PENGANTAR PERKULIAHAN
Assalamu’alaikum warakhmatullaahi wabarakaatuh,
Saya mengucapkan “Selamat datang” kepada para mahasiswa, selamat datang dan selamat belajar dalam pembelajaran OnLine Universitas Esa Unggul.
IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah
: Creative Design
Kode Mata Kuliah
: MCM301
Deskripsi mata kuliah
: Mata kuliah ini membahas iklan yang lebih kreatif sehingga berhasil mencapai tujuan sebagai mana yang diharapkan secara maksimal.
TUJUAN PERKULIAHAN
Setelah selesai pembelajaran diharapkan mahasiswa mampu :
1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian desain sebagai sebuah proses kreatif
2. Mahasiswa dapat menguraikan berfikir kreatif.
3. Mahasiswa dapat memahami organisasi khususnya organisasi dalam kreatif desain.
4. Mahasiswa dapat memahami pekerja kretaif/desainer dalam kreatif desain.
5. Mahasiswa dapat memahami pengertian/definisi perencanaan media.
6. Mahasiswa dapat memahami proses kreatif.
7. Mahasiswa dapat memahami kemampuan visual.
8. Mahasiswa dapat memahami kreatif pesan.
9. Mahasiswa dapat memahami strategi pemilihan media.
10. Mahasiswa dapat memahami faktor penetapan anggaran periklanan.
11. Mahasiswa dapat memahami ide dalam periklanan.
12. Mahasiswa dapat memahami pentingnya riset dalam desain
13. Mahasiswa dapat memahami visual merchandising.
14. Mahasiswa dapat memahami Mendesain Kemasan.
METODE PERKULIAHAN
Proses pembelajaran mata kuliah menggunakan tipe pembelajaran full online, yaitu pembelajaran yang diselenggarakan dalam jaringan (daring) sebanyak 14 sesi. Semua kegiatan tercatat di website Elearning Universitas Esa Unggul
( https://elearning.esaunggul.ac.id ) berupa kegiatan yang berurutan sebagai berikut :
1. Mempelajari materi : Mahasiswa menyimak VIDEO pembelajaran, mempelajari MODUL pembelajaran dan membaca MATERI PENGAYAAN yang tersedia. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari ke 1 atau 2.
2. Melakukan diskusi : Mahasiswa berdiskusi secara langsung atau sinkron (synchronous) dengan dosen dalam bentuk CHATTING dan/atau secara tidak langsung atau asinkron (un-synchronous) dalam FORUM. Kegiatan ini dilakukan pada hari ke 2 atau 3. Perhatikan Jadwal chatting atau forum pada tiap-tiap sesi.
3. Mengikuti evaluasi : Mahasiswa menjawab KUIS dan TUGAS ONLINE yang diberikan pada hari ke 3 atau 4. Lihat tenggat waktu atau due-date masing-masing kuis dan tugas online pada tiap-tiap sesi.
TOPIK PERKULIAHAN
Topik perkuliahan terdiri dari 14 topik dan semuanya menggunakan metode perkuliahan OnLine. Adapun topik-topik perkuliahan terdiri dari :
1. Desain Kreatif ; Sebuah Pengantar
2. Kreatif Dalam Desain
3. Organisasi Dalam Kreatif Desain
4. Desainer
5. Perencanaan Media Iklan
6. Proses Kreatif
7. Bahasa Visual
8. Kreatif Pesan
9. Kreatif Bermedia
10. Kreatif Anggaran
11. Creative Project 1 (Idea/ Perencanaan)
12. Creative Project 2 (Research)
13. Creative Project 3 (Sketching)
14. Creative Project 4 (Production)
BUKU REFERENSI
1. Mads Soeegard, 2002, The Basic of User Experience Design, Interaction Design Foundation.
2. Rama Kertamukti, 2015, Strategi Kreatif dalam Periklanan, Jakarta ; Rajagrafindo Persada.
3. Landa, Robin., 2006, Graphic Design Solution 3rd Edition, (New York : Thomson Delmar Learning).
PENILAIAN
Penilaian kuis dilakukan oleh learning management system (komputer) secara otomatis. Penilaian dan umpan balik tugas online dilakukan oleh dosen sesuai due-date atau paling lambat pada hari ke-7 untuk setiap sesi.
Rata-rata nilai kuis akan menjadi 1 (satu) nilai quizonline, sedangkan rata-rata nilai tugas online akan menjadi 1 (satu) nilai tugasonline.
