Studi Kasus Manajemen Kualitas (2)
Total Quality Management (TQM) dan Service Quality dalam
Organisasi Pendidikan Tinggi
Organisasi pendidikan adalah penghasil jasa pendidikan yang diharapkan
masyarakat untuk mewujudkan kualitas sumber daya manusia melalui
sistem dan hasil pendidikan yang berkualitas. Menurut Feigenbaum (1991),
kualitas pendidikan adalah faktor kunci yang tidak nampak, namun terjadi
di berbagai bidang yang ditentukan oleh para pelakunya dalam membuat
keputusan tentang kualitas (Owlia dan Aspinwall, 1996). Kualitas ini sangat
berpengaruh dalam meningkatkan kinerja dan kepuasan pelanggan, dan
dapat dilihat secara kasar dengan meningkatnya jumlah pendaftar, peningkatan kepuasan pelanggan, akuntabilitas yang lebih besar, pelayanan pada
pelanggan yang lebih baik, pengurangan biaya, dan sebagainya. Walaupun
demikian, ada sisi lain yang harus dilihat dalam menentukan kualitas suatu
organisasi pendidikan. Institusi pendidikan tinggi berbeda dengan organisasi bisnis. Pemuasan kebutuhan mahasiswa sebagai pelanggan bukan
merupakan bentuk terpenting dari kesempurnaan organisasi pendidikan,
melainkan kualitas output dan reputasi riset akademiklah yang merupakan
nilai terpenting suatu organisasi pendidikan tinggi.
229.7KB PDF document