Fungsi Matematika dan Limit Fungsi

Fungsi adalah suatu aturan korespondensi satu-satu yang menghubungkan setiap objek x dalam suatu himpunan, yang disebut daerah asal (domain) dengan sebuah nilai tunggal f(x) dari suatu himpunan yang kedua. Himpunan nilai yang diperoleh secara demikian disebut daerah hasil (range).

Berbeda dengan yang sudah dibahaskan pada materi 3, yang membahaskan relasi dan fungsi untuk data diskrit, maka Fungsi Matematika yang dibahaskan pada materi 6 ini, membahas fungsi untuk data kontinue, yang sering digambarkan pada sistem koordinat kartesius

Secara umum untuk memberi nama suatu fungsi digunakan simbol berupa f atau F. Maka f(x) dibaca “fungsi f pada x”. Hal ini menunjukkan nilai yang diberikan oleh fungsi f terhadap nilai x.

Jadi secara umum jika f : A --> B adalah fungsi f dari himpunan A ke himpunan B. A disebut daerah asal dan B disebut daerah hasil.

Daerah asal dan daerah hasil suatu fungsi secara lengkap kita harus didefinisikan, dengan memperhatikan aturan yang bersesuian daerah asal fungsi. Misalnya jika f adalah fungsi dengan aturan f(x) = x + 1,  maka daerah asal alamiah (domain) f(x)  adalah semua bilangan real dan daerah hasil (range) adalah semua bilangan real. f(x) = x + 1, daerah asal alamiahnya semua bilangan real karena untuk setiap x bilangan real f(x)  mempunyai nilai.

Lingkup materi yang dibahaskan pada sesi ini : 
1.     Menggambarkan grafik fungsi.
2.     Daerah definisi dan daerah hasil suatu fungsi.
3.     Daerah definisi operasi dua fungsi atau lebih.
4.     Komposisikan dua fungsi.
5.     Kesamaan fungsi trigonometri.
6.     Limit di tak hingga dan limit tak hingga.
7.     Penyelesaian limit fungsi, limit kiri dan limit kanan.
8.     Kekontinuan fungsi di satu titik.
9.     Kekontinuan fungsi di satu interval

Mengingat luasnya materi ini, maka pada pertemuan ke 7 (tatap muka) juga akan dibahaskan materi ini.  

Modul ini lumayan panjang, disarankan mahasiswa untuk mencetaknya dan membawanya pada pertemuan ke-7 


Click 06_7228_esa143_102018_pdf.pdf link to view the file.