MODUL Perkuliahan Sesi 5
Modul perkuliahan sesi 5 berisi tentang kepemimpinan pelanggan eksternal yang
dilakukan dengan melakukanidentifikasi siapa yang menjadi pelanggan dan mengidentifikasi apa yang menjadi harapan
pelanggan.Setelah mengetahui identitas dan harapan pelanggan, maka dapat dapat dilakukan kegiatan-kegiatan yang ditujukanuntuk memenuhi harapan pelanggan tersebut. Kepemimpinan berorientasi pelanggan didilanjutkan dengan menyampaikan hasil pengukuran terhadap keberhasilan pelaksanaan kepemimpinan terhadap pelanggan tersebut kepada pimpinan, kemudian barulah dilakukan
peningkatan kegiatan untuk memenuhi harapan pelanggan dengan konsep plan, do, check and action (PDCA).
Dalam menjalankan kepemimpinan terhadap pelanggan eksternal diperlukan adanya perubahan paradigma dalam pelayanan. Pelayanan yang sesuai standar yang disebut dengan pelayanan prima diubah menjadi pelayananyang berfokus kepada pelanggan. Paradigma lama yang
menyebutkan bahwa kepuasan pelanggan
dilihat dari kaca mata sang pemberi pelayanan harus diubah dengan perspektif baru. Ke[uasan pelanggan dengan paradigma baru adalah kepuasan pelanggan yang dilihat dari sang penerima pelayanan.
Bacalah modul lengkapnya pada file di atas
Click Sesi 05 Spada010 - Kepemimpinan pelanggan eksternal.pdf link to download the file.