MODUL Perkuliahan Sesi 4
Modul perkuliahan sesi 4 berisi topik tentang kepemimpinan pelanggan
internal. Pelanggan adalah seseorang yang terkena dampak produk atau proses,
sedangkan pelanggan internal adalah orang-orang yang menjadi anggota organisasi
seperti bawahan sendiri, teman sejawat, bawahan teman sejawat, atasan langsung
dan atasan-atasan lainnya. Semua pelanggan mempunyai motivasi baik yang bersifat internal ataupun eksternal. Kepemimpinan merupakan motivasi yang bersifat eksternal bagi pelanggan. Kepemimpinan yang efekif adalah kepemimpinan yang dapat diterima oleh bawahan dengan ikhlas. Oleh karena itu, pemimpin harus mampu melakukan penggerakan dengan menggunakan berbagai cara, khususnya enggunakan teori-teori yang mudah seperti teori naluri, teori budaya, teorai daya dorong dan sebagainya.
Seorang pemimpin juga dapat menggerakkan pelanggan internalnya yang tidak lain adalah para bawahannya dengan berbagai teori yang terbukti efektif, diantara adalah teori-teori pemenuhan kebutuhan seperti teori Maslow, teori Herzberg, teori Mc Gregor dan sebagainya. Teori Maslow berpijak dari adanya hirarki kebutuhan bawahan yang dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan para bawahan tersebut. Teori Herzberg menggunakan pendekatan dua faktor yakni faktor kepuasan dan faktor ketidakpuasan. Teori McGregor terdiri dari teori X yang menggunakan pendekatan keras dan teori Y yang menggunakan pendekatan lunak terhadap para bawahan.
Click Sesi 04 Spada010 - Kepemimpinan pelanggan internal.pdf link to download the file.