Section
Open allClose all
- 1
3 September - 9 September
- ToggleSelamat datang dalam kelas perkuliahan Business English
Saya mengucapkan “Selamat Datang” kepada para mahasiswa dan selamat bergabung dalam komunitas pembelajaran Business English. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan. Mata kuliah ini memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggrisnya khususnya dalam konteks yang lebih spesifik (business life). Para mahasiswa akan melakukan aktivitas-aktivitas yang terkait dengan kehidupan bisnis seperti melakukan presentasi, membuat surat lamaran (application letter) dan daftar riwayat hidup (curriculum vitae) yang baik dan benar, menganalisa dan mengintrepretasikan grafik dan aktivitas-aktivitas lainnya yang dapat mendukung karir mahasiswa ke depannya. Metode pembelajaran yang akan banyak digunakan adalah diskusi dan demonstrasi dengan pendekatan yang menekankan kepada siswa (student-centered learning). Dengan mengacu kepada pendekatan tersebut, maka dalam proses pembelajaran akan mengimplementasikan pembelajaran yang bersifat kooperatif.
IDENTITAS DOSEN
Nama Dosen : Rika Mutiara
Kode Dosen : 7242
Alamat Email : rika.mutiara@esaunggul.ac.id
IDENTITAS MATA KULIAH
Nama mata kuliah : Business English
Kode mata kuliah : ESA134
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini akan membahas mengenai memulai percakapan dengan menggunakan ekspresi atau ungkapan yang berterima, memberikan pendapat, membuat surat lamaran dan daftar riwayat hidup, menguasai teknik wawancara kerja dan mengimplemetasikannya, membuat rangkukam dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, dan melakukan presentasi
TUJUAN PERKULIAHAN
Setelah selesai pembelajaran diharapkan mahasiswa:
- Memiliki keterampilan dalam memperkenalkan diri dan memperkenalkan orang lain dengan ungkapan yang berterima.
- Mampu memulai sebuah percakapan (starting conversation) dan memahami penutur asli dengan benar.
- Mampu memberikan pendapat dalam konteks formal dan non-formal
- Mengidentifikasi dan membuat surat lamaran (application letter) dan daftar riwayat hidup (curriculum vitae) dengan baik dan benar
- Memahami sumber informasi dalam bentuk grafik dan mampu menjelaskan informasi tersebut dengan menggunakan ungkapan bahasa Inggris yang baik dan benar
- Mampu mengindentifikasi pertanyaan dan jawaban yang digunakan oleh interviewee dan interviewer dan mengaplikasikannya dengan baik dan benar
- Mampu mengindentifikasi paragraf yang baik (komponen paragraph yang baik) dan membuat paragraph dalam bahasa Inggris
- Mampu membuat parafrasa dan ringkasan dalam bahasa Inggris dengan menganalisa wacana yang diberikan
- Mampu mengindentifikasi strategi dalam membuat ringkasan dalam bahasa Indonesia dan membuat ringkasan tersebut dengan menganalisa wacana yang diberikan
- Mampu menerjemahkan teks yang terkait dengan business life dengan baik dan benar
- Mampu mengungkapan kesetujuan dan ketidaksetujuan dengan ungkapan yang berterima
- Mampu memahami teknik presentasi khususnya dalam menentukan topik
- Mampu memahami cara menyampaikan materi presentasi dan strategi yang digunakan dalam presentasi
- Mampu menyampaikan materi presentasi dan mengantisipasi pertanyaan
METODE PERKULIAHAN
Pembelajaran mata kuliah Business English menggunakan pembelajaran campuran yaitu tatap muka dan online (hybrid learning). Semua kegiatan tatap muka tercatat dalam web Siakad (http://siakad.esaunggul.ac.id) sedangkan kegiatan kuliah online tercatat di web elearning (http://elearning.esaunggul.ac.id). Kegiatan di luar dua web tersebut tidak diakui oleh Universitas.
Pada sesi kuliah tatap muka, mahasiswa akan mendapatkan penjelasan dan penugasan sesuai topik perkuliahan. Mahasiswa juga dapat melakukan diskusi dan tanya jawab di dalam kelas.
Kuliah online setiap sesi belangsung selama 7 hari dengan kegiatan-kegiatan secara berurutan sebagai berikut :
- Mempelajari materi : Mahasiswa menyimak VIDEO pembelajaran, mempelajari MODUL pembelajaran dan membaca MATERI PENGAYAAN yang tersedia. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari ke 1
- Melakukan diskusi : Mahasiswa berdiskusi langsung (synchronous) dengan dosen dalam bentuk FORUM yang diselenggarakan pada hari ke 1 - 5 . Perhatikan tanggal dan jam forum pada tiap-tiap sesi.
- Mengikuti evaluasi : Mahasiswa menjawab KUIS yang diberikan pada hari ke 1 - 5 . Setelah itu mahasiswa juga menyelesaikan TUGAS ONLINE yang diberikan pada hari ke 1 - 5 Lihat tenggat waktu atau due-date masing-masing kuis dan tugas online pada tiap-tiap sesi.
