Section
Open allClose all
Instructions: Clicking on the section name will show / hide the section.
- 1
4 March - 10 March
- 2
11 March - 17 March
“Menurut Anda, mengapa perlu memahami mengenai proses perkembangan baik itu perkembangan kognitif maupun bahasa dalam melakukan pengajaran kepada peserta didik?”
- 3
18 March - 24 March
- Modul perkuliahan sesi 3 berisi penjelasan tentang Konteks Sosial & Perkembangan Sosioemosional. Silahkan Anda menyimak penjelasan mengenai hal tersebut untuk dapat memahami materinya.
Materi pengayaan perkuliahan sesi 3 berisi jurnal yang membahas mengenai Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Anda sebaiknya mempelajari jurnal tersebut sebagai pengayaan materi sehingga dapat lebih memahami mengenai peran lingkungan terhadap perkembangan psikososial pada anak, dalam hal ini contohnya yaitu pada anak Prasekolah.
“Menurut Anda, mengapa perlu memahami mengenai perkembangan sosioemosional pada peserta didik?”
- 4
25 March - 31 March
Modul perkuliahan sesi 4 berisi penjelasan tentang Variasi individu, dalam hal ini dari peserta didik, dimulai dengan Inteligensi, termasuk mengenai definisi inteligensi, teori inteligensi majemuk, serta kontroversi dalam inteligensi. Inteligensi hanyalah salah satu dari beberapa topik utama dalam sesi ini. Kita juga akan membahas mengenai Gaya Belajar dan Berpikir yang meliputi gaya impulsif/reflektif dan gaya dalam.permukaan; serta Kepribadian dan Temperamen. Untuk masing-masing topik, tema pentingnya adalah variasi individu siswa dan strategi terbaik bagi guru untuk menggunakan yang berkaitan dengan variasi ini. Silahkan Anda menyimak penjelasan mengenai hal tersebut untuk dapat memahami materinya.
“ Menurut Anda, apa kaitannya antara intelegensi, gaya belajar dan kepribadian dengan program pendidikan yang dilalui oleh peserta didik?”
- 5
1 April - 7 April
Modul perkuliahan sesi 5 berisi penjelasan tentang Anak dengan keterbatasan, yang terdiri dari gangguan belajar, ADHD, Retardasi Mental, Gangguan Fisik, Gangguan Sensoris, Gangguan Bicara dan Bahasa, Gangguan Spektrum Autisme, Gangguan Emosional & Perilaku. Tidak hanya anak dengan keterbatasan, namun juga dibahas mengenai anak berbakat. Strategi-strategi yang dapat dilakukan oleh pendidik terhadap anak-anak tersebut. Silahkan Anda menyimak penjelasannya dalam materi yang telah disajikan.
“Menurut Anda, seberapa pentingnya bagi para pendidik untuk dapat memahami jenis-jenis anak / peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus?”
- 6
8 April - 14 April
Modul perkuliahan sesi 6 berisi penjelasan tentang tentang pengertian belajar serta pendekatan pembelajaran, pendekatan perilaku untuk belajar (klasik dan operant), pengertian analisis perilaku terapan, bagaimana peningkatan / penurunan perilaku baik yang diinginkan maupun yang tidak diinginkan, dan pendekatan kognitif social untuk belajar yaitu berdasarkan teori kognitif social Bandura, belajar observasional serta pendekatan perilaku kognitif dan regulasi diri. Silahkan Anda menyimak penjelasan tentang hal tersebut untuk memahami materinya.
- 7
15 April - 21 April
- 8
22 April - 28 April
- 9
29 April - 5 May
- 10
6 May - 12 May
Modul perkuliahan sesi 8 berisi penjelasan mengenai sifat pendekatan pemrosesan informasi, perhatian, ingatan, keahlian dan metakognisi. Silahkan Anda menyimak penjelasannya pada modul yang dilampirkan.
- 11
13 May - 19 May
Modul perkuliahan sesi 9 berisi mengenai diskusi terkait dengan pemahaman konseptual dan strategi untuk konsep mengajar, penjelasan mengenai beberapa jenis pemikiran dan cara-cara yang diajarkan agar guru dapat mendorong mereka, penjelasan mengenai pendekatan sistematis untuk pemecahan masalah, serta definisi dan penjelasan mengenai bagaimana guru dapat meningkatkan hal tersebut. Silahkan Anda menyimak penjelasannya pada modul yang dilampirkan.
- 12
20 May - 26 May
Modul perkuliahan sesi 10 berisi penjelasan bagaimana melakukan perbandingan pendekatan konstruktivis sosial dengan pendekatan konstruktivis lainnya, menjelaskan bagaimana guru dan rekan sebaya secara bersama dapat mendukung proses belajar anak-anak, mendiskusikan keputusan yang efektif dalam penataan kerja kelompok kecil, dan mendeskripsikan dua program konstruktivis sosial.
- 13
27 May - 2 June
Modul perkuliahan sesi 11 berisi penjelasan mengenai definisi dari motivasi serta perspektif mengenai motivasi, bagaimana proses prestasi, motif social, hubungan social serta konsteks sosiokultural dan kesulitan prestasi
- 14
3 June - 9 June
- 15
10 June - 16 June
- 16
17 June - 23 June
Modul perkuliahan sesi 12 berisi penjelasan tentang mengapa kelas harus dikelola secara efektif, bagaimana merancang lingkungan fisik kelas, menciptakan lingkungan positif untuk belajar, menjadi komunikator yang baik, dan berurusan dengan masalah perilaku. Silahkan Anda menyimak penjelasan tentang hal tersebut dalam materi yang telah disajikan.
- 17
24 June - 30 June
Modul perkuliahan sesi 13 berisi penjelasan tentang Kelas sebagai konteks penilaian, Tes tradisional, Penilaian alternative, dan Pemberian peringkat dan pelaporan kinerja. Silahkan Anda menyimak penjelasan tentang hal tersebut dalam materi yang telah disajikan.
- 18
1 July - 7 July
- 19
8 July - 14 July
- 20
15 July - 21 July