Perkuliahan Creative Design dilakukan dalam kegiatan online learning dengan 14 pertemuan melalui dunia maya. Kegiatan tatap muka akan dilaksanakan bilamana diperlukan dengan kesepakatan bersama dosen dan mahasiswa sebelumnya yang dapat dilaksanakan pada pertemuan 1, 7 dan 14.
Berikut Rencana Pembelanjaran Semester MK Creative Design.
Section
Open allClose all
Instructions: Clicking on the section name will show / hide the section.
- 1
2 September - 8 September
Perkuliahan Sesi (OnLine)
Pada pertemuan online 1 ini membahas mengenai pengertian berfikir dalam desain, berfikir kreatif, desain, dan kreatif desain.
Mengetahui pengertian berfikir dalam desain, berfikir kreatif, desain, dan kreatif desain.
Pelajari beberapa hal menarik terkait Kreatif Desain ; Sebuah Pengantar pada link di bawah ini.
http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/materi_UNSUR_DESAIN_1.pdf
- Bagaimana pendapat anda terkait Kreatif Desain ; Sebuah Pengantar?(silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, untuk saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama, selamat berdiskusi)
- 2
9 September - 15 September
Perkuliahan Sesi 2 (OnLine)
- Pada pertemuan online 2 ini membahas mengenai cara berfikir dalam desain, berfikir kreatif, pemahaman definisi desain, desain kreatif dan contoh desain kreatif.
- Pelajari beberapa hal menarik terkait kreatif dalam desain pada link tersebut di bawah ini.
Bagaimana pendapat anda terkait Kreatif Dalam Desain?(silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, untuk saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama, selamat berdiskusi)
- 3
16 September - 22 September
Perkuliahan Sesi 3 (OnLine)
- Pada pertemuan online 3 ini membahas Organisasi Dalam Kreatif Desain, seperti organisasi khususnya organisasi dalam kreatif desain, divisi kreatif, divisi kreatif dalam kegiatan promosi, periklanan, departemen dalam biro iklan, tahap dalam pengembangan ide kreatif, industri kreatif dan desain grafis dalam industri kreatif
Pelajari beberapa hal menarik terkait Organisasi Dalam Kreatif Desain pada link tersebut di bawah ini.
http://cdndata.telkomuniversity.ac.id/pjj/15161/ADG3D3/SON/COURSE_MATERIAL/z14412364984b54706d3f9d21d653c03a60cb190384.docxBagaimana pendapat anda terkait Organisasi Dalam Kreatif Desain? (silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, untuk saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama, selamat berdiskusi)
- 4
23 September - 29 September
Perkuliahan Sesi 4 (OnLine)
- Pada pertemuan online 4 ini membahas beberapa hal-hal yang harus diperhatikan dalam merancang iklan, definisi pekerja kreatif/desainer, tugas desainer dan hal-hal yang harus diperhatikan sebagai desainer.
Bagaimana pendapat anda terkait Desainer (silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, untuk saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama, selamat berdiskusi)
- 5
30 September - 6 October
Perkuliahan Sesi 5 (OnLine)
- Pada pertemuan online 5 ini membahas media planning (periklanan), pembelian (buying) dan pemantauan (monitoring), media riset, tujuan periklanan, penetapan tujuan periklanan, tujuan iklan berdasarkan sasarannya, serta penentuan target konsumen atau analisa pasar.
- Bagaimana pendapat anda terkait Perencanaan Media Iklan?(silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, dengan saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama), SELAMAT BERDISKUSI.
- 6
7 October - 13 October
Perkuliahan Sesi 6 (OnLine)
- Pada pertemuan online 6 ini membahas media proses kreatif, tahap-tahap proses kerja kreatif, proses (konsep) pembuatan iklan, proses (kreatif) pembuatan iklan, gambaran dalam creative brief, kreatifitas dalam proses pembuatan iklan berdasarkan fantasi, imajinasi dan realita, menetapkan respons audiens terhadap iklan, periklanan dan sikap konsumen, dan strategi melakukan periklanan kreatif
Bagaimana pendapat anda terkait proses kreatif?(silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, dengan saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama), SELAMAT BERDISKUSI.
- 7
14 October - 20 October
Perkuliahan Sesi 7 (OnLine)
Memahami kemampuan visual, bahasa visual pada gambar, stimulus pesan, sensasi, intensitas, strategi menarik perhatian konsumen dan persepsi konsumen terhadap sajian iklan, pesan verbal dan nonverbal, bahasa dalam periklanan, efek suara dan visual, ad. likebility, strategi penulisan pesan, mengorganisasi tulisan, dan bentuk-bentuk tulisan dalam marketing communication, dengan baik dan benar.
- Pada pertemuan online 7 ini membahas kemampuan visual, bahasa visual pada gambar, stimulus pesan, sensasi, intensitas, strategi menarik perhatian konsumen dan persepsi konsumen terhadap sajian iklan, pesan verbal dan nonverbal, bahasa dalam periklanan, efek suara dan visual, ad. likebility, strategi penulisan pesan, mengorganisasi tulisan, dan bentuk-bentuk tulisan dalam marketing communication.