TOPIK PEKULIAHANTopik perkuliahan terdiri dari 14 topik, pada sesi 1, 7 dan 14 mode pembelajaran menggunakan kuliah tatap muka, dan pada sesi 2-6 dan sesi 8-13 menggunakan kuliah online. Adapun topik-topik perkuliahan tersebut terdiri atas:
1. Pengantar Perkuliahan: RPS Penugasan dan Pengantar
2. Starting conversation
3. Giving an opinion
4. Application letter and curriculum vitae
5. Graph description
6. Job interview
7. Making a good paragraph
8. English summary
9. Indonesian summary
10. Translation
11. Agreement and disagreement
12. Presentation
REFERENCESEvans, David. (1998). Powerhouse: An Intermediate Business English Course. USA: Longman.
Sagala, Laris, et al. (2018). Student’s Handbook for Business English Subject. Jakarta: Esa Unggul University Press.
Taylor, John and Jeff Zeter. (2011). Business English. Berkshire: Express Pubishing
PENILAIAN
Penilaian kuis dilakukan oleh learning management system (komputer), sedangkan penilaian dan umpan balik tugas online dilakukan oleh dosen sesuai due-date, maka para mahasiswa diharapkan memperhatikan batas akhir (date-line) yang diberikan.
Rata-rata nilai kuis akan menjadi sebuah nilai tugas-kuis, sedangkan rata-rata nilai tugas online akan menjadi nilai tugas-online. Adapun nilai akhir diperoleh dari komponen-komponen sebagai berikut :
1. UTS : 30 %
2. UAS : 40%
3. Tugas-kuis : 10%
4. Tugas-online : 20%
JADWAL PERKULIAHAN
Bulan
Tanggal
Minggu
Sesi
Aktivitas
Topik
Sep
03-09
01
1
TM(1)
Pengantar
10-16
02
2
OL(1)
Starting conversation
17-23
03
3
OL(2)
Giving an opinion
24-30
04
4
OL(3)
Application letter and curriculum vitae
Okt
01-07
05
5
OL(4)
Graph description
08-14
06
6
OL(5)
Job interview
15-21
07
7
TM(2)
Making a good paragraph
22-28
08
UTS
Mid-term test
29-04
09
UTS
Mid-term test
Nov
05-11
10
8
OL(6)
Making a good paragraph-Part 2
12-18
11
9
OL(7)
English summary
19-25
12
10
OL(8)
Indonesian summary
26-02
13
11
OL(9)
Translation
Des
03-09
14
12
OL(10)
Agreement and disagreement
10-16
15
13
OL(11)
Presentation
17-23
16
14
TM(3)
Presentation-Part 2
24-30
17
LIBUR
31-06
18
LIBUR
Jan
07-13
19
UAS
Final test
14-20
20
UAS
Final test
- 2
10 September - 16 September
- ToggleWhen you start conversation, what topics do you use?
Why do you choose those topics?
- 3
17 September - 23 September
- ToggleThis handout explains to you how to ask and give opinions.
- When we give our opinions, it is possible that our opinions are not accepted by others. How is your reaction if someone does not accept your opinions?
- 4
24 September - 30 September
- ToggleThis file gives you information on what you should write on application letter.
In writing your application letter, how do you show that yourself is the most suitable person for this position?
- 5
1 October - 7 October
- Toggle- This handout helps you to know what you face in a job interview and how you should manage your language.
- If you have an opportunity to ask a question to the one that interviews you, what will you ask?
- 6
8 October - 14 October
- ToggleWhy do you think negotiation is important in the workplace?
- 7
15 October - 21 October
- Toggle - 8
22 October - 28 October
- Toggle - 9
29 October - 4 November
- Toggle - 10
5 November - 11 November
- ToggleThis handout presents the ideas of writing a summary and some examples.
- What do you think is the most difficult thing in writing a summary and how do you deal with it?
- 11
12 November - 18 November
- ToggleThis handout provides information that you need to write a report.
Based on types of report on http://www.deakin.edu.au/students/studying/study-support/academic-skills/report-writing, what kind of report do you usually read and write in the university?
- 12
19 November - 25 November
- ToggleThis file describes what expressions you can use to give agreement and disagreement
Do you think you should give reasons in giving agreement and disagreement? If yes. why?
- 13
26 November - 2 December
- Toggle- Studying in higher education requires you to read references written in English. To do this, sometimes you need to do translation. This module helps you by presenting how to do translation.
- What is the difficulty in doing translation and what do you do to solve it?
- 14
3 December - 9 December
- Toggle- This handout helps you prepare a presentation. It presents the way you organize a presentation.
What is your topic of presentation for your final term test? Why did you choose it?
- 15
10 December - 16 December
- ToggleThis module helps you get the ideas of steps to be successful
In this forum, you will focus on successful presentation. Take a look at the PPT slides that you made for the presentation of your final-term test. What can you do to make it better?
Your final term test is delivering a presentation. It will be conducted on two days ( 20 December and 10 January). The students who will present on 20 December are those whose numbers are 1-30. The rest will present on on 10 January. See the attached file to know the students enrolled in this class and their numbers.
- 16
17 December - 23 December
- ToggleFor those who will present tomorrow, please send your PPT slides to rika.mutiara@esaunggul.ac.id.
- 17
24 December - 30 December
- Toggle - 18
31 December - 6 January
- Toggle - 19
7 January - 13 January
- Toggle - 20
14 January - 20 January
- Toggle