Pengantar Perkuliahan

 Logo UEU

 

PENGANTAR PERKULIAHAN


Assalamu’alaikum warakhmatullaahi wabarakaatuh,

 Saya mengucapkan “Selamat datang” kepada para mahasiswa, selamat datang dan selamat belajar dalam pembelajaran OnLine Universitas Esa Unggul.

 IDENTITAS MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah

: Konsep Dasar IPA Kelas Rendah

Kode Mata Kuliah

: PSD118

Deskripsi mata kuliah

: Mata kuliah ini membahas  tentang  konsep dan prinsip dasar IPA secara menyeluruh. Mahasiswa mampu memahami IPA sebagai ilmu dalam kehidupan sehari-hari dan keterkaitannya dengan materi IPA di SD. Secara  garis  besar,  lingkup bahasan pada mata kuliah ini mencakup pengenalan mengenai (1) Gambaran Biologi secara umum, (2) Biologi dan Ruang Lingkupnya, (3) Struktur Sel dan Fungsinya, (4) Pertumbuhan dan Perkembangan, (5) Keanekaragaman Makhluk Hidup (6) Ekosistem dan Tumbuhan Hijau, (7) Besaran & Satuan Pengukuran, (8) Suhu & Kalor, (9) Usaha dan Energi, (10) Bumi dan Karakteristiknya, (11) Kenampakan Permukaan Bumi, (12) Bencana Kebumian, (13) Salingtemas, dan (14) Manusia dan Lingkungan.

TUJUAN PERKULIAHAN

Setelah selesai pembelajaran diharapkan mahasiswa mampu :

1.    Menjelaskan tujuan pembelajaran serta tugas dan penilaian pada  mata kuliah KD IPA Kelas Rendah.

2.    Menjelaskan tujuan mempelajari Biologi; cabang-cabang ilmu Biologi; ciri-ciri makhluk hidup; struktur organisasi kehidupan; bekerja secara ilmiah; manfaat biologi diaplikasikan di berbagai bidang.

3.    Mendeskripsikan secara konsep struktur dan fungsi sel tumbuhan serta hewan.

4.    Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup; mendeskripsikan tahapan perkembangan hewan dan  manusia.; memahami proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan .

5.    Menjelaskan tentang makhluk  hidup; mengklasifikasikannya berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki; mendeskripsikan keanekaragaman makhluk hidup; mengetahui pemberian nama ilmiah makhluk hidup dan klasifikasi makhluk hidup.

6.    Menjelaskan tentang peran komponen ekosistem dalam aliran energi; mendeskripsikan daur biogeokimia; mampu mendeskripsikan pemanfaatan komponen ekosistem.

7.    Menjelaskan Besaran, Satuan dan  Pengukurannya, penyelesaian soal-soal yang berhubungan Besaran, satuan dan Pengukuran.

8.    Memahami pemahaman dasar mengenai suhu, pengukuran suhu, pemuaian, dan kalor secara komprehensif serta dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran fisika di sekolah dasar dan penyelesaian soal-soal yang berhubungan dengan suhu dan kalor.

9.    Menjelaskan tentang mengenai usaha  yang ditimbulkan oleh suatu gaya, energi kinetik dan energi potensial, dan kekekalan energi secara komprehensif serta dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran fisika di sekolah dasar, penyelesaian soal-soal yang berhubungan dengan usaha dan energi.

10.  Menjelaskan tentang  bumi  dan karakteristiknya serta perubahannya  yang terjadi pada bagian-bagiannya.

11.  Melaskan tentang kenampakan permukaan bumi dan bagian-bagiannya.  

12.  Menjelaskan tentang kenampakan permukaan bumi dan bagian-bagiannya.  

13.  Menjelaskan tentang pengertian Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat dan hubungannya.

14.  Menjelaskan tentang hubungan antara manusia, lingkungan alam serta lingkungan sosial.

METODE PERKULIAHAN

Proses pembelajaran mata kuliah menggunakan tipe pembelajaran full online, yaitu pembelajaran yang diselenggarakan dalam jaringan (daring) sebanyak 14 sesi. Semua kegiatan tercatat di website Elearning  Universitas Esa Unggul

( https://elearning.esaunggul.ac.id ) berupa kegiatan yang berurutan sebagai berikut :

1.    Mempelajari materi : Mahasiswa menyimak VIDEO pembelajaran, mempelajari MODUL pembelajaran dan membaca MATERI PENGAYAAN yang tersedia. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari ke 1 atau 2.

