Pengantar Perkuliahan

 

 

 

PENGANTAR PERKULIAHAN

 

 

Assalamu’alaikum warakhmatullaahi wabarakaatuh,

 

Saya mengucapkan “Selamat datang” kepada para mahasiswa, selamat datang dan selamat belajar dalam pembelajaran OnLine Universitas Esa Unggul.

 

 

IDENTITAS MATA KULIAH

 

Nama Mata Kuliah

: Strategi Pembelajaran

Kode Mata Kuliah

: PSD 216

Deskripsi mata kuliah

:

Mata kuliah ini membahas  strategi pembelajaran

 

 

 

TUJUAN PERKULIAHAN

 

Setelah selesai pembelajaran diharapkan mahasiswa mampu :

1.         . . . .

2.         . . . .

3.         . . . .

4.         . . . .

5.         . . . .

6.         . . . .

7.         . . . .

8.         . . . .

9.         . . . .

10.      . . . .

11.      . . . .

12.      . . . .

13.      . . . .

14.      . . . .

 

 


METODE PERKULIAHAN

 

Proses pembelajaran mata kuliah menggunakan tipe pembelajaran full online, yaitu pembelajaran yang diselenggarakan dalam jaringan (daring) sebanyak 14 sesi. Semua kegiatan tercatat di website Elearning  Universitas Esa Unggul

( https://elearning.esaunggul.ac.id ) berupa kegiatan yang berurutan sebagai berikut :

 

1.     Mempelajari materi : Mahasiswa menyimak VIDEO pembelajaran, mempelajari MODUL pembelajaran dan membaca MATERI PENGAYAAN yang tersedia. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari ke 1 atau 2.

2.     Melakukan diskusi : Mahasiswa berdiskusi secara langsung atau sinkron (synchronous) dengan dosen dalam bentuk CHATTING dan/atau secara tidak langsung atau asinkron (un-synchronous) dalam FORUM. Kegiatan ini dilakukan pada hari ke 2 atau 3. Perhatikan Jadwal  chatting atau forum pada tiap-tiap sesi.

3.     Mengikuti evaluasi : Mahasiswa menjawab KUIS dan TUGAS ONLINE yang diberikan pada hari ke 3 atau 4. Lihat tenggat waktu atau due-date masing-masing kuis dan tugas online pada tiap-tiap sesi.

 

 

TOPIK PERKULIAHAN

 

Topik perkuliahan terdiri dari 14 topik dan semuanya menggunakan metode perkuliahan OnLine. Adapun topik-topik perkuliahan terdiri dari :

1.       Strategi Pembelajaran

2.       Hakikat, Makna strategi pembelajaran dan guru dalam pencapaian standar proses

3.       Standar proses pendidikan dan fungsinya

4.       Komponen system pembelajaran dan tujuan pembelajaran

5.       Teori belajara dan prinsip penggunaan strategi pembelajaran

6.       Metode pembelajaran

7.       Media dan prinsip prinsip penggunaan media

8.       Strategi pembelajaran ekspositori

9.       Strategi pembelajaran inkuiri

10.    Strategi pembelajaran berbasis masalah

11.    Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir

12.    Strategi pembelajaran kooperatif

13.    Strategi pembelajaran konstektual dan afektif

14.    OBSERVASI PEMBELAJARAN ONLINE

 

 

BUKU REFERENSI

 

1.     Strategi Pembelajaran

 


PENILAIAN

 

Penilaian kuis dilakukan oleh learning management system (komputer) secara otomatis. Penilaian dan umpan balik tugas online dilakukan oleh dosen sesuai due-date atau paling lambat pada hari ke-7 untuk setiap sesi.

 

Rata-rata nilai kuis akan menjadi 1 (satu) nilai quizonline, sedangkan rata-rata nilai tugas online akan menjadi 1 (satu) nilai tugasonline.

Nilai akhir dan komponen nilai yg digunakan serta bobot nya  ditentukan oleh dosen pengampu, contoh :

1.     UTS               : 30%

2.     UAS              : 30%

3.     quizonline   : 20%

4.     tugasonline : 20%

 

 

 

Jakarta, 19 Juli 2020

 

 

 

 

 

Dosen Pengampu,

 

 

 

 

 

Nama Dosen

Kode Dosen

Nomor HP

Alamat Email

 

 

: Oktian Fajar Nugroho, M.Pd

: 7587

: 087821322619

: oktian.fajar@esaunggul.ac.id

 

 

 


Click Pengantar Perkuliahan OnLine.doc link to download the file.