Section
Open allClose all
- 1
3 September - 9 September
- Toggle - 2
10 September - 16 September
- ToggleSelamat berjumpa dan bergabung kembali dalam komunitas pembelajaran pada mata kuliah kepemimpinan pendidikan. Para mahasiswa diharapkan untuk membaca dan memahami dengan baik modul perkuliahan sesi 2 mengenai Konsep dasar kepemimpinan.
Modul ini terdiri dari 7 materi esensial... mari dipahami dengan baik. Selamat belajar.
Setelah melakukan kajian pada jurnal pengayaan The Influence of Primary School Principals´ Leadership Styles on Innovative Practices, maka pengalaman pembelajaran dapat dilanjutkan dengan diskusi pada forum, dengan inti diskusi:
Apa gaya kepemimpinan yang diterapkan sehingga berdampak pada penerapan inovasi?
- 3
17 September - 23 September
- Toggle- Selamat berjumpa dan bergabung kembali pada sesi perkuliahan ke 3 pada mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan.
Pada pertemuan ke 1 dan ke 2 yang lalu kita telah memiliki pengalaman belajar mengenai pengantar pendidikan dan konsep dasar kepemimpinan. Maka pada pertemuan ke 3 ini kita akan membimbing kita menuju pengalaman belajar mengenai materi sesi 3: Basis Kepemimpinan Pendidikan.
Materi esensial sesi 3 Basis Kepemimpinan Pendidikan ini akan berisi mengenai:- Paradigma SuperVision dan
Sekolah Sukses.
- Persyaratan Kepemimpinan
pendidikan: basis pengetahuan, keterampilan interpersonal. dan keterampilan teknis.
- Fungsi SuperVison sebagai
pengembangan,
- Tugas teknis: bantuan langsung,
pengembangan kelompok, pengembangan profesional, pengembangan kurikulum dan
penelitian tindakan.
- Tugas budaya: memfasilitasi
perubahan, menambah keberagaman, dan membangun komunitas.
- Integrasi: tujuan sekolah/komunitas
dan tujuan individu
- Outcome Peningkatan pembelajaran siswa.
Semua pengalaman belajar ini akan dapat kita miliki bila kita mempelajari modul sesi 3 ini dengan sunggh-sungguh!
- Paradigma SuperVision dan
Sekolah Sukses.
Setelah melakukan kajian pada film pendek Educational Supervison , maka pengalaman pembelajaran dapat dilanjutkan dengan diskusi pada forum, dengan inti diskusi:
Apa esensi dari konsep educational supervision?
- 4
24 September - 30 September
- ToggleKita kembali bergabung dalam perkuliahan online sesi ke 4 dengan topik:
KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN BERBASIS PILAR PENGETAHUAN (BAGIAN 1)
yang terdiri dari sub materi:
- Tinjauan norma, mengapa sekolah harus seperti demikian
2. Apa yang sekolah harus lakukan, menempati suatu ruang perbedaan
- Tinjauan norma, mengapa sekolah harus seperti demikian
Setelah melakukan kajian pada tugas pengayaan Make A Difference (The Teddy Stallard Story), maka masuk dan bergabunglah dalam forum diskusi dan submit respon anda untuk:
Ø Apa isi pesan perubahan yang disampaikan dalam Make A Difference ((The Teddy Stallard Story)?
Selamat sharing gagasan dan pendapat dalam forum.
- 5
1 October - 7 October
- ToggleMari kita fokuskan diri kita dan bersemangat kembali untuk menikmati pengalaman belajar dari mata kuliah kepemimpinan pendidikan pada sesi 5 dengan topik Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Pialr Pengetahuan (bagian 2) ini.
Pelajari baik-baik modul sesi ke 5 ini, yang mengurai tentang:
- Karakteristik orang dewasa sebagai pembelajar.
- Prosedur pembelajaran orang dewasa
- Prinsip pembelajaran orang dewasa
- Kondisi keberhasilan pembelajaran orang dewasa
- Prinsip implementasi pembelajaran orang dewasa.
Pemahaman mengenai konsep tersebut dapat kita miliki melalui modul berikut ini. Oleh karena itu pelajari dan pahami modul ini.
Selamat berpengalaman belajar!
- Karakteristik orang dewasa sebagai pembelajar.
Setelah melakukan kajian pada tugas pengayaan
maka masuk dan bergabunglah dalam forum diskusi dan submit respon anda untuk:
Ø Apa strategi pembelajaran yang menjadi pembahasan dalam Strategi Pembelajaran Andragogi dari Yusnimar Yusri pada :
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/al-fikra/article/view/3861/2400
- 6
8 October - 14 October
- ToggleSelamat bergabung dalam mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan dengan topik materi : Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Keterampilan Interpersonal Skills.
Bagaimana kesiapan anda? Mari kita pahami dengan konsentrasi dan motivasi yang tinggi!
