- ssalamu'alaykum wa rahmatullaah wa baarokatuh
Saya mengucapkan “Selamat Datang” kepada para mahasiswa, selamat datang dalam pembelajaran online mata kuliah Pendidikan Gizi. Mata kuliah ini dapat diikuti oleh mahasiswa program studi Gizi dimana pun anda berada.
Mata kuliah merupakan bekal bagi calon sarjana Gizi untuk melakukan inovasi-inovasi Pendidikan gizi bekerja sama dengan berbagai bidang lainnya diluar bidang gizi.
IDENTITAS DOSEN
Nama Dosen : Nadiyah, S.Gz, M.Si, CSRS
Kode Dosen : 7085
Nomor HP : 0813 8996 4514
Alamat Email : nadiyah.ipb@gmail.com
PENILAIAN
Penilaian kuis dilakukan oleh learning management system (komputer), sedangkan penilaian dan umpan balik tugas online dilakukan oleh dosen sesuai due-date, maka para mahasiswa diharapkan memperhatikan deadline yang diberikan.
Rata-rata nilai kuis akan menjadi sebuah nilai tugas-kuis, sedangkan rata-rata nilai tugas online akan menjadi nilai tugas-online. Adapun nilai akhir diperoleh dari komponen-komponen sebagai berikut :
1. UTS : 30 %
2. UAS : 30%
3. Tugas-kuis : 10%
4. Tugas-online : 20%
5. Absensi: 10%
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Pendidikan Gizi merupakan mata kuliah yang mengajarkan mahasiswa bagaimana cara memberikan edukasi gizi kepada individu atau masyarakat serta bagaimana membuat program gizi. Pendidikan gizi adalah kombinasi strategi untuk memfasilitasi dalam pemilihan makanan dan zat gizi yang berhubungan dengan perilaku terhadap kesehatan dan kesejahteraan. Fokus utama pendidikan gizi adalah meningkatkan kesehatan dan memberikan solusi.
TUJUAN PERKULIAHAN
Setelah selesai pembelajaran diharapkan mahasiswa mampu :
1. Menjelaskan definisi pendidikan gizi
2. Menjelaskan ruang lingkup dan pentingnya pendidikan gizi
3. Mahasiswa mampu menguraikan tugas dan tanggung jawab pendidik gizi dalam meningkatkan derajat kesehatan perorangan, masyarakan dan kelompok lainnya.
4. Menjelaskan determinan pemilihan makanan
5. Menjelaskan Prinsip dan Proses Belajar pada pendidikan gizi
6. Membahas perilaku makan dan pendidikan gizi
7. Menjelaskan konsep the Health Belief Model
8. Menjelaskan Learning outcome pendidikan gizi
9. Menjelaskan efektivitas pendidikan gizi
10. Menjelaskan metode pengukuran pendidikan gizi
11. Menjelaskan metode pengukuran perilaku gizi
12. Menjelaskan evaluasi pendidikan gizi
Demikian saya sampaikan, perlu ditekankan sekalipun MK ini bersifat online, mohon keseriusannya dalam mengikuti materi, menyimak video dan mengerjakan kuis dan tugas. Jangan sia-siakan kemudahan dari perkuliahan online dengan tidak mengerjakan kuis ataupun tugas dan bahkan tidak membaca materi, anda akan menyesal karena tidak banyak bantuan yang bisa diharapkan untuk diberikan oleh dosen demi kelulusan anda di kelas ini.
Terima kasih dan salam semangat serta sukses mengikuti kelas ini
Factors Influencing Nutritional Well-being and The Role of Nutrition Education