Section
Open allClose all
Instructions: Clicking on the section name will show / hide the section.
- 1
2 September - 8 September
Perkuliahan Sesi 1 (OnLine)
- The Fall of Advertising an the Rise of PR, Al Ries & Laura (Nurudin, 2008) mengatakan, saat ini era periklanan sudahmati, yang muncul kemudian adalah era PR. Jelaskan pendapat Anda?
- 2
9 September - 15 September
Perkuliahan Sesi 2 (OnLine)
- Modul ini menjelaskan bahwa PR itu tidak melulu soal citra, tetapi bagaimana membentuk citra itu menjadi positif, dan saluran (media) apa yang dipakai oleh petugas public relations officer (PRO).
- Menurut Scott Cultip & Allan Center mendefinisikan PR sebagai upaya terencana guna memengaruhi opini publik melalui karakter yang baik dan kinerja yang bertanggung jawab, yang didasarkan pada komunikasi dua arah yang memuaskan kedua belah pihak”. Lalu, apa definisi PR menurut Anda?
- 3
16 September - 22 September
Perkuliahan Sesi 3 (OnLine)
- Media massa memiliki kemampuan publikasi serta pengaruh kuat kepada audiens/pembaca. Bagaimana pendapat Anda.
- 4
23 September - 29 September
Perkuliahan Sesi 4 (OnLine)
Menurut kalian apa sih tjuan media relations itu?
Catalan: Diskusi harus saling sahut menyahut antara satu peserta dengan peserta lain.
- 5
30 September - 6 October
Perkuliahan Sesi 5 (OnLine)
- Modul ini kita membahas bentuk-bentuk kegiatan media relations. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, tapi kita bahas kegiatan yang umum dilakukan, yakni: 1. Konfererensi Pers (Press Confrence) (2. Menjadi Narasumber, 3. FAQ (Frequently Asked Questions), 4. Menyusun Siaran Pers (Press Release), 5. Media Gathering, 6. Media Tour (Press Tour), 7. Kunjungan Redaksi (Media Visit), 8. Seminar dan Program Latihan, 9. Penulisan Advertorial, 10. Pelatihan-pelatihan, dan 11. Surat Pembaca.
Karena banyaknya materi kegiatan media relations, pembahasannya kita bagi dalam dua kali pertemuan (modul dan video serta perangkatnya), namun dalam modul ini hanya dibahas tentang: 1. Konfererensi Pers (Press Confrence), 2. Menjadi Narasumber , dan 3. FAQ (Frequently Asked Questions). Sisanya dibahas di ses berikutnya. Menurut Anda, Media Relations atau membina hubungan dengan media bukanlah tujuan utama, tetapi untuk menaikkan reputasi perusahaan. Bisa anda jelaskan!
- 6
7 October - 13 October
Perkuliahan Sesi 6 (OnLine)
Modul pertemuan sebelumnya sudah dibahas bentuk-bentuk kegiatan media relations namun terbatas pada tiga kegiatan saja, yakni tentang Konfererensi Pers (Press Confrence), Menjadi Narasumber dan FAQ (Frequently Asked Questions). Sedangkan delapan kegiatan lainnya, yakni Media Gathering, Media Tour (Press Tour), Kunjungan Redaksi (Media Visit), Seminar dan Program Latihan, Penulisan Advertorial, Pelatihan-pelatihan, serta Surat Pembaca, dibahas dalam modul ini.
Terimakasih.
- Menurut Anda, apa kegunaan kunjungan redaksi (visit media) yang dilakukan oleh Publik Relations?
Catatan: Diskusi harus saling sahut menyahut. Terimakasih
- 7
14 October - 20 October
Perkuliahan Sesi 7 (OnLine)
- Modul ini menjelaskan tentang problema hubungan media relations dan media, sorta menghadapi wartawan tanta media.
- PR tidak melulu soal citra, tetapi bagaimana membentuk citra itu menjadi positif. Menurut Anda, saluran (media) apa yang dipakai oleh petugas public relations officer (PRO) dalam upaya membentuk image positif tersebut. Jelaskan.
Catalan: Diskusi saling sahut menyahut saja, terimakasih.
- 10
4 November - 10 November
Perkuliahan Sesi 8 (OnLine)
Kebijakan redaksi merupakan dasar atau semacam pegangan dalam menentukan sikap terhadap suatu peristiwa. Sikap media biasanya tercermin dari isi tajuk rencana atau editorial media.
