- RPS PRODUKSI MEDIA PR - HMS 306 File 199KB Word document
- cr010 7398 hms306 032019 File 296.9KB Word 2007 document
Perkuliahan Sesi 2 (OnLine)
Modul ini berisikan tentang Pengertian Media PR, jenis-jenis media komunikasi, serta sifat-sifat media.
Media dapat diartikan sebagai sarana yang berupa unit jaringan kerja alat-alat guna kelancaran jalannya suatu proses kegiatan tertentu. Media komunikasi dapat diartikan sebagai unit jaringan kerja alat-alat yang terlibat dalam proses komunikasi. Media Humas (PR Media) adalah segala bentuk media (sarana/saluran/channel) yang digunakan oleh seorang praktisi humas dalam pekerjaannya dengan tujuan mempublikasikan secara luas dengan tujuan agar produk atau jasa yang humas pasarkan lebih dikenal oleh masyarakat.
Forum diskusi dapat berupa contoh dari media dalam kepentingan pekerjaan seorang PR
- contoh dari media public relations dalam kepentingan pekerjaan seorang PR
Praktisi humas harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai media massa karena pemilihan media massa yang tepat akan menentukan keberhasilan penyebaran kepada khalayak sasaran. Namun hal yang pertama kali diketahui adalah memahami jenis media massa dan sifat dari masing-masing media tersebut. Media massa televisi, misalnya, meskipun sama dengan radio dan sebagai media massa elektronik, tetapi mempunyai ciri dan sifat yang berberda, terlebih lagi dengan media massa cetak seperti surat kabar dan majalah. Masing-masing media dalam menyampaikan pesan-pesannya juga mempunyai kekhususan.
Media cetak dapat dibaca kapan saja tetapi untuk televisidan radio hanya dapat dilihat sekilas dan tidak dapat diulang. Supaya menyampaikan informasi baik melalui media cetak, audio dan audiovisual masing-masing memiliki kelebihan tetapi juga kekurangan. Penyebabnya adalah sifat fisik dari masing-masing jenis media.
Ada beberapa media-media pokok yang digunakan dalam kegiatan PR antara lain:•Media Pers (Press, Media ini terdiri dari berbagai macam koran yang beredar di masyarakat secara umum, baik yang berskala regional maupun nasional atau bahkan internasional. Koran-koran dan majalah majalah yang di terbitkan secara umum maupun hanya dalam jumlah terbatas untuk kalangan tertentu. Buku buku petunjuk khusus, buku buku tahunan dan laporan laporan tahunan dari berbagai lembaga yang sengaja di publikasikan untuk umum.- Audio Visual : Media ini terdiri dari slide dan kaset video, atau bisa juga film-film dokumenter.
- Radio : Kategori ini meliputi semua jenis radio, mulai dari yang berskala lokal, nasional hingga internasional baik yang dipancarkan secara luas maupun yang dikemas secara khusus seperti yang dilakukan oleh radio EM Communication(dulu namanya UMS), Humas siaran luar negeri BBC, Dan COI (Central Office Of Informations), dan sebagainya.
- Televisi : Sama halnya dengan radio, televisi yang sering digolongkan sebagai media humas tidak hanya televisi nasional atau regional tapi juga televisi internasional (Via COI), Termasuk pula sistem-sistem teletex seperti Prestel, Oracle, Dan Ceefax, Yakni suatu perangkat yang memungkinkan pemakainya memperoleh informasi-informasi yang dibutuhkan melalui siaran televisi terbatas.
- Bahan-bahan Cetakan (Printed Material) : Yakni Berbagai macam bahan cetakan yang bersifat mendidik, informatif, dan menghibur yang disebarkan dalam berbagai bentuk guna mencapai tujuan Humas tertentu.
- Media Online/PR on the net. Contoh adalah Website perusahaan, Media Online resmi perusahaan, blog perusahaan