Setiap sistem manajemen memiliki keinginan tinggi terhadap kualitas. Dalam pembahasan kualitas di perusahaan selalu berbicara bagaimana membuat terobosan untuk meningkatkan kualitas layanan melalui perbaikan-perbaikan.
Berikut adalah beberapan alasan penting manajemen kualitas dalam perusahaan
1. Meningkatkan reputasi perusahaan
2. Kesempatan mewujudkan cost reduction
3. Menjadi kunci untuk mendapat loyalitas pelangganMateri pembelajaran
Topik 01 OL
Pengantar dan Definisi Mutu
Topik 02 OL
Total Quality Management (TQM)
Topik 03 OL
Quality Function Deployment (QFD)
Topik 04 OL
Topik 05 OL
Topik 06 OL
Topik 07 OL
Topik 08 UTS
UJIAN TENGAH SEMESTER
Topik 09 OL
Topik 10 OL
Topik 11 OL
Continous Process Improvement (CPI) dan Gugus Kendali Mutu (GKM)
Topik 12 OL
Topik 13 OL
Topik 14 OL
Topik 15 TM
Studi Kasus Manajemen Kualitas
Topik 16 UAS
UJIAN AKHIR SEMESTER
Referensi
1. Ashok Rao and Lawrence P. Carr, Total Quality Management: A Cross-functional Perspective, John Wiley & Sons, 1996
2. Bernardine Wirjana, Mencapai Manajemen Berkualitas, Andi, 2007
3. Nursya'bani Purnama, Manajemen Kualitas: Perspektif Global, Fakultas Ekonomi UII, 2006
4. T. Yuri M Zagloel dan Rahmat Nurcahyo, Total Quality Management, 2012Penilaian
Kehadiran
Tugas dan Kuis
Praktikum
UTS
UAS= 5%
= 25 %
= 20%
= 20 %
= 30 %
PROFIL DOSENMata kuliah
Kode mata kuliah
Seksi
Kode dosen
Nama dosen
Nomor HP
Email DosenMANAJEMEN KUALITAS
EBM 503
KH10
7228
IR. NIXON ERZED MT
08161496461
nixon@esaunggul.ac.id
Ketika anda sedang mengerjakan suatu proses atau langkah aksi dimana baik input, proses maupun outputnya sudah terukur dan anda mendapatkan nilainya. Hasilnya sudah sesuai jika dibandingkan antara rencana dan aktual. Namun anda belum puas, dan menginginkan adanya informasi bila proses ini dilakukan orang, bagian, unit, departemen atau organisasi lain, apakah hasilnya sama, lebih baik atau bahkan lebih buruk. Untuk mengetahui informasi tersebut anda dapat melakukan proses yang dinamakan benchmarking.
Apa itu benchmarking? apa kegunaannya? dan manfaatnya?
Pada sesi akan dibahaskan masalah tersebut, dengan lingkup materi sebagai berikut :Materi:
1. Pengertian Benchmarking
2. Tujuan Benchmarking
3. Konsep Benchmarking
4. Jenis dan Teknik Benchmarking
5. Proses, Persayaratan dan Kendala
6. Implementasi Benchmarking
7. Indikator Keberhasilan