Kebijakan redaksi tidak sama antara satu media dengan media lain. Namun, secara umum media massa menganut atau memiliki nilai-nilai yang sama, yakni sama-sama mencari, mengumpulkan, mengolah dan menyajikan informasi yang memiliki nilai berita tinggi (news value) bagi audiensnya.
Kita berada di tengah banjir informasi. Kita harus memilah dan memilih informasi yang paling tepat yang kita butuhkan. Namun, bagaimana kita mengetahui kebenaran informasi tersebut? Menurut Anda bagaimana?
- 11
11 November - 17 November
Perkuliahan Sesi 9 (OnLine)
Media massa menurut para ahli dapat disimpulkan sebagai saluran komunikasi yang melibatkan transmisi informasi yang ditujukan kepada sejumlah besar orang. Media massa selalu merujuk kepada media mainstream, seperti surat kabar, radio, televisi. Disebut media massa manakala menggunakan teknologi dan dapat menjangkau khalayak secara luas.
Terrdapat 3 (tiga) dimensi kunci yang membuat media menjadi media massa, yaitu tujuan, ketersediaan, dan akses. Media massa tidak hanya ditujukan kepada khalayak massa namun mengirimkan pesan kepada semua khalayak. Untuk memahamai media komunikasi massa lebih baik, kita harus menganalisis dua komponen dasar, yakni massa dan media komunikasi, serra karakteristiknya seperti diungkapkan McQuail yang tertuang dalam modul berikat.
John Durham Peters (2008) menerangkan, media massa dan informasi yang dikirimkannya, walaupun dalam bentuk multimedia, harus dapat diakses secara luas.
Jelaskan apa yang dimaksud Durham bisa diakses secara luas?
- 12
18 November - 24 November
Perkuliahan Sesi 10 (OnLine)
- Modul ini menggambarkan masalah humas dengan media massa
- Liputan yang dilakukan media massa itu bukan sekadar untuk memenuhi kuota mengisi konten media massa. Tetapi juga media membutuhkan berita-berita atau informasi yang diinginkan atau dibutuhkan khyalayak media. Mengapa harus memenuhi keinginan khalayak?
- 13
25 November - 1 December
Perkuliahan Sesi 11 (OnLine)
Humas dan pers (media) merupakan mitra saling menguntungkan. Humas membutuhkan publisitas, media membutuhkan berita. Jadi, keduanya saling membutuhkan. Namun dalam perjalanan, baik humas maupun media, tentulah timbul hal-hal yang mungkin merugikan, tetapi hal itu wajar karena nobody perfect. Untuk lebih dalam tentang bahasan ini, modul berikut kiranya dapat membantu. Terimakasih.
Media massa dipercaya memiliki kekuatan dahsyat mempengaruhi khalayak (the power of media). Media diibaratkan sebuah jarum suntik yang membawa pesan untuk mempengaruhi khalayak. Pesan yang disampaikan media itu diibaratkan sebagai "obat bius" sehingga khalayak akan mengikuti atau terpapar pengaruh dari pesan tersebut.
Apakah demikian? Sebutkan pendapat Anda.
- 14
2 December - 8 December
Perkuliahan Sesi 12 (OnLine)
- Perencanaan Media Relations tidak cukup tanya ide, tetapi juga perencanaan yang terukur dan dapat dikerjakan.
Kesalahpahaman dengan media (wartawa) sebenarnya tidak perlu terjadi. Karena itu, sebelum bertemu media, seluruh informasi yang akan disampaikan sudah dipersiapkan dengan baik.
Apa pendapat Anda dengan pernyataan di atas?
- 15
9 December - 15 December
Perkuliahan Sesi 13 (OnLine)
- Guna memahami prinsip dan etika jurnalistik, sebaiknya baca modul kuliah berikut ini yang menjelaskan tentang prinsip atau elemen dasar jurnalisme, serta etika jurnalistik.
- Mengapa media massa disebut sebagai perpanjangan alat indra manusia?
- 16
16 December - 22 December
Perkuliahan Sesi 14 (OnLine)
- Evaluasi perkuliahan ini merupakan modul yang disari dan dipilih dari modul yang sudah kita pelajari di sesi-sesi terdahulu.
- Mengapa media publik relations dalam hal ini media relations selalu melibatkan media massa dalam menjangkau audiens mereka.
- 17
23 December - 29 December
- 18
30 December - 5 January
- 19
6 January - 12 January
- 20
13 January - 19 January