Nilai akhir dan komponen nilai yg digunakan serta bobot nya ditentukan oleh dosen pengampu, contoh :
1. UTS : 30%
2. UAS : 30%
3. quizonline : 20%
4. tugasonline : 20%
Jakarta, 02 Naret 2020
Dosen Pengampu,
Nama Dosen
Kode Dosen
Nomor HP
Alamat Email
: Ikbal Rachmat
: 5888
: 08561044021
: ikbal.rachmat@esaunggul.ac.id
JADWAL PERKULIAHAN ON-LINE
SEMESTER GENAP 2019/2020
Bulan
Tanggal
Minggu
Sesi
Aktivitas
Topik
Maret
02 - 08
1
1
OL(1)
Desain Kreatif ; Sebuah Pengantar
09 - 15
2
2
OL(2)
Kreatif Dalam Desain
16 - 22
3
3
OL(3)
Organisasi Dalam Kreatif Desain
23 - 29
4
4
OL(4)
Desainer
30 – 05
5
5
OL(5)
Perencanaan Media Iklan
April
06 – 12
6
6
OL(6)
Proses Kreatif
13 – 19
7
7
OL(7)
Bahasa Visual
20 – 26
8
-
U T S
27 - 03
9
-
U T S
M e i
04 - 10
10
8
OL(8)
Kreatif Pesan
11 - 17
11
9
OL(9)
Kreatif Bermedia
18 - 24
12
10
OL(10)
Kreatif Anggaran
25 - 31
13
11
OL(11)
Creative Project 1 (Idea/ Perencanaan)
J u n i
01 – 07
14
12
OL(12)
Creative Project 2 (Research)
08 – 14
15
13
OL(13)
Creative Project 3 (Sketching)
15 - 21
16
14
OL(14)
Creative Project 4 (Production)
Klik untuk melihat pesan/pengumuman dari Dosen Pengampu
Section
Open allClose all
Instructions: Clicking on the section name will show / hide the section.
- 1
Sesi 1 :
2 March - 8 MarchPerkuliahan Sesi 1
Pada pertemuan online 1 ini peserta akan memahami pengertian berfikir dalam desain, berfikir kreatif, desain, dan kreatif desain.
Pada pertemuan online 1 ini peserta akan memahami pengertian berfikir dalam desain, berfikir kreatif, desain, dan kreatif desain dengan baik.
Pelajari beberapa hal menarik terkait Kreatif Desain ; Sebuah Pengantar pada link tersebut di bawah ini.
https://www.academia.edu/3823467/KREATIF_DALAM_DESAIN?auto=download
Bagaimana pendapat anda terkait Kreatif Desain ; Sebuah Pengantar?(silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, untuk saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama, selamat berdiskusi)
- 2
Sesi 2 :
9 March - 15 MarchPerkuliahan Sesi 2
Pada pertemuan ini mahasiswa diharapkan mampu menguraikan makna Desain, definisi kreatif desain, periklanan, pekerja seni, perancangan iklan dan departemen-departemen dalam biro iklan dengan baik dan benar.
Presentasi pertemuan OL 2, meyajikan pembahasan terkait berfikir dalam desain, berfikir kreatif, desain, dan kreatif desain. Selamat mempelajari.
- Bagaimana pendapat anda terkait kreatif dalam desain?(silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, untuk saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama, selamat berdiskusi)
- 3
Sesi 3 :
16 March - 22 MarchPerkuliahan Sesi 3
Pada pertemuan ini mahasiswa diharapkan mampu memahami industri periklanan, departemen-departeman dalam biro iklan, industri kreatif di Indonesia (di awal sejarah), dan desain kreatif dalm industri kreatif di tanah air dengan baik dan benar.
Presentasi pertemuan OL 3, meyajikan pembahasan terkait organisasi dalam industri kreatif. Selamat mempelajari.
- Bagaimana pendapat anda terkait organisasi dalam desain kreatif?(silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, untuk saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama, selamat berdiskusi)
- 4
Sesi 4 :
23 March - 29 MarchPerkuliahan Sesi 4
Presentasi pertemuan OLINE 4, meyajikan pembahasan terkait desainer / pekerja kreatif khusunya pada bidang periklanan. Selamat mempelajari.
Pada pertemuan ini mahasiswa diharapkan mampu memahami desainer, desainer dalam hal ini terkait dengan lingkup marketing communications, khususnya dunia periklanan yang umumnya terdapat dalam departemen kreatif dalam sebuah biro periklanan, mulai dari definisi, lingkup tanggung jawab, etika desainer, langkah-langkah dalam periklanan dengan baik dan benar.
- Bagaimana pendapat anda terkait desainer?(silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, untuk saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama, selamat berdiskusi)
- 5
Sesi 5 :
30 March - 5 AprilPerkuliahan Sesi 5
Presentasi pertemuan OLINE 5, meyajikan pembahasan terkait pengertian/definisi perencanaan media, pembelian (buying) dan pemantauan (monitoring), media riset, tujuan periklanan, penetapan tujuan periklanan, tujuan iklan berdasarkan sasarannya, penentuan target konsumen atau analisa pasar. Selamat mempelajari.
