Mata kuliah
Kode mata kuliah
Seksi
Kode dosen
Nama dosen
Nomor HP
Email DosenSTRUKTUR DATA
CCS 120
KH201
7228
IR. NIXON ERZED MT
08161496461
nixon@esaunggul.ac.idMateri pembelajaran
01 TM
Sosialisasi Course Outline dan SAP, Ruang Lingkup Struktur Data
02 OL
Type Data Abstrak
03 OL
Type Array dan Struct (Record)
04 OL
Metode Pencarian
05 OL
Algoritma Pengurutan Dasar
06 OL
Rekursivity dan algoritma pengurutan lanjut
07 TM
Senarai berantai/berkait
08 UTS
Ujian Tengan Semester (UTS)
09 OL
Struktur data Array pada STACK dan QUEUE
10 OL
Struktur data Senarai Berantai pada STACK dan QUEUE
11 OL
Struktur data double list untuk Tree
12 OL
Struktur data array untuk Tree
13 OL
Breadth First Traversal dengan Adjency list dan Matriks
14 OL
Deepth First Traversal
15 TM
Review materi Array, struct dan listPenggunakan struktur data linier dan non linier
16 UAS
Ujian Akhir Semester (UAS)
Detil Materi pembelajaran
Topik 01 TM
Sosialisasi Course Outline dan SAP
Ruang Lingkup Struktur DataTopik 02 OL
Type Data Abstrak
Topik 03 OL
Type Array dan Struct (Record)
a. Deklarasi variabael array
b. Deklarasi function
c. Deklarasi Array of functionTopik 04 OL
Metode Pencarian
a. Liniear searching
b. Binary searchingTopik 05 OL
Algoritma Pengurutan :
a. Bubble sort
b. Exchange sort / Selection Sort
c. Insert sortTopik 06 OL
Rekursivity dan algoritma pengurutan lanjut:
a. Rekursivity
b. Quick sortTopik 07 TM
Senarai berantai/berkait
a. Type Pointer
b. Struct dengan pointer
c. Senarai berantai LinearTopik 08 UTS
Ujian Tengan Semester (UTS)
Topik 09 OL
Struktur data Array pada STACK dan QUEUE
Topik 10 OL
Struktur data Senarai Berantai pada STACK dan QUEUE
Topik 11 OL
Struktur data double list untuk Tree
Topik 12 OL
Struktur data array untuk Tree
Topik 13 OL
Breadth First Traversal dengan Adjency list dan Matriks
Topik 14 OL
Deepth First Traversal
Topik 15 TM
Review materi Array, struct dan listPenggunakan struktur data linier dan non linier
Topik 16 UAS
Ujian Akhir Semester (UAS)
Sumber belajar
- Algoritma
dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal, C, dan C++, Rinaldi Munir 2016
- Struktur
Data, Bambang Hariyanto, Infromatika, Bandung, 2003
- Algoritma
dan Struktur Data 1 & 2 , Moh. Syukani, Mitra Wacana Media, 2012
- Fundamental of Data Structure, Ellis
Horowitz, Pitman International Text, 1978
Penilaian
Kehadiran
Tugas dan Kuis
Praktikum
UTS
UAS= 0%
= 30 %
= 20%
= 20 %
= 30 %- Algoritma
dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal, C, dan C++, Rinaldi Munir 2016
Section
Open allClose all
- 1
3 September - 9 September
- Toggle - 2
10 September - 16 September
- ToggleTujuan :
- Mahasiswa memahami pengertian dan posisi struktur data
dalam pemrograman
- Mahasiswa mengenal dan memahami tipe data dan urgensi representasi data
dalam pemrograman
- Mahasiswa memahami representasi data dan dapat
mendeklarasikan struktur data secara lengkap
Materi:
- Pemrograman
Komputer
- Input output
- Logika proses dan
algoritma
- Data dan deklarasi
struktur data
- Penyelesaian
masalah dengan computer
- Konstanta dan variabel
- Definisi Formal Struktur Data
- Pembuatan
Struktur Data
- Spesifikasi
Non Formal
- Pengertian
Deklarasi
- Deklarasi
Type dan Function
- Deklarasi Struktur Data
- Mahasiswa memahami pengertian dan posisi struktur data
dalam pemrograman
Forum dibuka dari sekarang sampai Jumat malam 23.00
- 3
17 September - 23 September
- ToggleArray adalah suatu type data terstruktur yang terdapat dalam memori yang terdiri dari sejumlah elemen (tempat) yang mempunyai type data yang sama dan merupakan gabungan dari beberapa variabel sejenis serta memiliki jumlah komponen yang banyaknya tetap.