Bagaimana pendapat anda terkait Bahasa Visual? (silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, dengan saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama), SELAMAT BERDISKUSI.
- 8
21 October - 27 October
- 9
28 October - 3 November
Ujian Tengah Semester /UTS - 10
4 November - 10 November
Perkuliahan Sesi 8 (OnLine)
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan mengenai kreatif kesan dengan baik dan benar
- Pada pertemuan online 8 ini membahas kreatif pesan, pendekatan penyampaian pesan iklan, tujuan periklanan, dimensi kualitas produk, how to say, how much to say, where to say, dan kreativitas dalam periklanan.
Bagaimana pendapat anda terkait kreatif pesan ? (silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, dengan saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama), SELAMAT BERDISKUSI.
- 11
11 November - 17 November
Perkuliahan Sesi 9 (OnLine)
- Pada pertemuan online 9 ini membahas KREATIF BERMEDIA yang meliputi strategi pemilihan media, membeli media secara langsung, media sebagai bagian kampanye periklanan, strategi media, media versus sarana, pemilihan media, faktor strategi media, dan bauran media.
- Bagaimana pendapat anda terkait kreatif bermedia ? (silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, dengan saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama), SELAMAT BERDISKUSI.
- 12
18 November - 24 November
Perkuliahan Sesi 10 (OnLine)
- Pada pertemuan online 10 ini membahas KREATIF ANGGARAN yang meliputi faktor penetapan anggaran periklanan, peramalan penjualan, metode marginal, prosedur penyusunan anggaran iklan, penganggaran untuk memaksimalkan pangsa pasar, penganggaran share of voice, kualitas pengeluaran biaya periklanan, dan keputusan-keputusan penganggaran.
Bagaimana pendapat anda Terkait KREATIF ANGGARAN? (silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, dengan saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama), SELAMAT BERDISKUSI.
- 13
25 November - 1 December
Perkuliahan Sesi 11 (OnLine)
- Pada pertemuan online 11 ini membahas ide dalam periklanan, proses kreatif/ pengolahan ide, manajemen ide, menentukan ide kreatif dalam iklan, prinsip dasar iklan, ide kreatif (advertising), the big idea, big idea process, dan pentingnya ide kreatif.
Bagaimana pendapat anda Terkait CREATIVE PROJECT 1 (IDEA/CONCEPT)? (silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, dengan saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama), SELAMAT BERDISKUSI.
- 14
2 December - 8 December
Perkuliahan Sesi 12 (OnLine)
- Pada pertemuan online 12 ini membahas pengertian riset, definisi riset periklanan, bidang riset periklanan, metode riset periklanan, metode riset media, metode riset pesan, sarana dan prasarana riset iklan, langkah sistematis, manfaat riset periklanan, pentingnya riset dalam desain.
- Bagaimana pendapat anda Terkait CREATIVE PROJECT 2 (RESEARCH)? (silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, dengan saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama), SELAMAT BERDISKUSI.
- 15
9 December - 15 December
Perkuliahan Sesi 13 (OnLine)
- Pada pertemuan online 13 ini membahas sketch/sketsa, pengertian sketsa, pengertian sketsa menurut para ahli, gambar sketsa, jenis-jenis sketsa, unsur-unsur sketsa, teknik sketsa, fungsi sketsa, manfaat sketsa, langkah-langkah menggambar sketsa, visual merchandising, tahapan kreatif pembuatan visual merchandising, metode kerja (desain)kemasan.
- Bagaimana pendapat anda terkait CREATIVE PROJECT 3 (SKETCHING)?, (silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, dengan saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama pada pertemuan Blog Presentation – 1), SELAMAT BERDISKUSI.
- 16
16 December - 22 December
Perkuliahan Sesi 14 (Tatap Muka)
- Mampu memahami Definisi Kemasan, Sejarah Kemasan, Fungsi Kemasan, Faktor-Faktor Desain Kemasan, (Daya Tarik) Desain Kemasan, Pemasaran Melalui Desain Kemasan, Perencanaan Sebuah Kemasan, Eksplorasi Pemilihan Material, Membuat Desain Struktur Kemasan, Mendesain Kemasan, Elemen Kemasan, struktur kemasan, dan proses desain kemasan.
Bagaimana pendapat anda terkait CREATIVE PROJECT 4 (EKSEKUSI/PRODUKSI) ?, (silahkan utarakan sesuai pendapat masing-masing, dengan saling memberi informasi dan pengetahuan serta pemahaman bersama), SELAMAT BERDISKUSI.
- 17
23 December - 29 December
LIBUR Hari Raya Natal dan Tahun Baru - 18
30 December - 5 January
LIBUR Hari Raya Natal dan Tahun Baru - 19
6 January - 12 January
Ujian Akhir Semester /UAS - 20
13 January - 19 January
Ujian Akhir Semester /UAS