2.    Melakukan diskusi : Mahasiswa berdiskusi secara langsung atau sinkron (synchronous) dengan dosen dalam bentuk CHATTING dan/atau secara tidak langsung atau asinkron (un-synchronous) dalam FORUM. Kegiatan ini dilakukan pada hari ke 2 atau 3. Perhatikan Jadwal  chatting atau forum pada tiap-tiap sesi.

3.    Mengikuti evaluasi : Mahasiswa menjawab KUIS dan TUGAS ONLINE yang diberikan pada hari ke 3 atau 4. Lihat tenggat waktu atau due-date masing-masing kuis dan tugas online pada tiap-tiap sesi.

TOPIK PERKULIAHAN

Topik perkuliahan terdiri dari 14 topik dan semuanya menggunakan metode perkuliahan OnLine. Adapun topik-topik perkuliahan terdiri dari :

1.      Pengantar: Gambaran Umum Konsep Dasar IPA Kelas Rendah

2.      Biologi Sebagai Ilmu & Ruang Lingkupnya

3.      Struktur Sel dan Fungsinya

4.      Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

5.      Keanekaragaman Makhluk Hidup

6.      Ekosistem & Tumbuhan Hijau

7.      Besaran, Satuan Pengukuran

8.      Suhu & Kalor

9.      Usaha & Energi

10.    Bumi dan Karakteristiknya

11.    Kenampakan Permukaan Bumi

12.    Bencana Kebumian

13.    Salingtemas dan Penerapannya

14.    Manusia & Lingkungan

 

BUKU REFERENSI

1.    Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD. Jakarta : Depdiknas.•

2.    Rumanta, M. 2009. Praktikum IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

3.    Usman Samatowa,. 2009. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

4.    Widodo, A. dkk. 2006. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press

5.    Buku Biologi SD, SMP, SMA (yang relevan)

6.    ian43.wordpress.com

7.    David Halliday & Robert Resnick (Pantur Silaban Ph.D & Drs. Erwin Sucipto). (1989).FISIKA, Erlangga-Jakarta.

8.    Hewitt, P.G. (2006). Conceptual Physics. New York: Pearson Addison Wesley

9.    Paul A. Tipler (Dr. Bambang Soegijono). (2001). FISIKA, Untuk Sains dan Teknik, Erlangga-Jakarta.

10.  Muslim, dkk. (2006). Konsep Dasar Fisika. Bandung: UPI Press.Bobot Penilaian

11.  Sutarno, Fisika Dasar untuk Universitas, Yogyakarta, 2012

12.  Buku yang Relevan dengan materi.

13.  Danielson, Erick W. & Denecke, Edwaadr Jr. Earth Science, New York: Mc Millan, 1986

14.  Admiranto, A. Gunawan..  Menjelajahi Bintang, Galaksi, dan Alam Semesta. Yogyakarta: Kanisius. 2009

15.  Tjasyono, Ilmu Kebumian dan Antariksa, Jakarta: Rosda, 2013

16.  Daryanto,dkk. Pengantar Lingkungan Hidup, Gava Media, Jakarta . 2013

17.  Wiyono, Phd., Pengantar Ilmu Lingkungan, Yayasan Obor Indonesia, 2014

18.  Manik, K.E.S, Pengelolaan Lingkungan Hidup. Prenadamedia Group. Jakarta. 2016

19.  Muh Aris Marfai, Pengantar Etika Lingkungan, UGM, 2015

20.  Rumanta, M. dkk. Pendidikan Lingkungan Hidup. 2016. Universitas Terbuka.

21.  Zulkifli. A,  Dasar-dasar Ilmu Lingkungan. Salemba Teknika. Jakarta. 2014

22.  Buku Pelajaran Sekolah SD – SMA yang relevan

PENILAIAN

Penilaian kuis dilakukan oleh learning management system (komputer) secara otomatis. Penilaian dan umpan balik tugas online dilakukan oleh dosen sesuai due-date atau paling lambat pada hari ke-7 untuk setiap sesi.

Rata-rata nilai kuis akan menjadi 1 (satu) nilai quizonline, sedangkan rata-rata nilai tugas online akan menjadi 1 (satu) nilai tugasonline.

Nilai akhir dan komponen nilai yg digunakan serta bobotnya ditentukan oleh dosen pengampu, yakni;

1.    UTS               : 30%

2.    UAS              : 35%

3.    quizonline   : 15%

4.    tugasonline : 20%


Jakarta, 11 Februari 2020

 Dosen Pengampu,

Foto OL 2

Nama Dosen

Kode Dosen

Nomor HP

Alamat Email

 : Dr. Harlinda Syofyan, S.Si., M.Pd

: 7159

: 0812-8649-6591

: soflyndaharlinda@gmail.com


Click Pengantar Perkuliahan .doc link to download the file.