MODUL Perkuliahan Sesi 8 " Best Practise Perencanaan Strategis Teknologi Informasi"

Best Practise Perencanaan Strategis Teknologi Informasi"


Di era globalisasi sekarang ini, memiliki strategi bisnis yang biasa-biasa saja tidak cukup untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Dibutuhkan suatu keunggulan kompetitif dalam persaingan bisnis sekarang ini. Perusahaan dituntut untuk merumuskan perencanaan strategik dengan memanfaatkan sistem dan teknologi informasi. Strategi yang direncanakan harus dapat beradaptasi terhadap perubahan lingkungan. Keberlangsungan hidup suatu perusahaan dipengaruhi oleh keuntungan / laba dan profit. Keuntungan didapat dari pelanggan. Oleh karena itu pelanggan merupakan salah satu faktor penting untuk kelangsungan hidup perusahaan. Perusahaan harus dapat memenuhi kebutuhan dan permintaan pelanggan dengan harga rendah namun tetap menghasilkan laba bagi perusahaan.

Beberapa permasalahan internal yang dihadapi perusahaan adalah sistem informasi yang ada hanya menjadi pendukung dalam transaksi penjualan dan belum dapat sepenuhnya membantu menyelesaikan masalah yang ada. Infrastruktur dan aplikasi SI/TI yang ada belum lengkap, dan masih ada yang belum tersentralisasi, sehingga belum mampu membantu proses bisnis perusahaan agar lebih efisien dan efektif. Pengembangan SI/TI yang belum terarah juga menjadi permasalahan lainnya. 

Sehingga perusahaan membutuhkan perancanaan strategi sistem informasi menggunakan alat bantu seperti analisis value chain, PEST, 5 Forces Porter, BSC, CSF, SWOT, Mc Farlan dalam menciptakan rencana strategik yang sesuai visi misi perusahaan. Perencanaan strategis SI ini dapat dijadikan dasar untuk membuat rencana pemanfaatan SI/TI yang dapat mengembangkan perusahaan dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada.

970.1KB Word 2007 document Uploaded 8/05/19, 16:07

Click 08_7200_CSI320_052019_doc.docx link to view the file.