- PENGANTAR PERKULIAHAN
Assalamu’alaikum warakhmatullaahi wabarakaatuh,
Saya mengucapkan “Selamat datang” kepada para mahasiswa, selamat datang dan
selamat belajar dalam pembelajaran online Universitas Esa Unggul.
IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah : Pancasila
Kode Mata Kuliah : ESA104
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini membahas nilai-nilai Pancasila dalam arus
sejarah bangsa, sebagai dasar negara, ideologi negara, sistem
filsafat, sistem etika dan dasar pengembangan ilmu yang
dimanifestasikan dalam sikap (attitude) dan perilaku-tindakan
(psikomotor) sebagai warga negara yang Pancasilais dalam
kehidupan sehari-hari bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara, serta mempunyai kemampuan menghadapi
tantangan revolusi dunia 4.0.
TUJUAN PERKULIAHAN
Setelah selesai pembelajaran diharapkan mahasiswa mampu :
1. Mememahami pengetahuan nilai-nilai Pancasila, dasar hukum, visi-misi, tujuan,
dan tantangan mengamalakan dimanifestasikan dalam sikap-perilaku sebagai
warga negara Pancasilais
2. Mememahami pengetahuan nilai-nilai Pancasila, dasar hukum, visi-misi, tujuan,
dan tantangan mengamalakan dimanifestasikan dalam sikap-perilaku sebagai
warga negara Pancasilais
3. Mememahami pengetahuan periodisasi Pancasila, sumber historis, sosiologis dan
poltik Pancasila sehingga dapat mengamalakan Pancasila yang dimanifestasikan
dalam sikap-perilaku sebagai warga negara Pancasilais
4. Mememahami pengetahuan dinamika dan tantangan Pancasila dalam kajian
Sejarah Bangsa Indonesia, sehingga dapat mengamalakan Pancasila yang
dimanifestasikan dalam sikap-perilaku sebagai warga negara Pancasilais
5. Mememahami pengetahuan konsep, tujuan, dan rrgensi dasar negara, serta
landasan historis, yuridis dan politis Pancasila sebagai dasar negara, agar dapat
diamalkan dalam sikap-perilaku sebagai warga negara Pancasilais
6. Mememahami pengetahuan dinamika dan Tantangan Pancasila serta esensi dan
urgensi Pancasila sebagai dasar negara, agar dapat diamalkan dalam sikap-
perilaku sebagai warga negara Pancasilais
7. Mememahami pengetahuan Pancasila ideologi negara, konsep dan urgensi dan
Pancasila sebagai ideologi negara, agar dapat diamalkan dalam sikap-perilaku
sebagai warga negara Pancasilais
8. Mememahami pengetahuan fungsi ideologi dan mlaksanakan Pancasila sebagai
ideology negara serta sumber historis, sosiologis, dan poltik ideologi Pancasila,
agar dapat diamalkan dalam sikap-perilaku sebagai warga negara Pancasilais
9. Mememahami pengetahuan kajian term filsafat dan sistem, dan nilai sla-sila dalam
Pancasila, sehingga dapat diamalkan dalam sikap-perilaku sebagai warga negara
Pancasilais
10. Mememahami pengetahuan sejarah singkat Pancasila sebagai sistem etika, dan
dinamika dan tantangan Pancasila sebagai sistem etika sehingga dapat diamalkan
dalam sikap-perilaku sebagai warga negara Pancasilais
11. Mememahami pengetahuan pengertian etika : nilai, norma dan moral serta
Aliran-aliran dan etika Pancasila, agar dapat diamalkan dalam sikap-perilaku
sebagai warga negara Pancasilais
12. Mememahami pengetahuan sejarah singkat Pancasila sebagai sistem etika, dan
dinamika dan tantangan Pancasila sebagai sistem etika sehingga dapat diamalkan
dalam sikap-perilaku sebagai warga negara Pancasilais
13. Mememahami pengetahuan eksistensi, paradigma ilmu, prinsip berpikir ilmiah
serta sejarah, dinamika dan tantangan Pancasila dalam pengembangan ilmu, agar
dapat diamalkan dalam sikap-perilaku sebagai warga negara Pancasilais
14. Mememahami dan menguasai materi pendidikan Pancasila dalam persentasi
makalah Ujian Akhir Semester (UAS), sehingga hasil dan nilai-nilai Pancasila
yang terkandung di dalamnya dapat diamalkan dalam sikap-perilaku sebagai
warga negara Pancasilais
METODE PERKULIAHAN
Proses pembelajaran mata kuliah menggunakan tipe pembelajaran full online, yaitu
pembelajaran yang diselenggarakan dalam jaringan (daring) sebanyak 14 sesi. Semua
kegiatan tercatat di website spada (http://spada.esaunggul.ac.id) berupa kegiatan yang
berurutan sebagai berikut :
1. Mempelajari materi : Mahasiswa menyimak VIDEO pembelajaran, mempelajari
MODUL pembelajaran dan membaca MATERI PENGAYAAN yang tersedia.
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari ke 1 atau 2.
2. Melakukan diskusi : Mahasiswa berdiskusi secara langsung atau sinkron
(synchronous) dengan dosen dalam bentuk CHATTING dan/atau secara tidak
langsung atau asinkron (un-synchronous) dalam FORUM. Kegiatan ini dilakukan
pada hari ke 2 atau 3. Lihat tanggal dan jam chatting atau forum pada tiap-tiap sesi.
3. Mengikuti evaluasi : Mahasiswa menjawab KUIS dan TUGAS ONLINE yang
diberikan pada hari ke 3 atau 4. Lihat tenggat waktu atau due-date masing-masing
kuis dan tugas online pada tiap-tiap sesi.
PENILAIAN
Penilaian kuis dilakukan oleh learning management system (komputer) secara otomatis.
Penilaian dan umpan balik tugas online dilakukan oleh dosen sesuai due-date atau
paling lambat pada hari ke-7 untuk setiap sesi.
Rata-rata nilai kuis akan menjadi 1 (satu) nilai tugas-kuis, sedangkan rata-rata nilai
tugas online akan menjadi 1 (satu) nilai tugas-online. Nilai akhir dan komponen nilai
diatur oleh dosen, yaitu :
1. UTS : 30 %
2. UAS : 30%
3. Tugas-kuis : 20%
4. Tugas-online : 20%
Jakarta, 2 Maret 2020
Dosen Pengampu,
NAMA DOSEN : WINDA SUCI LESTARI NST
KODE DOSEN : 7892
NOMOR HP : 085658238548
ALAMAT EMAIL : Winda.suci@esaunggul.ac.id
Klik untuk melihat pesan/pengumuman dari Dosen Pengampu
Perkuliahan Sesi 10
Anda baca modul pembelajarn on line ini dengan sungguh-sungguh, agar mendapat pengetahuan dan wawasan tentang materi pendidikan Pancasila. Materi jawaban soal quiz, forum dan tugas ada pada teks modul. Bacalah!
Mahasiswa : WAJIB AKTIF dalam Forum Diskusi Ini , sebagai syarat untuk dapat mengerjakan QUIZ
Dosen Pengampu : disarankan membuat suatu topik bahasan pd forum ini dan menentukan jadwal diskusi