RPS mata kuliah Pemrograman web semester ganjil 2019/2020 ini dapat didownload
- Silahkan Unduh File Pengantar Perkuliahan Terlampir
Silahkan Unduh File Jadwal terlampir
Klik untuk melihat pesan/pengumuman dari Dosen Pengampu
KATA PENGANTARAssalamu’alaikum warakhmatullaahi wabarakaatuh,
Saya mengucapkan “Selamat Datang” kepada para mahasiswa, selamat datang dalam pembelajaran online mata kuliah Pemrograman Web . Mata kuliah ini dapat diikuti oleh mahasiswa program studi sistem informasi dan teknik informatika dimana pun anda berada.
Mata kuliah ini dapat diikuti oleh mahasiswa kelas paralel di semester ganjil dan genap.
mahasiswa data pemahaman dan pengusaan atas pengetahuan pemrograman web dan praktek pemrograman Web sangat diperlukan SI dan TI menjalankan perannya. Kerangka dan konsep Pemrograman akan memperluas pandangan/wawasan dalam mengimplementasikan nya pada berbagai jenis project/bidang pekerjaan
IDENTITAS DOSEN :
Nama Dosen : Kartini, S.Kom., MMSI Kode Dosen : 5009 Nomor HP : 081286059945 & 085691110641 Alamat Email : Kartini@esaunggul.ac.id IDENTITAS MATA KULIAH :Nama Mata Kuliah : Pemrograman Web Kode Mata Kuliah : CCP 220 Program Studi : Sistem Informasi & Teknik Informatika Fakultas : Ilmu Komputer DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah pemrograman ini diberikan untuk mencapai kompetensi pembuatan dan pengembangan aplikasi berbasis web melalui pemahaman teknologi jaringan, internet, bahasa pemrograman dan berbagai kolaborasi teknologi sehingga mahasiswa akan mampu menciptakan/membuat dan mengembangkan aplikasi berbasis web yang bermanfaat di berbagai bidang dengan teknologi terkini.
kebutuhan aplikasi berbasis web semakin meningkat, web menjadi teknologi pilihan bagi perusahaan maupun personal untuk menampilkan informasi - informasi tentang profil diri, prosedur, layanan dan informasi lain yang bermanfaat bagi masyarakat dan pebisnis. banyak kelebihan yang diberikan oleh aplikasi berbasis web ini , salah satunya adalah informasi data diakses oleh user di seluruh dunia secara cepat dan mudah. sehingga kelebihan yang ada di aplikasi berbasis web dapat dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan sebagai strategi bisnis perusahaan.
materi yang dibahas pada matakuliah pemrograman web ini, meliputi pengenalan HTML, membuat Halaman web, menampilkan teks dalam halaman web, menampilkan gambar dalam halaman web, membuat link ke halaman web satu ke halaman web yang lain. membuat tabel, frame, form, menerapkan CSS, pengenalan javascript, PHP, MySQL.
TUJUAN PERKULIAHAN
Setelah selesai pembelajaran diharapkan mahasiswa mampu :
- Mampu
melakukan rancang bangun Aplikasi berbasis Web pada berbagai jenis
Project (di berbagai kegiatan/pekerjaan/bisnis) menggunakan perangkat
lunak(software) WEB, metode, teknik-teknik, Algoritma/Logika Pemrograman
dan alat bantu (Hardware) tertentu untuk implementasi berikut
pendokumentasiannya
- mampu memahami konsep bahasa pemrograman berbasis web, Menyusun desain pembuatan web dan membuat aplikasi berbasis web dengan database.
- mampu membuat aplikasi web yang lebih dinamis
METODE PERKULIAHAN
Pembelajaran mata kuliah Pemrograman Web menggunakan pembelajaran campuran Praktek tatap muka dan kuliah online (hybrid learning). Semua kegiatan tatap muka tercatat dalam web Siakad (http://siakad.esaunggul.ac.id), sedangkan kegiatan kuliah online tercatat di web elearning (http://elearning.esaunggul.ac.id). Kegiatan di luar dua web tersebut tidak diakui oleh Universitas.
Pada sesi kuliah tatap muka, mahasiswa akan mendapatkan penjelasan dan penugasan sesuai topik perkuliahan. Mahasiswa juga dapat melakukan diskusi dan tanya jawab di dalam kelas.
Kuliah online setiap sesi belangsung selama 7 hari dengan kegiatan-kegiatan secara berurutan sebagai berikut :
- Mempelajari materi : Mahasiswa menyimak VIDEO pembelajaran, mempelajari MODUL pembelajaran dan membaca MATERI PENGAYAAN yang tersedia. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari ke 1, atau 2.
- Melakukan diskusi : Mahasiswa berdiskusi langsung (synchronous) dengan dosen dalam bentuk CHATTING yang diselenggarakan pada hari dan jam sesuai jadwal kuliah. Jika mahasiswa tidak mengikuti chatting atau pada sesi tersebut tidak diselenggarakan chatting, maka mahasiswa harus melakukan diskusi tidak langsung (un-synchronous) dalam FORUM. Kegiatan di forum juga dilakukan pada hari ke 1, atau 2. Perhatikan tanggal dan jam chatting atau forum pada tiap-tiap sesi.