Setelah melakukan kajian pada jurnal pengayaan “Kontribusi komunikasi interpersonal kepala sekolah, budaya organisasi dan etos kerja terhadap motivasi kerja guru”, maka pengalaman pembelajaran dapat dilanjutkan dengan diskusi pada forum, dengan inti diskusi:
Apa indikator penting komunikasi interpersonal?”
- 7
15 October - 21 October
- TogglePertemuan ke 7
- 8
22 October - 28 October
- Toggle - 9
29 October - 4 November
- Toggle - 10
5 November - 11 November
- ToggleSimaklah baik-baik modul sesi 8 ini hingga anda memahaminya dengan baik.
Waktu anda berlangsung selama 5 hari pertama,, gunakan dengan manajemen waktu yang baik karena masih terdapat serangkaian pengalaman belajar yang anda wajib lakukan setelah membaca dan memahami modul ini.
Selamat belajar !
Setelah anda membaca jurnal:
“Pengaruh keterampilan teknis, keterampilan sosial, keterampilan konseptual, dan keterampilan manajerial terhadap kinerja kepala sekolah dasar negeri di wilayah jakarta pusat”oleh: Sopan Adrianto pada Jurnal Manajemen Pendidikan dari DOI: https://doi.org/10.21009/jmp.02109 pada kegiatan pengayaan sebelumnya, maka
Diskusikan dan berikan pandangannya mengenai:
- Apa konsep operasional dari keterampilan teknis menurut jurnal tersebut?
- Apa indikator-indikatornya?
- Apa pengaruh dari keterampilan teknis terhadap kinerja kepala sekolah!
Submitlah pendapat anda mengenai ketiga pertanyaan diskusi tersebut dengan menggunakan pokok-pokok ide (kunci)!
- 11
12 November - 18 November
- ToggleMari kita pelajari baik-baik modul berikut ini. Mahasiswa memiliki waktu yang cukup leluasa untuk membaca dan memahami modul ini. Jadi bacalah dan simaklah dengan baik-baik.
Selamat Belajar!
Setelah melakukan kajian pada jurnal pengayaan “Keterampilan Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Guru SD Negeri 067242 Medan Sungai”. Oleh R. Dewi
Berilah tanggapan mengapa Penelitian Tindakan Kelas menjadi Basis Kepemimpinan Pendidikan, termasuk Kepemimpinan Pendidikan Guru.
- 12
19 November - 25 November
- ToggleMari kita mempelajari bagian dari bagian materi esensial pada modul sesi 10 mengenai Pengembangan Supervisor sebagai Tugas Teknis.
Pelajari dengan sungguh-sungguh. Selamat Belajar!
Setelah melakukan kajian pada jurnal pengayaan Pengaruh Implementasi Supervisi klinis Terhadap Etos Kerja dan Keterampilan mengelola pembelajaran pada para Guru sd se-kecamatan buleleng, Oleh: Ketut sukarma, nyoman dantes, made sutama.
Maka : diskusikanlah dalam FORUM dengan esensi kajian: apa bentuk tugas teknis yang dipaparkan dalam jurnal tersebut sebagai bentuk bantuan langsung kepada guru?
- 13
26 November - 2 December
- ToggleMari kita pelajari dengan baik modul sesi 11 Supervisor sebagai Pengembangan Tugas Budaya.
Selamat Belajar!
Setelah melakukan kajian pada jurnal pengayaan Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru, oleh : Sri Setiyati.
Maka diskusikanlah:
- Bagaimana manifestasi budaya sekolah yang
dideskripsikan dalam jurnal tersebut?
- Bagaimana tingkat kontribusi budaya
sekolah terhadap kinerja guru secara parsial?
Selamat berdiskusi dalam FORUM !
- Bagaimana manifestasi budaya sekolah yang
dideskripsikan dalam jurnal tersebut?
- 14
3 December - 9 December
- ToggleMari kita mempelajari modul sesi 12 ini dengan baik dan seksama.
Selamat Belajar!
Setelah melakukan kajian pada jurnal pengayaan Membangun Komitmen Organisasional untuk Meningkatkan Kinerja dan Daya Saing Organisasi oleh Amin Wahyudi
.
Maka diskusikanlah :
Bagaimana wujud identitas pengintegrasian tujuan individu dan kelompok/organisasi yang dimaksudkan dalam artikel jurnal tersebut?
- 15
10 December - 16 December
- ToggleMari simak baik-baik modul sesi 13 ini dan fokuskan untuk pengembangan gaya kepemimpinan pendidikan anda.
Selamat belajar!
Mari simak baik-baik modul sesi 13 ini dan fokuskan untuk pengembangan gaya kepemimpinan pendidikan anda.
Selamat belajar!
- 16
17 December - 23 December
- ToggleMari kita review pembelajaran kita dalam perkuliahan Kepemimpinan Pendidikan.
- 17
24 December - 30 December
- Toggle - 18
31 December - 6 January
- Toggle - 19
7 January - 13 January
- Toggle - 20
14 January - 20 January
- Toggle