MODUL Perkuliahan Sesi 3 : Tatakelola TI

Tata kelola TI (IT Governance)

Perkembangan Information of Technology (IT)   mengalami kemajuan yang begitu pesat pada saat ini. Kemajuan IT ini menjadikan setiap penggunanya dapat mengakses berbagai data-data dan informasi-informasi yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat. Peningkatan peran IT dalam perusahaan yang terjadi saat ini sebenarnya juga diikuti dengan perubahan proses bisnis perusahaan. Pengembangan strategi bisnis selalu dikaitkan dengan pengembangan  strategi  IT.  Terkadang,  pelaksanaan  strategi  system  informasi  tidaklah berjalan dengan baik.

Konsep Information of Technology (IT) governance adalah cara mengelola penggunaan teknologi informasi di sebuah organisasi. IT Governance menggabungkan good practices dari perencanaan dan pengorganisasian, pembangunan dan pengimplementasian, delivery dan support, serta memonitor kinerja system informasi untuk memastikan kalau informasi dan teknologi yang berhubungan mendukung tujuan dan misi organisasi. Salah satu cara mengetahui hal tersebut adalah dengan melakukan proses audit terhadap sistem tersebut. Audit dilakukan dengan tujuan untuk menetapkan kondisi saat ini, mencari kekurangan - kekurangan dan merekomendasikan perbaikan agar sistem informasi lebih berguna dalam mendukung organisasi. Audit Sistem Informasi dapat dilakukan perusahaan untuk mengevaluasi/audit sistem yang telah ada juka terdapat kekurangan terhadap sistem yang ada.

Pemanfaatan IT dalam dunia industri sudah sangat penting. IT memberi peluang terjadinya transformasi dan peningkatan produktifitas bisnis. Penerapan IT membutuhkan biaya yang cukup besar dengan resiko kegagalan yang tidak kecil, yaitu bila terjadi gangguan pada IT yang dimiliki. Penerapan IT di dalam perusahaan dapat digunakan secara maksimal, untuk itu dibutuhkan pemahaman yang tepat mengenai konsep dasar dari sistem yang berlaku, teknologi yang dimanfaatkan, aplikasi yang digunakan dan pengelolaan serta pengembangan sistem IT yang dilakukan.

943.5KB PDF document Uploaded 17/03/19, 09:21

Click 3_7200_CSE320_032019_doc.pdf link to view the file.