Assalamu’alaikum warakhmatullaahi wabarakaatuh,
Saya mengucapkan “Selamat Datang” kepada para mahasiswa, selamat datang dalam pembelajaran online mata kuliah Faktor Manusia dalam K3
IDENTITAS DOSEN
Nama Dosen : Yusuf Zalaya
Kode Dosen : 7490
Nomor HP : 081298741440
Alamat Email : yusuf.zalaya@esaunggul.ac.id
IDENTITAS MATA KULIAH
Nama mata kuliah : Faktor Manusia dalam K3
Kode mata kuliah : KMK 352
Program studi : Kesehatan Masyarakat
Fakultas : Ilmu Kesehatan
DESKRIPSI MATA KULIAH
Dalam bidang keselamatan dan kesehatan kerja banyak upaya telah dilakukan untuk meningkatkan keselamatan di tempat kerja. Upaya-upaya ini difokuskan pada legislasi, kegagalan teknis, kampanye kesadaran keselamatan, pelatihan keselamatan, dan tindakan tidak aman. Secara keseluruhan, upaya ini tidak selalu berhasil dalam menurunkan tingkat kecelakaan. Secara tradisional, pendekatan legislatif tidak banyak memberi pengaruh hanya karena sumber daya yang diperlukan untuk mengawasi situasi tidak selalu ada.
Studi tentang semua faktor yang membuat manusia lebih mudah melakukan pekerjaannya dengan cara yang benar.
Faktor manusia memerlukan usaha multidisiplin untuk menghasilkan informasi tentang kemampuan dan keterbatasan manusia. Informasi ini diterapkan pada peralatan, sistem, fasilitas, prosedur, dan pelatihan kerja, untuk meningkatkan kinerja manusia secara terus- menerus dan efektif.
TUJUAN PERKULIAHAN
Setelah selesai pembelajaran diharapkan mahasiswa mampu :
1. Mahasiswa mampumenguraikan definisi,fungsi, tujuan, konsep perilaku sehat dan selamat
Mahasiswa mampu menguraikan konsep dasar human factor
Mahasiswa mampu menguraikan konsep human error – konsep penyebab dan pengendalian
Mahasiswa mampu menguraikan konsep human error – teknik pengukuran
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan human factor theory – Health belief model
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan human factor theory – Swiss cheese model
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan human factor theory The Human Factors Analysis and Classification System
Mahasiswa mampu menguraikan konsep Attitudes, values, and risk behaviors
Mahasiswa mampu menguraikan konsep safety climate & safety culture
Mahasiswa mampu menguraikan konsep pengawasan K3 identifikasi risiko
Mahasiswa mampu menguraikan konsep error analysis
Mahasiswa mampu menguraikan konsep incidents and accidents analysis
Mahasiswa mampu menguraikan konsep Design for error tolerance
Mahasiswa mampu melakukan review (studi kasus)
METODE PERKULIAHAN
Pembelajaran mata kuliah Hygeine Industri menggunakan pembelajaran campuran kuliah tatap muka dan kuliah online (hybrid learning). Semua kegiatan tatap muka tercatat dalam web Siakad (http://siakad.esaunggul.ac.id), sedangkan kegiatan kuliah online tercatat di web elearning (http://elearning.esaunggul.ac.id). Kegiatan di luar dua web tersebut tidak diakui oleh Universitas.
Pada sesi kuliah tatap muka, mahasiswa akan mendapatkan penjelasan, diskusi dan penugasan sesuai topik perkuliahan. Pada sesi kuliah online, setiap sesi belangsung selama 7 hari dengan kegiatan-kegiatan secara berurutan sebagai berikut :
Mempelajari materi : Mahasiswa menyimak VIDEO pembelajaran, mempelajari MODUL pembelajaran dan membaca MATERI PENGAYAAN yang tersedia. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari ke 1 atau 2.
Melakukan diskusi : Mahasiswa berdiskusi langsung (synchronous) dengan dosen dalam bentuk CHATTING dan/atau tidak langsung (un-synchronous) dalam FORUM. Kegiatan ini dilakukan pada hari ke 2 atau 3. Lihat tanggal dan jam chatting atau forum pada tiap-tiap sesi.
