Pengantar Perkuliahan
PENGANTAR PERKULIAHAN
Assalamu’alaikum warakhmatullaahi wabarakaatuh,
Saya mengucapkan “Selamat datang” kepada para mahasiswa, selamat datang dan selamat belajar dalam pembelajaran OnLine Universitas Esa Unggul.
IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah |
: Konsep Dasar IPA Kelas Rendah |
Kode Mata Kuliah |
: PSD118 |
Deskripsi mata kuliah |
: Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip dasar IPA secara menyeluruh. Mahasiswa mampu memahami IPA sebagai ilmu dalam kehidupan sehari-hari dan keterkaitannya dengan materi IPA di SD. Secara garis besar, lingkup bahasan pada mata kuliah ini mencakup pengenalan mengenai (1) Gambaran Biologi secara umum, (2) Biologi dan Ruang Lingkupnya, (3) Struktur Sel dan Fungsinya, (4) Pertumbuhan dan Perkembangan, (5) Keanekaragaman Makhluk Hidup (6) Ekosistem dan Tumbuhan Hijau, (7) Besaran & Satuan Pengukuran, (8) Suhu & Kalor, (9) Usaha dan Energi, (10) Bumi dan Karakteristiknya, (11) Kenampakan Permukaan Bumi, (12) Bencana Kebumian, (13) Salingtemas, dan (14) Manusia dan Lingkungan. |
TUJUAN PERKULIAHAN
Setelah selesai pembelajaran diharapkan mahasiswa mampu :
1. Menjelaskan tujuan pembelajaran serta tugas dan penilaian pada mata kuliah KD IPA Kelas Rendah.
2. Menjelaskan tujuan mempelajari Biologi; cabang-cabang ilmu Biologi; ciri-ciri makhluk hidup; struktur organisasi kehidupan; bekerja secara ilmiah; manfaat biologi diaplikasikan di berbagai bidang.
3. Mendeskripsikan secara konsep struktur dan fungsi sel tumbuhan serta hewan.
4. Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup; mendeskripsikan tahapan perkembangan hewan dan manusia.; memahami proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan .
5. Menjelaskan tentang makhluk hidup; mengklasifikasikannya berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki; mendeskripsikan keanekaragaman makhluk hidup; mengetahui pemberian nama ilmiah makhluk hidup dan klasifikasi makhluk hidup.
6. Menjelaskan tentang peran komponen ekosistem dalam aliran energi; mendeskripsikan daur biogeokimia; mampu mendeskripsikan pemanfaatan komponen ekosistem.
7. Menjelaskan Besaran, Satuan dan Pengukurannya, penyelesaian soal-soal yang berhubungan Besaran, satuan dan Pengukuran.
8. Memahami pemahaman dasar mengenai suhu, pengukuran suhu, pemuaian, dan kalor secara komprehensif serta dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran fisika di sekolah dasar dan penyelesaian soal-soal yang berhubungan dengan suhu dan kalor.
9. Menjelaskan tentang mengenai usaha yang ditimbulkan oleh suatu gaya, energi kinetik dan energi potensial, dan kekekalan energi secara komprehensif serta dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran fisika di sekolah dasar, penyelesaian soal-soal yang berhubungan dengan usaha dan energi.
10. Menjelaskan tentang bumi dan karakteristiknya serta perubahannya yang terjadi pada bagian-bagiannya.
11. Melaskan tentang kenampakan permukaan bumi dan bagian-bagiannya.
12. Menjelaskan tentang kenampakan permukaan bumi dan bagian-bagiannya.
13. Menjelaskan tentang pengertian Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat dan hubungannya.
14. Menjelaskan tentang hubungan antara manusia, lingkungan alam serta lingkungan sosial.
METODE PERKULIAHAN
Proses pembelajaran mata kuliah menggunakan tipe pembelajaran full online, yaitu pembelajaran yang diselenggarakan dalam jaringan (daring) sebanyak 14 sesi. Semua kegiatan tercatat di website Elearning Universitas Esa Unggul
( https://elearning.esaunggul.ac.id ) berupa kegiatan yang berurutan sebagai berikut :
1. Mempelajari materi : Mahasiswa menyimak VIDEO pembelajaran, mempelajari MODUL pembelajaran dan membaca MATERI PENGAYAAN yang tersedia. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari ke 1 atau 2.