Dalam merepresentasikan sebuah objek data/masalah, kadangkala membutuhkan sekumpulan item data yang berbeda
Misalnya objek manusia, dalam persoalan data alamat
Minimal diperlukan 2 item data berbeda, yaitu Nama, Alamat
Dibutuhkan sebuah cara untuk merepresentasikannya dalam program, yaitu dengan struktur record
- 4
24 September - 30 September
- TogglePencarian (searhing) merupakan proses yang sangat penting dalam pengolahan data. Proses pencarian dasar adalah menemukan nilai(data) tertentu didalam sekumpulan data yang bertipe sama. Himpunan data-data bertype sama tersebut dikenal sebagai ruang pencarian. Secara fisik ruang pencarian sederhana memanfaatkan array. Pencarian data sering juga disebut table look-up atau storage and retrieval information adalah suatu proses untuk mengumpulkan sejumlah informasi di dalam pengingat komputer dan kemudian mencari kembali informasi yang diperlukan secepat mungkin.
- 5
1 October - 7 October
- Toggle- Proses pengurutan banyak ditemukan dalam komputer. Hal itu karena data yang sudah urut akan lebih cepat untuk dicari. Untuk membentuk data yang tidak urut menjadi data yang urut, terdapat berbagi algoritma yang bisa digunakan. Beberapa algoritma akan dijelaskan pada sesi ini. Perlu diketahui bahwa pengurutan sendiri dapat dilakukan terhadap data yang secara keseluruhan diletakkan dalam memori ataupun terhadap data yang tersimpan pada pengingat eksternal. Pada bab ini pengurutan pada katagori pertama saja yang akan dibahas. Di dalam pengurutan data terdapat istilah ascending dan descending. Pengurutan dengan dasar dari nilai yang kecil menuju ke nilai yang besar disebut ascending (urut naik), sedangkan yang disusun atas dasar dari nilai besar ke kecil disebut descending (urut turun).
Ada banyak cara pengurutan data, diantaranya yang popular:
• Metode Bubble Sort
• Metode Pengurutan Seleksi
• Pengurutan dengan Penyisipan
• Exchange Sort
• Pengurutan dengan Penyisipan Biner
• Metode Quick Sort
Pada sesi ini akan dibahaskan 3 algortitma yang pertama Untuk persoalan yang kompleks silahkan tanyakan di forum ya.. jangan di room chat
- 6
8 October - 14 October
- ToggleDalam penerapan pemanggilan prosedur atau fungsi secara berulang, terdapat dua pendekatan yaitu :
- Teknik Iteratif
- Teknik Rekursif.Fungsi recursive adalah suatu fungsi yang memanggil dirinya sendiri. Pada beberapa persoalan, fungsi rekursif sangat berguna karena mempermudah solusi. Namun demikian, fungsi rekursif juga memiliki kelemahan, yakni memungkinkan terjadinya overflow pada stack, yang berarti stack tidak lagi mampu menangani permintaan pemanggilan fungsi karena kehabisan memori stack adalah area memori yang dipakai untuk variable lokal untuk mengalokasikan memori ketika suatu fungsi dipanggil. Oleh karena itu, jika bisa diselesaikan dengan metode iteratif, gunakanlah metode iteratif.
Dan mesti diingat, tidak semua bahasa pemrograman mengadapatasi rekursivitasAlgoritma pengurutan QUICK SORT adalah algoritma yang menerapkan pemanggilan rekursif secara masif.
- 7
15 October - 21 October
- Toggle - 8
22 October - 28 October
- Toggle - 9
29 October - 4 November
- Toggle - 10
5 November - 11 November
- ToggleArray adalah suatu type data terstruktur yang terdapat dalam memori yang terdiri dari sejumlah elemen (tempat) yang mempunyai type data yang sama dan merupakan gabungan dari beberapa variabel sejenis serta memiliki jumlah komponen yang banyaknya tetap.
Stack merupakan struktur data yang mengikuti pola tumpukan dari benda. Konsep utamanya adalah LIFO (Last In First Out). Benda terakhir yang masuk kedalam tum-pukan akan menjadi benda pertama yang akan dikeluarkan dari tumpukan.