Mengikuti evaluasi : Mahasiswa menjawab KUIS dan TUGAS ONLINE yang diberikan pada hari ke 3 atau 4. Lihat tenggat waktu atau due-date masing-masing kuis dan tugas online pada tiap-tiap sesi.
Jika ada kekurangan atau permasalahan lainnya, dilakukan penyelesaian pada hari ke 5, 6 atau 7.
TOPIK PEKULIAHAN
Topik perkuliahan terdiri dari 14 topik, pada sesi 1, 7 dan 14 mode pembelajaran menggunakan kuliah tatap muka, dan pada sesi 2-6 dan sesi 8-13 menggunakan kuliah online. Adapun topik-topik perkuliahan terdiri dari :
Pengantar :Kontrak pembelajaran dan Konsep perilaku hidup sehat dan selamat
Pengertian human error, Ruang lingkup, Bahaya dan risiko yang berkaitan dengan manusia
Identifikasi bahaya, Analisis penyebab, Rencana pengendalian
Pengertian teknik pengukuran, Jenis-jenis teknik pengukuran human error, Instrument dan metode pengukuran
Konsep HBM theory, Lingkup pengamatan HBM theory
Konsep swiss cheese model, Lingkup pengamatan swiss cheese model
Konsep human factor theory The Human Factors Analysis and Classification System (HFACS), Lingkup pengamatan HFACS
Pengertian dan peran attitudes di tempat kerja,
Konsep dasar safety climate, fokus pengamatan pada safety climate, konsep dasar safety culture, upaya pembentuka n safety culture di tempat kerja.
Pengertian pengawasan K3, tujuan ruang lingkup objek pembinaan
Pengertian error analysis, Manfaat error analysis, Metode error analysis
Pengertian dan konsep dasar incidents and accidents analysis
Pengertian dan konsep dasar Design for error tolerance
Faktor-faktor yang berkaitan dengan human error di tempat kerja
BUKU REFERENSI
1. Chris W. Johnson, Philippe Palanqu. Human Error Safety And Systems Development. 2004. Kluwer Academic Publishers, New York
2. David Shinar. Traffic safety and Human Behavior. 2007.Elsevier
3. Samuel G. Charlton, Thomas
G. O’Brien. Handbook od Human Factors Testing and Evaluation
4. George A. Peters, Barbara J. Peters. Human Error Causes
PENILAIAN
Penilaian kuis dilakukan oleh learning management system (komputer) secara otomatis. Penilaian dan umpan balik tugas online dilakukan oleh dosen sesuai due-date atau paling lambat pada hari ke-7 untuk sesiap sesi.
Rata-rata nilai kuis akan menjadi 1(satu) buah nilai tugas-kuis, sedangkan rata-rata nilai tugas online akan menjadi 1 (satu) nilai tugas-online.Nilai akhir dan komponen nilai diatur oleh dosen, misalnya :
Kehadiran : 0%
UTS : 30 %
UAS : 30%
Tugas-kuis : 20%
Tugas-online : 20%
JADWAL PERKULIAHAN SEMESTER GENAP 2018/2019
Bulan Tanggal Minggu Sesi Aktivitas Topik
Maret 04 - 10 1 1 TM(1)
11 - 17 2 2 OL(1)
18 - 24 3 3 OL(2)
25 - 31 4 4 OL(3)
April 01 - 07 5 5 OL(4)
08 - 14 6 6 OL(5)
15 - 21 7 7 TM(2)
22 - 28 8 UTS
29 - 05 9 UTS
M e i 06 - 12 10 8 OL(6)
13 - 19 11 9 OL(7)
20 - 26 12 10 OL(8)
27 - 02 13 11 OL(9)
J u n i 03 - 09 14 LIBUR
10 - 16 15 LIBUR
17 - 23 16 12 OL(10)
24 - 30 17 13 OL(11)
J u l i 01 - 07 18 14 TM(3)
08 - 13 19 UAS
15 - 21 20 UAS