Pengantar Perkuliahan

logo EU

 

 

 

PENGANTAR PERKULIAHAN

 

 

Assalamu’alaikum warakhmatullaahi wabarakaatuh,

 

Saya mengucapkan “Selamat datang” kepada para mahasiswa, selamat datang dan selamat belajar dalam pembelajaran OnLine Universitas Esa Unggul.

 

 

IDENTITAS MATA KULIAH

 

Nama Mata Kuliah

: Creative Design

Kode Mata Kuliah

: MCM301

Deskripsi mata kuliah

Mata kuliah ini membahas iklan yang lebih kreatif sehingga berhasil mencapai tujuan sebagai mana yang diharapkan secara maksimal.

 

 

 

TUJUAN PERKULIAHAN

 

Setelah selesai pembelajaran diharapkan mahasiswa mampu :

1.         Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian desain sebagai sebuah proses kreatif

2.         Mahasiswa dapat menguraikan berfikir kreatif.

3.         Mahasiswa dapat memahami organisasi khususnya organisasi dalam kreatif desain.

4.         Mahasiswa dapat memahami pekerja kretaif/desainer dalam kreatif desain.

5.         Mahasiswa dapat memahami pengertian/definisi perencanaan media.

6.         Mahasiswa dapat memahami proses kreatif.

7.         Mahasiswa dapat memahami kemampuan visual.

8.         Mahasiswa dapat memahami kreatif pesan.

9.         Mahasiswa dapat memahami strategi pemilihan media.

10.      Mahasiswa dapat memahami faktor penetapan anggaran periklanan.

11.      Mahasiswa dapat memahami ide dalam periklanan.

12.      Mahasiswa dapat memahami pentingnya riset dalam desain

13.      Mahasiswa dapat memahami visual merchandising.

14.      Mahasiswa dapat memahami Mendesain Kemasan.

 

 


METODE PERKULIAHAN

 

Proses pembelajaran mata kuliah menggunakan tipe pembelajaran full online, yaitu pembelajaran yang diselenggarakan dalam jaringan (daring) sebanyak 14 sesi. Semua kegiatan tercatat di website Elearning  Universitas Esa Unggul

( https://elearning.esaunggul.ac.id ) berupa kegiatan yang berurutan sebagai berikut :

 

1.     Mempelajari materi : Mahasiswa menyimak VIDEO pembelajaran, mempelajari MODUL pembelajaran dan membaca MATERI PENGAYAAN yang tersedia. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari ke 1 atau 2.

2.     Melakukan diskusi : Mahasiswa berdiskusi secara langsung atau sinkron (synchronous) dengan dosen dalam bentuk CHATTING dan/atau secara tidak langsung atau asinkron (un-synchronous) dalam FORUM. Kegiatan ini dilakukan pada hari ke 2 atau 3. Perhatikan Jadwal  chatting atau forum pada tiap-tiap sesi.

3.     Mengikuti evaluasi : Mahasiswa menjawab KUIS dan TUGAS ONLINE yang diberikan pada hari ke 3 atau 4. Lihat tenggat waktu atau due-date masing-masing kuis dan tugas online pada tiap-tiap sesi.

 

 

TOPIK PERKULIAHAN

 

Topik perkuliahan terdiri dari 14 topik dan semuanya menggunakan metode perkuliahan OnLine. Adapun topik-topik perkuliahan terdiri dari :

1.       Desain Kreatif ; Sebuah Pengantar

2.       Kreatif Dalam Desain

3.       Organisasi Dalam Kreatif Desain

4.       Desainer

5.       Perencanaan Media Iklan

6.       Proses Kreatif

7.       Bahasa Visual

8.       Kreatif Pesan

9.       Kreatif Bermedia

10.    Kreatif Anggaran

11.    Creative Project 1 (Idea/ Perencanaan)

12.    Creative Project 2 (Research)

13.    Creative Project 3 (Sketching)

14.    Creative Project 4 (Production)

 

 

BUKU REFERENSI

 

1.     Mads Soeegard, 2002, The Basic of User Experience Design, Interaction Design Foundation.

2.     Rama Kertamukti, 2015, Strategi Kreatif dalam Periklanan, Jakarta ; Rajagrafindo Persada.

3.     Landa, Robin., 2006, Graphic Design Solution 3rd Edition, (New York : Thomson Delmar Learning).

 


PENILAIAN

 

Penilaian kuis dilakukan oleh learning management system (komputer) secara otomatis. Penilaian dan umpan balik tugas online dilakukan oleh dosen sesuai due-date atau paling lambat pada hari ke-7 untuk setiap sesi.

 

Rata-rata nilai kuis akan menjadi 1 (satu) nilai quizonline, sedangkan rata-rata nilai tugas online akan menjadi 1 (satu) nilai tugasonline.

Nilai akhir dan komponen nilai yg digunakan serta bobot nya  ditentukan oleh dosen pengampu, contoh :

1.     UTS               : 30%

2.     UAS              : 30%

3.     quizonline   : 20%

4.     tugasonline : 20%

 

 

 

Jakarta, 02 Naret 2020

 

 

 

 

 

Dosen Pengampu,

 

 

ikbal

 

 

Nama Dosen

Kode Dosen

Nomor HP

Alamat Email

 

 

: Ikbal Rachmat

: 5888

: 08561044021

: ikbal.rachmat@esaunggul.ac.id

 

 

 


Click Pengantar Perkuliahan OnLine.doc link to download the file.