, diharapkan anda tidak melewatkan tiap menu materi di tiap sesi.
- Dosen Pengampu tidak melayani komplain keterlambatan pengerjaan tugas dari mahasiswa.
- Bila ada kekeliruan atau ada hal yang perlu ditanyakan tentang perkuliahan, silahkan untuk berkomunikasi via WA dengan no hp yang sudah disampaikan di depan.
Perkuliahan Sesi 10
- Modul
perkuliahan sesi 10 berisi penjelasan tentang Dampak Perilaku Negatif yang berbicara tentang Siklus Air, Hutan & Pemanasan Global yang berbicara tentang bagaimana
siklus air terjadi, hutan sebagai paru-paru dunia & kecendrungan pemanasan
global yang menghantui kehidupan di bumi ini.
- Bacalah Modul ini sampai tuntas!
- Modul
perkuliahan sesi 10 berisi penjelasan tentang Dampak Perilaku Negatif yang berbicara tentang Siklus Air, Hutan & Pemanasan Global yang berbicara tentang bagaimana
siklus air terjadi, hutan sebagai paru-paru dunia & kecendrungan pemanasan
global yang menghantui kehidupan di bumi ini.
- Setelah menyimak video, mempelajari modul pembelajaran dan mendalami materi pengayaan yang terdapat pada tautan web, maka anda dipersilahkan untuk mengikuti FORUM.
Anda kemungkinan akan ditanggapi oleh peserta lainnya, maka berikan respon atas tanggapan atau komentar terhadap pertanyaan anda. Diskusi di Forum akan diselenggarakan pada hari Selasa, tanggal 2 Juni 2020.
Mari diskusikan topik ini!
“Upaya apa yang harus dilakukan untuk menghindari terjadinya pemanasan global?
Forum ini juga merupakan bukti kehadiran anda dalam mengikuti perkuliahan sesi ini. Jadi diharapkan semua berpartisifasi dalam Forum ini!