- Mengikuti evaluasi : Mahasiswa menjawab KUIS yang diberikan pada hari ke 1 atau 2. Setelah itu mahasiswa juga menyelesaikan TUGAS ONLINE yang diberikan, mengupload jawaban tugas online tersebut pada hari ke 1, 2 atau 3. Lihat tenggang waktu atau due-date masing-masing kuis dan tugas online pada tiap-tiap sesi.
TOPIK PEKULIAHANTopik perkuliahan terdiri dari 14 topik, pada sesi 1, 7 dan 14 mode pembelajaran (Optional) bisa menggunakan kuliah tatap muka atau tidak, dan Online tetap ada, dan pada sesi 2-6 dan sesi 8-13 menggunakan kuliah online. Adapun topik-topik perkuliahan terdiri dari :
- Pengantar : Konsep
Pemrograman Web, Serverside programing, client side programing, website
programing serta dasar & Struktur HTML (Ver5.0)
- Struktur HTML dan Mengolah Teks
- Elemen Tabel, Membuat Tabel, dan Editing Tabel dan Tabel sebagai kerangka Layout
- Elemen2 CSS, merancang CSS, Membuat File CSS, menggunakan CSS
- Deklarasi Form HTML, Membentuk Form dan komponen Form
- JavaScript, PBO pada web. memahami Nilai Variabel, type data dan Fungsi, Lalu bisa membanding kan sintax java dengan C++
- Review : HTML, Tabel, CSS, Form, dan Javascript
- Dasar-Dasar Pemrograman PHP embeded HTML
- Pengenalan database dan konsep RDBMS
- Membuat koneksi dan membuat Query dasar
- Web Dinamis dengan Javascript, PHP, dan Database
- Kegunaan Session dan Cookies
- Pembuatan send email dan Upload File pada web Client
- Review : Mysql, Query, Web dynamis, Session dan Cookies
BUKU REFERENSI
- W. Jason Gilmore, Beginning PHP dan MySQL From Novice to Profesional, (New York, 2008).
- MADCOMS, Aplikasi Manajemen Database Pendidikan Berbasis Web Dengan PHP dan MySQL, Andi, 2005
- Bunafit Nugroho, PHP & MySQL Dengan Editor notepad++, Andi, 2004
- Bernard Renalddy Suteja, Membuat aplikasi WEB Interaktif dgn ASP, Informatika Bandung, 2006
- Gregorius Agung, Rahasia membuat WEB ber-SMS dgn ASP,JSP dan JavaScrip, PT. Elex Media Koputindo, 2003.
- Raharjo, Budi, Belajar Pemrograman Web, Modul Bandung, 2011.
- Raharji, Budi, Modul Pemrograman web, Modul Bandung, 2016
- Explore
dari internet, jurnal, youtube mengenai tutorial web proragming, Web
framework, dan CMS Web serta Ilmu2 terkait dengan rancang bangun sistem
berbasisi Web [analisis disain/konsep, Pengembangan web)
PENILAIAN
Penilaian kuis dilakukan oleh learning management system (komputer), sedangkan penilaian dan umpan balik tugas online dilakukan oleh dosen sesuai due-date, maka para mahasiswa diharapkan memperhatikan batas akhir (date-line) yang diberikan.
Rata-rata nilai kuis akan menjadi sebuah nilai tugas-kuis, sedangkan rata-rata nilai tugas online akan menjadi nilai tugas-online. Adapun nilai akhir diperoleh dari komponen-komponen sebagai berikut :
- UTS : 30 %
- UAS : 30%
- Tugas-kuis : 20%
- Tugas-online : 20%
- Mampu
melakukan rancang bangun Aplikasi berbasis Web pada berbagai jenis
Project (di berbagai kegiatan/pekerjaan/bisnis) menggunakan perangkat
lunak(software) WEB, metode, teknik-teknik, Algoritma/Logika Pemrograman
dan alat bantu (Hardware) tertentu untuk implementasi berikut
pendokumentasiannya
Perkuliahan Sesi 4 (OnLine)
Modul perkuliahan sesi 4 berisi penjelasan tentang CSS (Cascading Style Sheet). pengertian dari CSS, Aturan dalam Penulisan kode CSS dan menggabungkan kode CSS dengan dokument CSS
MAHASISWA DAPAT BERDISKUSI PADA HARI SENEN Jadwal Diskusi ( Tgl. 23 MARCH 2020 : JAM 20.00 - 22.00 )
Cascading Style Sheet (CSS) merupakan aturan untuk mengendalikan beberapa komponen atau conten dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. diskusikan Seputar CSS :
1. Apa yang saudara ketahui tentang scipt CSS
2. Why use CSS design Layout Web
3. Apa Keuntungan CSS
4. Apa kegunaan dasar-dasar dari pengaturan / format posisi dengan css beriktu :
a. Margin –> ......?
b. Border –> ......?
c. Padding –> ......?