Cermatilah RPS berikut ini sehingga memudahkan manajemen pembelajaran. Selamat belajar!
Section
Open allClose all
Instructions: Clicking on the section name will show / hide the section.
- 1
2 March - 8 March
Perkuliahan Sesi 1 (Tatap Muka)
Modul ini menjelaskan tentang Spiritualitas Profesi
Mari kita persamakan persepsi kita untuk masuk dalam perkuliahan pertama tatap muka mata kuliah Profesi Kependidikan. Kita satukan perhatian kita dalam pengalaman belajar ini !
- 2
9 March - 15 March
Perkuliahan Sesi 2 (OnLine)
Bacalah baik -baik modul sesi 2 ini !
Setelah membaca artikel Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembinaan Profesionalisme Guru Berbasis Pendidikan Nilai Oleh: Prof. Dr. H. Sofyan Sauri, M.Pd, maka diskusikanlah kajian tersebut melalui pertanyaan diskusi sebagai berikut:
Mengapa profesionalisme guru berbasis pendidikan nilai dapat membangun karakter bangsa?
Pada pertemuan ke 2 ini kita akan melakukan evaluasi dan reflektif mengenai panggilankah menjadi guru: mengapa mengjadi guru, ada apa dengan guru, bagaimana menjadi guru?
Selamat bealajr
Setelah melakukan kajian pada jurnal pengayaan Factors and Indicators of Teachers’ Spirituality of Student Teachers at Faculty of Education, Rajabhat University, maka pengalaman pembelajaran dapat dilanjutkan dengan diskusi pada forum, dengan inti diskusi:
Apa faktor dan indiakor utama yang dideskripsikan dari artikel tersebut?
- 3
16 March - 22 March
Perkuliahan Sesi 3 (OnLine)
Pelajari modul sesi 3 ini dengan baik !.
Setelah membaca artikel Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembinaan Profesionalisme Guru Berbasis Pendidikan Nilai Oleh: Prof. Dr. H. Sofyan Sauri, M.Pd, maka diskusikanlah kajian tersebut melalui pertanyaan diskusi sebagai berikut:
Mengapa profesionalisme guru berbasis pendidikan nilai dapat
membangun karakter bangsa?
Mari kita pelajari modul sesi 3 materi 3 mengenai Konsep Dasar Profesi Kependidikan ini dengan baik. Selamat Belajar!
Setelah membaca artikel Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembinaan Profesionalisme Guru Berbasis Pendidikan Nilai Oleh: Prof. Dr. H. Sofyan Sauri, M.Pd, maka diskusikanlah kajian tersebut melalui pertanyaan diskusi sebagai berikut:
Mengapa profesionalisme guru berbasis pendidikan nilai dapat membangun karakter bangsa?
- 4
23 March - 29 March
Perkuliahan Sesi 4 (OnLine)
... Mari kita pelajari modul sesi 4 ini dengan sebaik-baiknya !
Setelah melakukan kajian pada jurnal pengayaan :
Apa itu Kualifikasi dan Setifikasi Guru ?
maka pengalaman pembelajaran dapat dilanjutkan dengan diskusi pada forum, dengan inti diskusi:
Apa faktor dan indikakor utama yang dideskripsikan dari artikel tersebut?
Marilah kita pelajari modul sesi 4 materi 4 ini agar kita semakin memahami pembentukan nilai-nilai profesional dalam profesi keguruan.
Setelah melakukan kajian pada jurnal pengayaan :
Apa itu Kualifikasi dan Setifikasi Guru ?
maka pengalaman pembelajaran dapat dilanjutkan dengan diskusi pada forum, dengan inti diskusi:
Apa faktor dan indikakor utama yang dideskripsikan dari artikel tersebut?
- 5
30 March - 5 April
Perkuliahan Sesi 5 (OnLine)
Mari kita pelajari Modul sesi 5 ini agar pemahaman kita semakin utuh dan mendasar mengenai bagaimana profesional guru dibentuk secara kelembagaan. Selamat bealajr !
Setelah melakukan kajian pada jurnal pengayaan Professional Development and Teacher Change,
maka pengalaman pembelajaran dapat dilanjutkan dengan diskusi pada forum, dengan inti diskusi:
Apa faktor dan indikakor utama yang dideskripsikan dari artikel tersebut?
>>
- 6
6 April - 12 April
Perkuliahan Sesi 6 (OnLine)
.Pelajari modul ini dengans ebaik-baiknya!
Setelah melakukan kajian pada jurnal pengayaan Analisis Keterampilan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) Guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru
maka pengalaman pembelajaran dapat dilanjutkan dengan diskusi pada forum, dengan inti diskusi:
Apa faktor dan indikakor utama yang dideskripsikan dari artikel tersebut?
