PENGANTAR PERKULIAHAN
Assalamu’alaikum warakhmatullaahi wabarakaatuh,
Saya mengucapkan “Selamat datang” kepada para mahasiswa, selamat datang dan selamat belajar dalam pembelajaran OnLine Universitas Esa Unggul.
IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah
: Creative Design
Kode Mata Kuliah
: MCM301
Deskripsi mata kuliah
: Mata kuliah ini membahas iklan yang lebih kreatif sehingga berhasil mencapai tujuan sebagai mana yang diharapkan secara maksimal.
TUJUAN PERKULIAHAN
Setelah selesai pembelajaran diharapkan mahasiswa mampu :
1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian desain sebagai sebuah proses kreatif
2. Mahasiswa dapat menguraikan berfikir kreatif.
3. Mahasiswa dapat memahami organisasi khususnya organisasi dalam kreatif desain.
4. Mahasiswa dapat memahami pekerja kretaif/desainer dalam kreatif desain.
5. Mahasiswa dapat memahami pengertian/definisi perencanaan media.
6. Mahasiswa dapat memahami proses kreatif.
7. Mahasiswa dapat memahami kemampuan visual.
8. Mahasiswa dapat memahami kreatif pesan.
9. Mahasiswa dapat memahami strategi pemilihan media.
10. Mahasiswa dapat memahami faktor penetapan anggaran periklanan.
11. Mahasiswa dapat memahami ide dalam periklanan.
12. Mahasiswa dapat memahami pentingnya riset dalam desain
13. Mahasiswa dapat memahami visual merchandising.
14. Mahasiswa dapat memahami Mendesain Kemasan.
METODE PERKULIAHAN
Proses pembelajaran mata kuliah menggunakan tipe pembelajaran full online, yaitu pembelajaran yang diselenggarakan dalam jaringan (daring) sebanyak 14 sesi. Semua kegiatan tercatat di website Elearning Universitas Esa Unggul
( https://elearning.esaunggul.ac.id ) berupa kegiatan yang berurutan sebagai berikut :
1. Mempelajari materi : Mahasiswa menyimak VIDEO pembelajaran, mempelajari MODUL pembelajaran dan membaca MATERI PENGAYAAN yang tersedia. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari ke 1 atau 2.
2. Melakukan diskusi : Mahasiswa berdiskusi secara langsung atau sinkron (synchronous) dengan dosen dalam bentuk CHATTING dan/atau secara tidak langsung atau asinkron (un-synchronous) dalam FORUM. Kegiatan ini dilakukan pada hari ke 2 atau 3. Perhatikan Jadwal chatting atau forum pada tiap-tiap sesi.
3. Mengikuti evaluasi : Mahasiswa menjawab KUIS dan TUGAS ONLINE yang diberikan pada hari ke 3 atau 4. Lihat tenggat waktu atau due-date masing-masing kuis dan tugas online pada tiap-tiap sesi.
TOPIK PERKULIAHAN
Topik perkuliahan terdiri dari 14 topik dan semuanya menggunakan metode perkuliahan OnLine. Adapun topik-topik perkuliahan terdiri dari :
1. Desain Kreatif ; Sebuah Pengantar
2. Kreatif Dalam Desain
3. Organisasi Dalam Kreatif Desain
4. Desainer
5. Perencanaan Media Iklan
6. Proses Kreatif
7. Bahasa Visual
8. Kreatif Pesan
9. Kreatif Bermedia
10. Kreatif Anggaran
11. Creative Project 1 (Idea/ Perencanaan)
12. Creative Project 2 (Research)
13. Creative Project 3 (Sketching)
14. Creative Project 4 (Production)
BUKU REFERENSI
1. Mads Soeegard, 2002, The Basic of User Experience Design, Interaction Design Foundation.
2. Rama Kertamukti, 2015, Strategi Kreatif dalam Periklanan, Jakarta ; Rajagrafindo Persada.
3. Landa, Robin., 2006, Graphic Design Solution 3rd Edition, (New York : Thomson Delmar Learning).
PENILAIAN
Penilaian kuis dilakukan oleh learning management system (komputer) secara otomatis. Penilaian dan umpan balik tugas online dilakukan oleh dosen sesuai due-date atau paling lambat pada hari ke-7 untuk setiap sesi.
Rata-rata nilai kuis akan menjadi 1 (satu) nilai quizonline, sedangkan rata-rata nilai tugas online akan menjadi 1 (satu) nilai tugasonline.
Nilai akhir dan komponen nilai yg digunakan serta bobot nya ditentukan oleh dosen pengampu, contoh :
1. UTS : 30%
2. UAS : 30%
3. quizonline : 20%
4. tugasonline : 20%
Jakarta, 02 Naret 2020
Dosen Pengampu,
Nama Dosen
Kode Dosen
Nomor HP
Alamat Email
: Ikbal Rachmat
: 5888
: 08561044021
: ikbal.rachmat@esaunggul.ac.id
JADWAL PERKULIAHAN ON-LINE
SEMESTER GENAP 2019/2020
Bulan
Tanggal
Minggu
Sesi
Aktivitas
Topik
Maret
02 - 08
1
1
OL(1)
Desain Kreatif ; Sebuah Pengantar
09 - 15
2
2
OL(2)
Kreatif Dalam Desain
16 - 22
3
3
OL(3)
Organisasi Dalam Kreatif Desain
23 - 29
4
4
OL(4)
Desainer
30 – 05
5
5
OL(5)
Perencanaan Media Iklan
April
06 – 12
6
6
OL(6)
Proses Kreatif
13 – 19
7
7
OL(7)
Bahasa Visual
20 – 26
8
-
U T S
27 - 03
9
-
U T S
M e i
04 - 10
10
8
OL(8)
Kreatif Pesan
11 - 17
11
9
OL(9)
Kreatif Bermedia
18 - 24
12
10
OL(10)
Kreatif Anggaran
25 - 31
13
11
OL(11)
Creative Project 1 (Idea/ Perencanaan)
J u n i
01 – 07
14
12
OL(12)
Creative Project 2 (Research)
08 – 14
15
13
OL(13)
Creative Project 3 (Sketching)
15 - 21
16
14
OL(14)
Creative Project 4 (Production)
Klik untuk melihat pesan/pengumuman dari Dosen Pengampu
Perkuliahan Sesi 10
- Pada pertemuan online 10 ini membahas KREATIF ANGGARAN yang meliputi faktor penetapan anggaran periklanan, peramalan penjualan, metode marginal, prosedur penyusunan anggaran iklan, penganggaran untuk memaksimalkan pangsa pasar, penganggaran share of voice, kualitas pengeluaran biaya periklanan, dan keputusan-keputusan penganggaran.
Presentasi pertemuan ONLINE 10, mebahas mengenai faktor penetapan anggaran periklanan, peramalan penjualan, metode marginal, jenis-jenis biaya tetap, prosedur penyusunan anggaran iklan, konsep marginal, menyederhanakan perkiraan, penganggaran untuk memaksimalkan pangsa pasar, penganggaran share of voice, kualitas pengeluaran biaya periklanan, penerapan analisa marginal, dan keputusan-keputusan penganggaran.
Bagaimana pendapat anda Terkait KREATIF ANGGARAN? (silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, dengan saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama), SELAMAT BERDISKUSI.