2. Melakukan diskusi : Mahasiswa berdiskusi secara langsung atau sinkron (synchronous) dengan dosen dalam bentuk CHATTING dan/atau secara tidak langsung atau asinkron (un-synchronous) dalam FORUM. Kegiatan ini dilakukan pada hari ke 2 atau 3. Perhatikan Jadwal chatting atau forum pada tiap-tiap sesi.
3. Mengikuti evaluasi : Mahasiswa menjawab KUIS dan TUGAS ONLINE yang diberikan pada hari ke 3 atau 4. Lihat tenggat waktu atau due-date masing-masing kuis dan tugas online pada tiap-tiap sesi.
TOPIK PERKULIAHAN
Topik perkuliahan terdiri dari 14 topik dan semuanya menggunakan metode perkuliahan OnLine. Adapun topik-topik perkuliahan terdiri dari :
1. Pengantar: Gambaran Umum Konsep Dasar IPA Kelas Rendah
2. Biologi Sebagai Ilmu & Ruang Lingkupnya
3. Struktur Sel dan Fungsinya
4. Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
5. Keanekaragaman Makhluk Hidup
6. Ekosistem & Tumbuhan Hijau
7. Besaran, Satuan Pengukuran
8. Suhu & Kalor
9. Usaha & Energi
10. Bumi dan Karakteristiknya
11. Kenampakan Permukaan Bumi
12. Bencana Kebumian
13. Salingtemas dan Penerapannya
14. Manusia & Lingkungan
BUKU REFERENSI
1. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD. Jakarta : Depdiknas.•
2. Rumanta, M. 2009. Praktikum IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
3. Usman Samatowa,. 2009. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
4. Widodo, A. dkk. 2006. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press
5. Buku Biologi SD, SMP, SMA (yang relevan)
6. ian43.wordpress.com
7. David Halliday & Robert Resnick (Pantur Silaban Ph.D & Drs. Erwin Sucipto). (1989).FISIKA, Erlangga-Jakarta.
8. Hewitt, P.G. (2006). Conceptual Physics. New York: Pearson Addison Wesley
9. Paul A. Tipler (Dr. Bambang Soegijono). (2001). FISIKA, Untuk Sains dan Teknik, Erlangga-Jakarta.
10. Muslim, dkk. (2006). Konsep Dasar Fisika. Bandung: UPI Press.Bobot Penilaian
11. Sutarno, Fisika Dasar untuk Universitas, Yogyakarta, 2012
12. Buku yang Relevan dengan materi.
13. Danielson, Erick W. & Denecke, Edwaadr Jr. Earth Science, New York: Mc Millan, 1986
14. Admiranto, A. Gunawan.. Menjelajahi Bintang, Galaksi, dan Alam Semesta. Yogyakarta: Kanisius. 2009
15. Tjasyono, Ilmu Kebumian dan Antariksa, Jakarta: Rosda, 2013
16. Daryanto,dkk. Pengantar Lingkungan Hidup, Gava Media, Jakarta . 2013
17. Wiyono, Phd., Pengantar Ilmu Lingkungan, Yayasan Obor Indonesia, 2014
18. Manik, K.E.S, Pengelolaan Lingkungan Hidup. Prenadamedia Group. Jakarta. 2016
19. Muh Aris Marfai, Pengantar Etika Lingkungan, UGM, 2015
20. Rumanta, M. dkk. Pendidikan Lingkungan Hidup. 2016. Universitas Terbuka.
21. Zulkifli. A, Dasar-dasar Ilmu Lingkungan. Salemba Teknika. Jakarta. 2014
22. Buku Pelajaran Sekolah SD – SMA yang relevan
PENILAIAN
Penilaian kuis dilakukan oleh learning management system (komputer) secara otomatis. Penilaian dan umpan balik tugas online dilakukan oleh dosen sesuai due-date atau paling lambat pada hari ke-7 untuk setiap sesi.
Rata-rata nilai kuis akan menjadi 1 (satu) nilai quizonline, sedangkan rata-rata nilai tugas online akan menjadi 1 (satu) nilai tugasonline.
Nilai akhir dan komponen nilai yg digunakan serta bobotnya ditentukan oleh dosen pengampu, yakni;
1. UTS : 30%
2. UAS : 35%
3. quizonline : 15%
4. tugasonline : 20%
Jakarta, 11 Februari 2020
Dosen Pengampu,
Nama Dosen Kode Dosen Nomor HP Alamat Email |
: Dr. Harlinda Syofyan, S.Si., M.Pd : 7159 : 0812-8649-6591 : soflyndaharlinda@gmail.com |