Pada pertemuan ini mahasiswa diharapkan mampu memahami pengertian/definisi perencanaan media, pembelian (buying) dan pemantauan (monitoring), media riset, tujuan periklanan, penetapan tujuan periklanan, tujuan iklan berdasarkan sasarannya, penentuan target konsumen atau analisa pasar baik dan benar.
- Bagaimana pendapat anda terkait perencanaan media iklanr?(silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, untuk saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama, selamat berdiskusi)
- 6
Sesi 6 :
6 April - 12 AprilPerkuliahan Sesi 6
Presentasi pertemuan OLINE 6, proses kreatif, tahap-tahap proses kerja kreatif, proses (konsep) pembuatan iklan, proses (kreatif) pembuatan iklan, gambaran dalam creative brief, kreatifitas dalam proses pembuatan iklan berdasarkan fantasi, imajinasi dan realita, menetapkan respons audiens terhadap iklan, periklanan dan sikap konsumen, dan strategi melakukan periklanan kreatif. Selamat mempelajari.
Pada pertemuan ini mahasiswa diharapkan mampu memahami proses kreatif, tahap-tahap proses kerja kreatif, proses (konsep) pembuatan iklan, proses (kreatif) pembuatan iklan, gambaran dalam creative brief, kreatifitas dalam proses pembuatan iklan berdasarkan fantasi, imajinasi dan realita, menetapkan respons audiens terhadap iklan, periklanan dan sikap konsumen, dan strategi melakukan periklanan kreatif dengan baik dan benar.
- Bagaimana pendapat anda terkait proses kreatif?(silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, untuk saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama, selamat berdiskusi)
- 7
Sesi 7 :
13 April - 19 AprilPerkuliahan Sesi 7
Memahami kemampuan visual, bahasa visual pada gambar, stimulus pesan, sensasi, intensitas, strategi menarik perhatian konsumen dan persepsi konsumen terhadap sajian iklan, pesan verbal dan nonverbal, bahasa dalam periklanan, efek suara dan visual, ad. likebility, strategi penulisan pesan, mengorganisasi tulisan, dan bentuk-bentuk tulisan dalam marketing communication, dengan baik dan benar.
- Pada pertemuan online 7 ini membahas kemampuan visual, bahasa visual pada gambar, stimulus pesan, sensasi, intensitas, strategi menarik perhatian konsumen dan persepsi konsumen terhadap sajian iklan, pesan verbal dan nonverbal, bahasa dalam periklanan, efek suara dan visual, ad. likebility, strategi penulisan pesan, mengorganisasi tulisan, dan bentuk-bentuk tulisan dalam marketing communication.
Bagaimana pendapat anda terkait Bahasa Visual? (silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, dengan saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama), SELAMAT BERDISKUSI.
- 8
Periode U T S :
20 April - 26 April - 9
Periode U T S :
27 April - 3 MayUjian Tengah Semester /UTS - 10
Sesi 8 :
4 May - 10 MayPerkuliahan Sesi 8
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan mengenai kreatif kesan dengan baik dan benar
- Pada pertemuan online 8 ini membahas kreatif pesan, pendekatan penyampaian pesan iklan, tujuan periklanan, dimensi kualitas produk, how to say, how much to say, where to say, dan kreativitas dalam periklanan.
Bagaimana pendapat anda terkait kreatif pesan ? (silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, dengan saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama), SELAMAT BERDISKUSI.
- 11
Sesi 9 :
11 May - 17 MayPerkuliahan Sesi 9
- Pada pertemuan online 9 ini membahas KREATIF BERMEDIA yang meliputi strategi pemilihan media, membeli media secara langsung, media sebagai bagian kampanye periklanan, strategi media, media versus sarana, pemilihan media, faktor strategi media, dan bauran media.
Presentasi pertemuan ONLINE 9, strategi pemilihan media, membeli media secara langsung, media sebagai bagian kampanye periklanan, strategi media, media versus sarana, pemilihan media, faktor strategi media, dan bauran media.
- Bagaimana pendapat anda terkait kreatif bermedia ? (silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, dengan saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama), SELAMAT BERDISKUSI.
- 12
Tidak Ada Perkuliahan :
18 May - 24 MayLIBUR Hari Raya Idul Fitri 1441 H - 13
Tidak Ada Perkuliahan :
25 May - 31 MayLIBUR Hari Raya Idul Fitri 1441 H - 14
Sesi 10 :
1 June - 7 JunePerkuliahan Sesi 10
- Pada pertemuan online 10 ini membahas KREATIF ANGGARAN yang meliputi faktor penetapan anggaran periklanan, peramalan penjualan, metode marginal, prosedur penyusunan anggaran iklan, penganggaran untuk memaksimalkan pangsa pasar, penganggaran share of voice, kualitas pengeluaran biaya periklanan, dan keputusan-keputusan penganggaran.