Queue jika diartikan secara harafiah berarti antrian. Konsep utamanya adalah FIFO atau FIFS ( First In First Out atau First In First Serve ). Artinya elemen yang datang terlebih dulu akan dilayani lebih dulu.
Implemntasi Stack atau Queue yang paling populer adaah menggunakan Array, pada sesi online ini akan diuraikan struktur data array pada stack dan Queue
- 11
12 November - 18 November
- ToggleSelain implmentasi stack dan queue dengan array, seperti sudah dibahas pada bagian sebelumnya, stack dan queue dapat juga diimplementasikan dengan linked list. Keunggulannya dibandingkan array adalah dalam hal alokasi memory yang bersifat dinamis. Misalnya jika sebuah stack dialokasikan 200 elemen, sedangkan ketika dipakai oleh porogram, umumnya hanya diisi 50 elemen, sehingga terjadi pemborosan memory untuk sisa yang 150 elemen lagi. Pada kasus lain ketika dibuat alokasi yang sedikit (misalnya 7 elemen saja), ketika pada suatu saat ternyata proses memerlukan jumlah yang lebih besar dari itu, maka mengakibatkan proses terhenti.
Dengan linked list, maka stack dan queue yang diimlementasikan tidak mengenal istilah full.
- 12
19 November - 25 November
- TogglePohon adalah sebuah geraf (tidak berarah) terhubung yang tidak memiliki sirkuit. Dimana geraf G = (v,e) didefinisikan sebagai: himpunan objek yang disebut simpul (vertex) dan himpunan lain yang disebut sisi (edge), dimana sisi merepresentasikan hubungan antar objek.
Dikaitkan dengan implementasi pohon pada berbagai aplikasi, simpul merupakan elemen pohon yang mewakili item informasi, dan sisi merepresentasikan hubungan antara simpul-simpul atau kaitan antara item-item informasi tersebut.
Pada sesi perkuliahan ini, materi yang akan dibahas meliputi :- Pohon sebagai sebuah Graf
- Pengertian Pohon
- Jenis-jenis Pohon
- Penelusuran (Traversal) Pohon
- Pohon Biner
- Traverse BTree
- Operasi-operasi pada BTree
- Representasi Pohon dengan Linked List
- 13
26 November - 2 December
- TogglePenggunaan array untuk merepresentasikan struktur pohon, merupakan pilihan lain selain linked list. Struktur array bersifat statis, sehingga ukuran array yang dideklarasikan harus sudah memperhitungkan kebutuhan maksimum ruang data dalam beroperasinya atau dieksekusinya program.
Representasi pohon dengan array, berupa tabel dengan struktur/record bentukan:
- elemen
dari record : field untuk data, field-field pointer anak
- isi dari field pointer : nomor record (index array) data anak
- elemen
dari record : field untuk data, field-field pointer anak
- 14
3 December - 9 December
- Toggle- Untuk mengunjungi setiap simpul pohon, selalu dimulai dari Root. Terdapat dua teknik penelusuran (traversal), yaitu :
1. Breadth First Traversal ( BFT )Penelusuran dimulai dari Root, selanjutnya anak paling kiri pada level 1 dan dilakukan secara horizontal, dan dilanjutkan ke level berikutnya.2. Depth First Traversal ( DFT )Penelusuran dimulai dari Root, selanjutnya anak paling kiri pada level 1, dan dilanjutkan hingga anak paling kiri terjauh. Jika ditemukan anak paling jauh pada cabang paling, lanjutkan pada siblingnya.
- 15
10 December - 16 December
- TogglePenelusuran Pohon (traversal)
Untuk mengunjungi setiap simpul pohon, selalu dimulai dari Root. Terdapat dua teknik penelusuran (traversal), yaitu :
1. Breadth First Traversal ( BFT )
Penelusuran dimulai dari Root, selanjutnya anak paling kiri pada level 1 dan dilakukan secara horizontal, dan dilanjutkan ke level berikutnya.
2. Depth First Traversal ( DFT )
Penelusuran dimulai dari Root, selanjutnya anak paling kiri pada level 1, dan dilanjutkan hingga anak paling kiri terjauh. Jika ditemukan anak paling jauh pada cabang paling, lanjutkan pada siblingnya.
Silahkan unduh modul terlampir dan pelajari dengan detil
- 16
17 December - 23 December
- Toggle - 17
24 December - 30 December
- Toggle - 18
31 December - 6 January
- Toggle - 19
7 January - 13 January
- Toggle - 20
14 January - 20 January
- Toggle