Setiap sistem manajemen memiliki keinginan tinggi terhadap kualitas. Dalam pembahasan kualitas di perusahaan selalu berbicara bagaimana membuat terobosan untuk meningkatkan kualitas layanan melalui perbaikan-perbaikan.
Berikut adalah beberapan alasan penting manajemen kualitas dalam perusahaan
1. Meningkatkan reputasi perusahaan
2. Kesempatan mewujudkan cost reduction
3. Menjadi kunci untuk mendapat loyalitas pelangganMateri pembelajaran
Topik 01 OL
Pengantar dan Definisi Mutu
Topik 02 OL
Total Quality Management (TQM)
Topik 03 OL
Quality Function Deployment (QFD)
Topik 04 OL
Topik 05 OL
Topik 06 OL
Topik 07 OL
Topik 08 UTS
UJIAN TENGAH SEMESTER
Topik 09 OL
Topik 10 OL
Topik 11 OL
Continous Process Improvement (CPI) dan Gugus Kendali Mutu (GKM)
Topik 12 OL
Topik 13 OL
Topik 14 OL
Topik 15 TM
Studi Kasus Manajemen Kualitas
Topik 16 UAS
UJIAN AKHIR SEMESTER
Referensi
1. Ashok Rao and Lawrence P. Carr, Total Quality Management: A Cross-functional Perspective, John Wiley & Sons, 1996
2. Bernardine Wirjana, Mencapai Manajemen Berkualitas, Andi, 2007
3. Nursya'bani Purnama, Manajemen Kualitas: Perspektif Global, Fakultas Ekonomi UII, 2006
4. T. Yuri M Zagloel dan Rahmat Nurcahyo, Total Quality Management, 2012Penilaian
Kehadiran
Tugas dan Kuis
Praktikum
UTS
UAS= 5%
= 25 %
= 20%
= 20 %
= 30 %
PROFIL DOSENMata kuliah
Kode mata kuliah
Seksi
Kode dosen
Nama dosen
Nomor HP
Email DosenMANAJEMEN KUALITAS
EBM 503
KH10
7228
IR. NIXON ERZED MT
08161496461
nixon@esaunggul.ac.id
Penghargaan terhadap kualitas adalah suatu kompetis/persaingan, bukan merupakan tingkat pemenuhan persyaratan sepert ISO. Atau dengan kata lain penghargaan kualitas adalah mengumpulkan bukti dan memberikan nilai dari model yang telah ditentukan.
Dalam sesi perkuliahan ini akan dipaparkan model-model untuk penghargaan dari manajemen kualitas.