Modul sesi 6 Penampilan sebagai Keterampilan Pribadi Profesi Pendidik ini menjadi keterampilan teknis yang akan kita pahami dan terapkan dalam peremuan kali ini. Pelajari baik-baik modul ini!
- 7
13 April - 19 April
Perkuliahan Sesi 7 (Tatap Muka)
Pelajari modul ini dengan baik!
Setelah melakukan kajian pada jurnal pengayaan
maka pengalaman pembelajaran dapat dilanjutkan dengan diskusi pada forum, dengan inti diskusi:
Apa faktor dan indikakor utama yang dideskripsikan dari artikel tersebut?
- 8
20 April - 26 April
- 9
27 April - 3 May
Ujian Tengah Semester /UTS - 10
4 May - 10 May
Perkuliahan Sesi 8 (OnLine)
..Pelajari modul sesi 8 ini dengan sebaik-baiknya!
Setelah melakukan kajian pada jurnal pengayaan
The Impacts of Teacher’s Efficacy and Motivation on Student’s Academic Achievement in Science Education among Secondary and High School Students
dengan http:
http://www.ejmste.com/The-Impacts-of-Teacher-s-Efficacy-and-Motivation-on-Student-s-Academic-Achievement,89579,0,2.html
maka pengalaman pembelajaran dapat dilanjutkan dengan diskusi pada forum, dengan inti diskusi:
Apa faktor dan indikator utama yang dideskripsikan dari artikel tersebut?
... Upload MODUL/Materi Perkuliahan pada AKTIFITAS ini..
>>Buat "FORUM Diskusi Perkuliahan" pada AKTIFITAS ini <<
> Disarankan untuk menentukan Jadwal Diskusi ( Tgl. dan Jam ) <
- 11
11 May - 17 May
Perkuliahan Sesi 9 (OnLine)
- Pelajari kodul sesi 9 dengan benar!
Setelah melakukan kajian pada jurnal pengayaan Active Learning: 101
Strategies To Teach Any Subject.
dengan http:
https://eric.ed.gov/?id=ED424243&xid=17259,15700021,15700124,15700186,
15700190,15700201,15700237,15700242,15700248
maka pengalaman pembelajaran dapat dilanjutkan dengan diskusi pada forum, dengan inti diskusi:
Apa faktor dan indikakor utama yang dideskripsikan dari artikel tersebut?
... Upload MODUL/Materi Perkuliahan pada AKTIFITAS ini..
>>Buat "FORUM Diskusi Perkuliahan" pada AKTIFITAS ini <<
> Disarankan untuk menentukan Jadwal Diskusi ( Tgl. dan Jam ) <
- 12
18 May - 24 May
Perkuliahan Sesi 10 (OnLine)
- 13
25 May - 31 May
Perkuliahan Sesi 11 (OnLine)
- 14
1 June - 7 June
LIBUR Hari Raya Idul Fitri 1440 H Pelajari modul sesi 10 dengan baik!
Setelah melakukan kajian pada jurnal pengayaan Komunikasi Instruksional dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa,
Dengan http:
: https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/1221
- 15
8 June - 14 June
LIBUR Hari Raya Idul Fitri 1440 H Pelajari modul sesi 11 dengan baik!
Setelah melakukan kajian pada jurnal pengayaan Pengembangan Model Supervisi Akademik Teknik Mentoring Bagi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas.
Dengan http:
http://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/584
maka pengalaman pembelajaran dapat dilanjutkan dengan diskusi pada forum, dengan inti diskusi:
Apa faktor dan indikakor utama yang dideskripsikan dari artikel tersebut?
- 16
15 June - 21 June
Perkuliahan Sesi 12 (OnLine)
.Pelajari modul ini dengan benar!
- 17
22 June - 28 June
Perkuliahan Sesi 13 (OnLine)
Pelajari modul ini dengan benar!
Setelah melakukan kajian pada jurnal pengayaan Perilaku prososial ditinjau dari empati dan kematangan emosi , oleh : GY Asih, MMS Pratiwi.
Pada : https://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=empati+guru +dan+siswa&btnG=
maka pengalaman pembelajaran dapat dilanjutkan dengan diskusi pada forum, dengan inti diskusi:
Apa faktor dan indikakor utama yang dideskripsikan dari artikel tersebut?
- 18
29 June - 5 July
Perkuliahan Sesi 14 (Tatap Muka)
Pelajari modul ini !
- 19
6 July - 12 July
Ujian Akhir Semester /UAS - 20
13 July - 19 July
Ujian Akhir Semester /UAS