Presentasi pertemuan ONLINE 10, mebahas mengenai faktor penetapan anggaran periklanan, peramalan penjualan, metode marginal, jenis-jenis biaya tetap, prosedur penyusunan anggaran iklan, konsep marginal, menyederhanakan perkiraan, penganggaran untuk memaksimalkan pangsa pasar, penganggaran share of voice, kualitas pengeluaran biaya periklanan, penerapan analisa marginal, dan keputusan-keputusan penganggaran.
Bagaimana pendapat anda Terkait KREATIF ANGGARAN? (silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, dengan saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama), SELAMAT BERDISKUSI.
- 15
Sesi 11 :
8 June - 14 JunePerkuliahan Sesi 11
- Pada pertemuan online 11 ini membahas ide dalam periklanan, proses kreatif/ pengolahan ide, manajemen ide, menentukan ide kreatif dalam iklan, prinsip dasar iklan, ide kreatif (advertising), the big idea, big idea process, dan pentingnya ide kreatif.
Presentasi pertemuan ONLINE 11 membahas mengenai ide dalam periklanan, proses kreatif/pengolahan ide, manajemen ide, menentukan ide kreatif dalam iklan, prinsip dasar iklan, ide kreatif (advertising), the big idea, big idea process, dan pentingnya ide kreatif.
Bagaimana pendapat anda Terkait CREATIVE PROJECT 1 (IDEA/CONCEPT)? (silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, dengan saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama), SELAMAT BERDISKUSI.
- 16
Sesi 12 :
15 June - 21 JunePerkuliahan Sesi 12
- Pada pertemuan online 12 ini membahas pengertian riset, definisi riset periklanan, bidang riset periklanan, metode riset periklanan, metode riset media, metode riset pesan, sarana dan prasarana riset iklan, langkah sistematis, manfaat riset periklanan, pentingnya riset dalam desain.
Presentasi pertemuan ONLINE 12 membahas mengenai pengertian riset, definisi riset periklanan, mengapa perlu dilakukan riset ?, bidang riset periklanan, metode riset periklanan, metode riset media, metode riset pesan, sarana dan prasarana riset iklan, langkah sistematis, manfaat riset periklanan, dan pentingnya riset dalam desain.
- Bagaimana pendapat anda Terkait CREATIVE PROJECT 2 (RESEARCH)? (silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, dengan saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama), SELAMAT BERDISKUSI.
- 17
Sesi 13 :
22 June - 28 JunePerkuliahan Sesi 13
- Pada pertemuan online 13 ini membahas sketch/sketsa, pengertian sketsa, pengertian sketsa menurut para ahli, gambar sketsa, jenis-jenis sketsa, unsur-unsur sketsa, teknik sketsa, fungsi sketsa, manfaat sketsa, langkah-langkah menggambar sketsa, visual merchandising, tahapan kreatif pembuatan visual merchandising, metode kerja (desain)kemasan.
Presentasi pertemuan ONLINE 13 membahas mengenai sketch/sketsa, pengertian sketsa, pengertian sketsa menurut para ahli, gambar sketsa, jenis-jenis sketsa, unsur-unsur sketsa, teknik sketsa, fungsi sketsa, manfaat sketsa, langkah-langkah menggambar sketsa, visual merchandising, tahapan kreatif pembuatan visual merchandising, metode kerja (desain) kemasan.
- Bagaimana pendapat anda terkait CREATIVE PROJECT 3 (SKETCHING)?, (silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, dengan saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama pada pertemuan Blog Presentation – 1), SELAMAT BERDISKUSI.
- 18
Sesi 14 :
29 June - 5 JulyPerkuliahan Sesi 14
- Mampu memahami Definisi Kemasan, Sejarah Kemasan, Fungsi Kemasan, Faktor-Faktor Desain Kemasan, (Daya Tarik) Desain Kemasan, Pemasaran Melalui Desain Kemasan, Perencanaan Sebuah Kemasan, Eksplorasi Pemilihan Material, Membuat Desain Struktur Kemasan, Mendesain Kemasan, Elemen Kemasan, struktur kemasan, dan proses desain kemasan.
Bagaimana pendapat anda terkait CREATIVE PROJECT 4 (EKSEKUSI/PRODUKSI) ?, (silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, dengan saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama), SELAMAT BERDISKUSI.
- 19
Periode U A S :
6 July - 12 JulyUjian Akhir Semester /UAS - 20
Periode U A S :
13 July - 19 JulyUjian Akhir Semester /UAS